Comscore Tracker

Info Wisata OHD Museum Magelang: Lokasi, Aktivitas, dan Tipsnya 

Belajar sambil menikmati karya seni unik dan menarik

OHD Museum merupakan sebuah museum pribadi milik kolektor seni yang bernama Dr. Oei Hong Djien. Beliau mulai mengoleksi karya seni sejak tahun 1970-an dan hingga saat ini telah tersimpan lebih dari 2.000 karya Dr. Oei yang dipamerkan di museum ini.

Koleksinya antara lain lukisan, patung, instalasi, hingga seni media baru. Selain itu, tempat ini juga menjadi sarana edukasi supaya anak muda lebih menghargai karya seni. Bagi yang ingin berwisata sambil belajar tentang seni, berikut informasi tentang OHD Museum selengkapnya.

1. Lokasi, jam operasional, dan tiket masuk

Info Wisata OHD Museum Magelang: Lokasi, Aktivitas, dan Tipsnya OHD Museum (instagram.com/ohdmuseum_magelang)

Lokasi: Jl. Jenggolo No.14, Kemirirejo, Kec. Magelang Tengah, Kota Magelang, Jawa Tengah 56122, Magelang Tengah, Magelang, Jawa Tengah, Indonesia, 56122.

Jam operasional: 10.00 WIB - 16.00 WIB.

Tiket masuk: Rp25.000 -100.000

2. Mengenal sosok di balik terbentuknya OHD Museum

Info Wisata OHD Museum Magelang: Lokasi, Aktivitas, dan Tipsnya OHD Museum (instagram.com/ohdmuseum_magelang)

Seperti telah dijelaskan sebelumnya, jika OHD Museum adalah museum pribadi yang meniadi kepunyaan dari Dr. Oei Hong Djien. Beliau lahir pada tahun 1939 di Magelang dan lulus sebagai dokter pada tahun 1964. Kemudian beliau melanjutkan pendidikannya di Belanda antara tahun 1966-1968.

Setelah menyelesaikan masa pendidikannya, beliau mulai mengumpulkan karya seni yang unik, yang mana terdiri dari seni modern hingga kontemporer. Selain itu, beluay juga seringkali meminjamkan koleksinya untuk pameran baik di dalam maupun luar negeri.

Kecintaannya pada dunia seni membuatnya ditunjuk sebagai penasihat National Art Gallery of Singapore untuk seni rupa Indonesia. Saat ini, beliau disibukkan dengan OHD Museum yang telah resmi dibuka sejak 5 April 2012.

Baca Juga: 5 Spot Makan Sop Senerek Paling Populer di Magelang, Wajib Coba!

3. Aktivitas menarik yang bisa dilakukan

Info Wisata OHD Museum Magelang: Lokasi, Aktivitas, dan Tipsnya OHD Museum (instagram.com/ohdmuseum_magelang)

OHD Museum bisa menjadi tempat dari sumber pembelajaran. Pengunjung yang berkeinginan untuk belajar tentang karya seni, maka bisa langsung berkunjung ke sini. Khususnya para pelajar yang ingin mempelajari lebih jauh tentang karya seni.

Selain pelajar, wisatawan lain dapat menikmati dan menyaksikan karya seni. Mereka dapat pula memperoleh fasilitas yang berupa pendampingan dari pihak museum.

Di samping itu, OHD Museum sering menjadi lokasi untuk acara pameran seni. Tempat ini sempat menjadi pameran seni rupa dari Gunawan Mohamad. Museum ini juga pernah menggelar pameran dengan tema "Mata Air Bangsa". Karena banyaknya pameran seni, membuat wisatawan dapat menikmati suasana berbeda di setiap pameran. 

4. Fasilitas pendukung di OHD Museum

Info Wisata OHD Museum Magelang: Lokasi, Aktivitas, dan Tipsnya OHD Museum (instagram.com/ohdmuseum_magelang)

OHD Museum telah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang memadai dan lengkap. Misalnya saja area parkir yang cukup luas dan toilet umum.

Selain itu, terdapat berbagai spot foto menarik yang dapat dinikmati oleh wisatawan. Ruang pamerannya pun luas dan dilengkapi dengan kursi duduk.

5. Tips berkunjung ke OHD Museum

Info Wisata OHD Museum Magelang: Lokasi, Aktivitas, dan Tipsnya OHD Museum (instagram.com/ohdmuseum_magelang)

Bila berencana berkunjung ke OHD Museum, maka perlu untuk menerapkan tips-tips berikut ini. Pertama, sebaiknya tidak membawa anak kecil karena ditakutkan mereka tak sengaja merusak karya seni yang terdapat di museum.

Jika berniat foto maka harus lebih berhati-hati, karena ditakutkan juga tidak sengaja menjatuhkan atau merusak koleksi karya seni. Bagi wisatawan yang ingin mempelajari lebih dalam tentang karya seni, maka sebaiknya memanfaatkan fasilitas yang berupa seorang pendamping dari museum yang akan menjelaskan tentang berbagai karya seni.

OHD Museum menjadi salah satu museum yang menarik untuk dikunjungi. Bila berkunjung ke Magelang, luangkan waktu untuk berwisata ke sini, ya!

Baca Juga: Selain Borobudur, 5 Tempat Wisata di Magelang Ini Wajib Masuk List 

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya