Comscore Tracker

5 Fakta Pantai Pakkodian, Pantai Unik di Tepi Danau Toba

Pantai Pakkodian dijuluki sebagai pantai air tawar lho

Sumatera Utara menjadi salah satu primadona wisata di Indonesia. Beragam keindahan alam bisa kamu temui di sini, salahnya satunya adalah Danau Toba. Tak hanya menyajikan megahnya danau, kamu juga bisa menikmati pesona lain dari Danau Toba yakni Pantai Pakkodian.

Pantai ini menjadi salah satu pantai yang cukup unik karena berada di tepian Danau Toba. Kamu penasaran dengan keindahan Pantai Pakkodian? Simak ulasan tentang Pantai Pakkodian berikut yuk!

1. Pantai dengan air tawar

5 Fakta Pantai Pakkodian, Pantai Unik di Tepi Danau TobaPantai Pakkodian (instagram.com/venvenoy_)

Dengan luas sekitar 1.130 kilometer, Danau Toba memiliki keindahan yang tak terhitung pesonanya. Salah satunya adalah Pantai Pakkodian. Bisa dibilang, pantai ini merupakan sebuah pantai yang unik karena berair tawar.

Pantai Pakkodian berada persis di pinggir Danau Toba sehingga wisatawan dapat menikmati teduhnya danau dan pemandangan yang asri. Asyik banget, deh!

2. Garis pantai berbentuk melengkung

5 Fakta Pantai Pakkodian, Pantai Unik di Tepi Danau TobaPantai Pakkodian (instagram.com/_ajimomoto_)

Pantai Pakkodian memiliki garis pantai yang berbentuk melengkung sehingga terlihat eksotis. Lengkungan ini akan terlihat sangat indah bila diamati dari kejauhan. 

Bila ingin menikmati keindahan Pantai Pakkodian dari ketinggian, wisatawan bisa mendaki ke Bukit Singgolom. Dari sini, lekukan pantai seperti setengah lingkaran akan terlihat jelas.

Baca Juga: 5 Fakta Seputar Danau Toba, Danau Purba Raksasa di Sumatera Utara

3. Tersembunyi di balik pepohonan

5 Fakta Pantai Pakkodian, Pantai Unik di Tepi Danau TobaPantai Pakkodian (instagram.com/gedeleo)

Meskipun memiliki panorama menawan, Pantai Pakkodian masih jarang terjamah wisatawan. Hal ini lantaran lokasi tempat ini cukup jauh dari pusat Kota Medan. Untuk menjangkau pantai yang berada di Desa Lintong Nihuta, Kecamatan Tampahan Kabupaten Toba ini wisatawan harus menempuh jarak 244 kilometer dari Kota Medan.

Kamu bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat dengan waktu perjalanan selama 6 hingga 7 jam. Cukup menantang, bukan?

4. Destinasi wisata murah meriah

5 Fakta Pantai Pakkodian, Pantai Unik di Tepi Danau TobaPantai Pakkodian (instagram.com/litaoktavian_)

Untuk berwisata ke Pantai Pakkodian, tidak perlu merogoh kocek dalam. Lantaran masih tersembunyi, belum diberlakukan tiket masuk untuk mengunjungi pantai ini. 

Wisatawan hanya perlu membayar biaya parkir sebesar Rp5.000 bagi kendaraan motor dan Rp10.000 untuk kendaraan mobil. Gak bikin kantong jebol, deh!

5. Tempat sempurna untuk berkemah

5 Fakta Pantai Pakkodian, Pantai Unik di Tepi Danau TobaPantai Pakkodian (instagram.com/jumadin_tarigan)

Pantai Pakkodian berlokasi jauh dari perkotaan sehingga nuansa sekitar pantai terasa sangat tenang dan alami. Pantai ini dikeliling pepohonan hijau sehingga tak heran udaranya terasa begitu segar. Hal ini membuat Pantai Pakkodian menjadi tempat sempurna untuk berkemah. Bagi wisatawan yang ingin bermalam, akan dikenakan biaya sebesar Rp20.000.

Kamu juga bisa menyaksikan pesona matahari terbenam yang indah di Danau Toba, lho! 

Dengan beragam keindahan dan pesona yang ditawarkan, berlibur ke Pantai Pakkodian bakal terasa menyenangkan. Namun sebelum berangkat, sebaiknya siapkan rencana liburan yang matang ya mengingat jarak yang ditempuh cukup jauh.

Baca Juga: 9 Potret Umbul Mabar di Sumatera Utara, Kolam Alam Sejernih Kaca

Rena Murtiviana Photo Verified Writer Rena Murtiviana

suka senja, musik dan drakor

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya