Comscore Tracker

5 Masjid Paling Megah dan Elegan di Rusia, Bikin Kagum!

Siap-siap dibikin terpesona

Rusia merupakan salah satu negara yang terkenal akan keindahannya. Meskipun mayoritas penduduk di negara ini bukanlah Muslim, namun Rusia mempunyai beberapa masjid yang dibangun dengan megah dan mempunyai desain yang menakjubkan. 

Masjid-masjid ini juga tak hanya berada di Moskow yang merupakan ibu kota negara, namun juga tersebar di kota-kota di luar Moskow. Berikut lima masjid megah dan elegan di Rusia. Bikin kagum!

1. Masjid Katedral Moskow

5 Masjid Paling Megah dan Elegan di Rusia, Bikin Kagum!Masjid Katedral Moskow (Instagram.com/elinafemida)

Masjid Katedral Moskow merupakan salah satu masjid yang sangat populer di negara ini. Masjid ini terlihat begitu megah dari luar dan dari dalam juga tak kalah mengesankan.

Masjid yang dibuka pada tahun 2015 ini mengalami perbaikan selama 10 tahun. Masjid ini juga merupakan masjid tertinggi di Eropa yang mampu menampung 10.000 orang. Masjid ini jug mempunyai enam lantai yang terdiri dari beberapa aula, perpustakaan, museum, dan ruang pameran.

2. Lala Tulpan

5 Masjid Paling Megah dan Elegan di Rusia, Bikin Kagum!Lala Tulpan (Instagram.com/yourvirtualworldtour)

Lala Tulpan berlokasi di Ufa. Masjid ini didesain dengan begitu unik dan berbeda dengan masjid-masjid pada umumnya. Masjid yang didominasi dengan warna putih dan merah ini dibangun pada tahun 1989.

Masjid Lala Tulpan mempunyai arti 'tulip yang sedang mekar'. Untuk pembangunan masjid membutuhkan waktu hampir sembilan tahun. Saat ini masjid terkenal dengan desain modernis yang tidak konvensional dan menjadi pusat Muslim utama Bashkortostan.

Baca Juga: Potret Masjid Cheng Ho, Jejak Laksamana Penyebar Islam dari Tiongkok  

3. Heart of Chechnya

5 Masjid Paling Megah dan Elegan di Rusia, Bikin Kagum!Heart of Chechnya (Instagram.com/calligraphy.beyond.pen.n.paper)

Heart of Chechnya merupakan masjid yang berlokasi di Grozny. Masjid ini merupakan masjid klasik dengan eksterior ubin travertine yang cantik dan interior marmer putih.

Masjid ini mempunyai fitur yang terdiri dari empat minater setinggi 63 meter dan kubah raksasa setinggi 32 meter. Selain itu, masjid ini mampu menampung lebih dari 10.000 orang.

4. Masjid Saint Petersburg

5 Masjid Paling Megah dan Elegan di Rusia, Bikin Kagum!Masjid Saint Petersburg (Instagram.com/affandisyach)

Masjid Saint Petersburg merupakan salah satu masjid paling terkenal di negara ini. Masjid ini bahkan menjadi salah satu tempat paling fotogenik di Saint Petersburg. Kemegahan masjid dari luar terlihat begitu jelas dan bagian dalam masjid juga memiliki desain yang sungguh menakjubkan.

Masjid yang dibangun pada tahun 1913 di Pulau Petrogradsky ini merupakan masjid terbesar di Eropa pada saat itu. Masjid sepanjang 45 meter ini mampu menampung hampir 5.000 jamaah.

5. Masjid Bulgar

5 Masjid Paling Megah dan Elegan di Rusia, Bikin Kagum!Masjid Bulgar (Instagram.com/masjidgraphy)

Masjid Bulgar di Kazan merupakan masjid yang didominasi dengan warna putih. Masjid yang diresmikan pada tahun 2012 ini dikenal oleh penduduk setempat sebagai "Kazan Taj Mahal".

Masjid ini memiliki arcade berbingkai yang menawan, yang terdiri dari 88 kolom. Masjid ini juga menampung Alquran terbesar di dunia yang beratnya mencapai 800 kilogram dan membutuhkan 16 orang untuk mengangkatnya.

 

Rusia mempunyai banyak masjid yang indah dan sekaligus elegan. Masjid-masjid di sini juga terawat dengan sangat baik. Jadi ingin berkunjung dan mencoba beribadah di sana juga, nih!

Baca Juga: Sering Diserang Israel, 6 Fakta Seputar Masjid Al-Aqsa di Palestina

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Albin Sayyid Agnar

Berita Terkini Lainnya