Comscore Tracker

Info Wisata Air Terjun Dolo: Lokasi, Aktivitas, dan Tipsnya 

Kesegaran airnya bikin enggan pulang! #LokalIDN

Kediri banyak menyimpan pesona alam yang berupa air terjun. Salah satunya adalah Air Terjun Dolo yang terletak di Kecamatan Mojo, Kediri. Tempat ini masih sangat alami karena berada di tengah hutan, tepatnya di kaki gunung. Dengan demikian, wisawatan dapat menghirup udara yang masih segar dan terasa sejuk.

Selain itu, terdapat fasilitas yang telah disiapkan untuk memberikan kemudahan bagi wisatawan. Bila kamu ingin menjadikan Air Terjun Dolo untuk liburan akhir pekan, berikut informasi lengkapnya.

1. Lokasi, jam operasional, dan tiket masuk

Info Wisata Air Terjun Dolo: Lokasi, Aktivitas, dan Tipsnya Air Terjun Dolo (instagram.com/rifqimuzakkihusni)

Lokasi: Dusun Besuki, Desa Jugo, Mojo, Kediri, Jawa Timur

Jam operasional: 07.00 - 17.30 WIB

Tiket masuk: Rp7.000

2. Mitos dan pantangan di Air Terjun Dolo

Info Wisata Air Terjun Dolo: Lokasi, Aktivitas, dan Tipsnya Air Terjun Dolo (instagram.com/winadyareika)

Terdapat mitos di destinasi wisata alam ini yang merujuk kepada sebuah benda yang tergantung pada sebuah pohon yang berada di dekat dengan air terjun. Benda ini terkadang bisa terlihat dan terkadang juga tidak.

Selain itu, ada pantangan yang tak boleh dilakukan oleh wisatawan ketika berwisata di tempat ini. Pantangan ini seperti dilarang bersiul, tidak diperbolehkan bertepuk tangan, dan sebaiknya bersikap sewajaranya, serta tak berlebihan.

Baca Juga: 20 Tempat Wisata Kediri yang Menakjubkan dan Instagramable

3. Aktivitas seru yang bisa dilakukan

Info Wisata Air Terjun Dolo: Lokasi, Aktivitas, dan Tipsnya Air Terjun Dolo (instagram.com/slatem_cb_ceria)

Untuk menuju ke lokasi wisata, wisatawan terlebih dahulu melakukan trekking dengan menuruni ribuan anak tangga. Jarak antara anak tangga pertama sampai menuju ke air terjun, sekitar satu kilometer.

Setelah sampai, mereka dapat beristirahat sejenak sambil menikmati keindahan yang disuguhkan. Bila membawa bekal, bersantap sambil memandang air terjun tentu menjadi kegiatan yang menyenangkan.

Sesudah puas menikmati pesona air terjun, mereka dapat naik kembali melalui anak tangga untuk menuju ke kebun buah stroberi yang keberadaanya tak jauh dari objek wisata. Mereka dapat memetik buah stroberi dan menikmatinya langsung di kebun atau membawa pulang sebagai oleh–oleh.

4. Fasilitas pendukung 

Info Wisata Air Terjun Dolo: Lokasi, Aktivitas, dan Tipsnya Air Terjun Dolo (instagram.com/indraiswanto84)

Pengelola tempat wisata ini sudah menyediakan fasilitas yang sangat mendukung wisatawan. Fasilitas ini seperti kamar mandi, musala, hingga warung makan.

Selain itu, lokasinya dilengkapi dengan jogging track untuk arena olahraga dan play ground anak. Bagi wisatawan yang ingin menginap, telah tersedia banyak penginapan.

5. Tips berwisata

Info Wisata Air Terjun Dolo: Lokasi, Aktivitas, dan Tipsnya Air Terjun Dolo (instagram.com/riyanys_)

Pihak pengelola telah menyediakan waktu yang lama bagi wisatawan untuk menikmati destinasi wisata ini. Mereka bisa datang pada pagi hari hingga sore hari. Walaupun siang, tak menjadi masalah untuk menghabiskan waktu di sini. Hal tersebut karena udaranya yang sejuk dan rindangnya area wisata.

Selain itu karena pengunjung diharuskan untuk melakukan trekking terlebih dahulu sebelum menuju ke lokasi air terjun, maka mereka sebaiknya menyiapkan fisik yang fit dan bila memungkinkan melakukan latihan sebelum keberangkatan. Bagi yang suka dengan buah stroberi, maka bisa mampir ke kebun stroberi untuk merasakan kenikmatannya hingga puas. 

Dengan ulasan tentang Air Terjun Dolo di atas, apakah kamu tertarik untuk berwisata ke sana? Jika berencana pergi ke sana, jangan lupa membaca panduan lengkapnya di atas, ya!

Baca Juga: 5 Kuliner Pagi di Kediri Serba Enak, Ada Soto hingga Pecel Tumpang

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya