Comscore Tracker

Info Wisata Situ Patenggang Bandung: Lokasi, Sejarah dan Mitos  

Apakah kamu pernah healing ke sini? #LokalIDN

Situ Patenggang merupakan wisata alam berupa sebuah danau yang terletak di kawasan Ciwidey, Bandung. Tempat ini dinamakan pula sebagai Situ Patengan karena sesuai dengan nama tempatnya yang berada di bawah kaki Gunung Patuha. Situ sendiri dalam bahasa Sunda memiliki arti danau.

Pemandangannya pun tak diragukan lagi karena bisa sukses bikin pengunjung berdecak kagum. Lokasinya dipagari dengan 48 hektar perkebunan teh yang tentu menambah keindahannya.

Bikin mata segar, berikut informasi lengkap Situ Patenggang yang bisa dijadikan tujuan rekreasi selanjutnya.

1. Lokasi, jam operasional, dan tiket masuk

Info Wisata Situ Patenggang Bandung: Lokasi, Sejarah dan Mitos  Situ Patenggang (instagram.com/neng_ny)

Lokasi: Patengan, Rancabali, Bandung, Jawa Barat

Jam operasional: 09.00 - 17.00 WIB

Tiket masuk: Rp25.000-100.000

2. Rute menuju ke Situ Patenggang

Info Wisata Situ Patenggang Bandung: Lokasi, Sejarah dan Mitos  Situ Patenggang (instagram.com/neng_ny)

Situ Patenggang berlokasi di Kecamatan Rancabali, Bandung Selatan atau kurang lebih 40 km dari Kota Bandung. Dari Kota Bandung, wisatawan dapat mengambil jalur menuju arah selatan yang dapat ditempuh sekitar satu jam.

Mereka dapat menempuh rute ke arah Kopo, kemudian ke Soreang yang menuju arah Ciwidey. Destinasi wisata ini berada tak jauh dari wisata lainnya di kawasan wisata Ciwidey.

Baca Juga: 9 Potret Situ Patenggang, Danau Mengagumkan di Bandung

3. Aktivitas yang dapat dilakukan

Info Wisata Situ Patenggang Bandung: Lokasi, Sejarah dan Mitos  Situ Patenggang (instagram.com/sitirahmaa2807)

Situ Patenggang terkenal dengan panorama alamnya yang sangat eksotis. Lokasinya dikelilingi oleh hamparan kebun teh yang berjajar rapi dengan pucuk hijaunya yang menyuguhkan pemandangan yang sukses bikin terpana.

Ketika pagi hari, suasananya masih belum ramai dan udara yang dihirup masih segar. Wisatawan dapat menikmati kondisi tersebut sambil duduk santai di tepian danau. Mereka juga dapat mendengar suara kicauan burung yang menambah kemeriahan.

Pengunjung dapat pula menelusuri keindahannya dengan cara mengelilingi danau dengan menggunakan perahu. Mereka dapat menyewa jasa perahu yang siap mengantarkannya pada satu putaran. Hingga saat ini, perahu menjadi fasilitas wisata yang banyak difavoritkan. Selain perahu, pengunjung dapat berkeliling dengan memakai sepeda air. Pengunjung dapat pula menyewa jasa penyewaan yang berada tak jauh dari penyewa perahu.

4. Sejarah dan mitos

Info Wisata Situ Patenggang Bandung: Lokasi, Sejarah dan Mitos  Situ Patenggang (instagram.com/alqisnrachman)

Selain keindahan danau yang memukau, ternyata terdapat legenda rakyat yang tersimpan di baliknya. Nama lokasinya berasal dari kisah Ki Santang dan Dewi Rengganis yang harus terpisah. Lalu mereka berusaha saling mencar  sampai kemudian pada suatu hari dipertemukan di tempat ini.

Patenggang disebut bermula dari kata pateangan-teangan yang mempunyai arti saling mencari. Setelah pertemuan tersebut, Rengganis memohon kepada Ki Santang untuk membuatkannya sebuah danau dengan pulau kecil di tengahnya. Daratan kecil itu saat ini diberi nama Pulau Sasuka atau lebih dikenal dengan nama Pulau Asmara.

5. Fasilitas penunjang

Info Wisata Situ Patenggang Bandung: Lokasi, Sejarah dan Mitos  Situ Patenggang (instagram.com/georginacitra)

Pihak pengelola telah berupaya untuk melakukan pengembangan demi pengembangan di tempat wisata ini. Salah satunya dengan menjaga kebersihan danau sehingga seluruh area bebas dari polusi udara dan sampah serta jauh dari limbah kimia.

Terdapat pula tempat penginapan, sarana ibadah, warung makan, toko oleh-oleh, dan lahan parkir. Selain itu, destinasi wisata ini dilengkapi dengan gazebo dan alat transportasi air seperti kapal dan sepeda air.

Situ Patenggang bisa menjadi lokasi yang ideal bagi mereka yang sedang mencari tempat yang menenangkan. Pengunjung dapat mengusir penat dengan cara melakukan berbagai macam aktivitas yang seru.

Baca Juga: 10 Wisata Alam di Bandung 2022, Bucket List Liburan saat Ambil Cuti

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya