Comscore Tracker

5 Rekomendasi Tempat Belanja Oleh-oleh Terbaik di Ankara-Turki

Harganya murah, hati-hati kalap belanja ya!

Ankara yang merupakan ibu kota Turki tentu menjadi salah satu kota yang menarik banyak wisatawan dunia. Ketika berkunjung, tentu sebagian dari mereka menyempatkan untuk membeli oleh-oleh.

Jika masih bingung di mana pusat oleh-oleh di Ankara, berikut ini adalah daftar tempat belanja oleh-oleh yang tak hanya menyediakan sovenir khas, namun juga kerajian lokal para seniman dan desainer Turki yang tentu unik dan menarik.

1. Geleneksel El Sanatları

5 Rekomendasi Tempat Belanja Oleh-oleh Terbaik di Ankara-TurkiGeleneksel El Sanatları (instagram.com/fulya_batum)

Geleneksel El Sanatları atau GES merupakan sebuah tempat yang menawarkan barang-barang buatan tangan tradisional dari pengrajin dan wanita yang tersebar di seluruh Turki. Pembangunan tempat ini diperuntukkan untuk menjangkau seniman dan desainer Turki di seluruh negeri.

Tempat yang didirikan pada tahun 2005 ini bertujuan untuk meneliti, mengembangkan, dan mendukung produksi serta promosi kerajinan tangan tradisional.

Wisatawan dapat membeli beragam keramik znik dengan desain yang menakjubkan, serta terdapat pilihan beragam dari karpet warna-warni yang indah, tekstil, perhiasan dengan aneka desain dan ukuran, benda kaca dekoratif yang cantik dan semuanya buatan tangan.

2. Çıkrıkçılar Yokuşu dan Saman Pazarı

5 Rekomendasi Tempat Belanja Oleh-oleh Terbaik di Ankara-TurkiÇıkrıkçılar Yokuşu dan Saman Pazarı (instagram.com/ozgurcinarantiques)

Çıkrıkçılar Yokuşu & Saman Pazarı merupakan bazar terbuka paling terkenal di kota Ankara. Tempat ini menjual banyak pilihan oleh-oleh dan kerajinan lokal mulai dari barang tembaga tradisional Turki, barang antik, tekstil, karpet, hingga perhiasan.

Pengunjung bisa menjelajahi dua jalan utama yang bernama Koyunpazar dan Can Sokak yang terdiri dari banyak deretan toko terbaik. Toko-toko yang berada di bazar ini terletak di dalam rumah-rumah tua khas Ottoman yang menarik untuk ditelusuri.

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata Terbaik di Ankara yang Wajib Kamu Kunjungi 

3. Bakırcılar Çarşısı

5 Rekomendasi Tempat Belanja Oleh-oleh Terbaik di Ankara-TurkiBakırcılar Çarşısı (instagram.com/toprak_temani)

Bakırcılar Çarşısı adalah bazar tembaga yang berada di ujung Krıkçılar Yokuşu yang terletak di Salman Sokak. Bazar yang terkenal di kota ini dipenuhi dengan barang-barang tembaga buatan tangan tradisional, mulai dari teko kopi Turki, panci dan wajan bergagang panjang, nampan bundar buatan tangan, dan kendi air gaya Ottoman.

Wisatawan bisa menyaksikan langsung pengrajin toko yang sedang mengerjakan barang dagangan mereka. Mereka juga dapat berjalan menanjak sekitar sepuluh menit dan menemukan banyak toko di sekitar Kastil Ankara yang juga menawarkan banyak suvenir khas Ankara, seperti gantungan kunci, gelas, baju, hingga magnet kulkas.

4. Paşabahçe

5 Rekomendasi Tempat Belanja Oleh-oleh Terbaik di Ankara-TurkiPaşabahçe (instagram.com/lavazem_khanegi_pardis)

Paşabahçe sukses menjadi salah satu merek teratas Turki yang fokus pada segala sesuatu berbahan dasar kaca. Barang-barangnya yang terkenal adalah keramik dengan motif İznik atau benda emas dan kaca bunga bergaya Beykoz yang dilukis dengan tangan. Barang-barang ini telah menarik banyak wisatawan untuk berkunjung ke sini.

Terdapat pula ornamen yang terinspirasi Ottoman yang tentu memukau. Wisatawan yang sedang mencari sesuatu yang lebih sederhana dan praktis, maka bisa membeli gelas kopi dan teh khas Turki dengan bentuk yang unik. Gelas ini juga mempunyai aksesori tambahan yang membuatnya makin menarik. 

5. Vakko

5 Rekomendasi Tempat Belanja Oleh-oleh Terbaik di Ankara-TurkiVakko (instagram.com/caddeibagdat)

Wisatawan yang ingin membeli hadiah atau suvenir yang lebih berkelas dan mewah, maka Vakko yang merupakan merek fashion mewah terkemuka di Turki bisa menjadi daftar pilihan utama. Tempat ini surga bagi mereka yang suka mengoleksi pakaian, sepatu, dan tas wanita dan pria.

Selain itu, pengunjung juga akan tergoda dengan barang-barang rumah tangga, mulai dari tempat tidur, handuk, tekstil dapur, bantal, dan benda-benda dekoratif yang dihiasi dengan motif modern dan tradisional.

Yang tak kalah menarik, Vakko mempunyai merek cokelat sendiri yang tentu bisa menjadi oleh-oleh makanan yang nikmat. Ketika berkunjung, jangan lupa membeli syalnya yang terbuat dari 100% sutra. Syal ini menjadi salah satu barang yang paling terkenal di Vakko yang berhiaskan motif tradisional Turki dan etnik.

Tempat-tempat di atas merupakan surga bagi mereka yang menyukai aneka barang yang unik, indah, dan juga menarik. Barang-barang tersebut, selain bisa dikoleksi juga bisa menjadi oleh-oleh untuk orang terkasih. Selamat berbelanja!

Baca Juga: 5 Ragam Puding yang Bisa Dinikmati saat Berlibur ke Istanbul-Turki

Ratna Herlina Photo Verified Writer Ratna Herlina

At least God's Plan is always much better than mine. IG: @ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya