Comscore Tracker

10 Wisata Cirebon yang Seru dan Kekinian, Pas buat Pelesiran!

Gak bakal kehabisan spot foto kece

Hadirnya tol Cipali membuat Cirebon, Jawa Barat, terus berkembang dalam sektor ekonomi dan pembangunan. Hal tersebut membuat banyak pelancong berbondong-bondong memillih Cirebon sebagai tujuan wisata. 

Ketika kamu berada di Kota Udang ini, kamu bisa melihat sejumlah wisata kekinian nan kece. Berikut IDN Times kasih rekomendasi 10 tempat wisata di Cirebon terbaru yang seru dan asyik, pas banget untuk kamu pelesiran ke sini. Intip yuk!

1. Telaga Niren

10 Wisata Cirebon yang Seru dan Kekinian, Pas buat Pelesiran!magazine.job-like.com

Telaga Nilem atau Telaga Biru Cicerem ini merupakan salah satu tempat wisata yang sedang hype di Instagram. Airnya begitu jernih, suasananya sejuk, dan dikelilingi pepohonan rindang. Salah satu daya tariknya adalah puluhan ikan mas yang bisa diajak foto.

Lokasinya berada di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan. Kamu cukup membayar tiket Rp5.000 untuk masuk ke sana.

2. Situ Sedong

10 Wisata Cirebon yang Seru dan Kekinian, Pas buat Pelesiran!instagram.com/deejase

Tempat ini merupakan waduk peninggalan zaman kolonial Belanda yang dibangun pada 1918. Gak kalah sejuk, tempat ini menawarkan pemandangan alam Gunung Ciremai. Kamu bisa berkeliling waduk dengan menggunakan sepeda bebek air.

Lokasi Situ Sedong berada di Desa Sedong Lor, Kecamatan Sedong. Tidak ada biaya masuk untuk bisa menikmati keindahan Situ Sedong. Mantap, kan?

3. Cirebon Waterland Taman Ade Irma Suryani

10 Wisata Cirebon yang Seru dan Kekinian, Pas buat Pelesiran!pegipegi.com

Setelah sempat terabaikan, Taman Ade Irma Suryani (TAIS) berubah menjadi taman air bernama Cirebon Waterland. Tempat ini buka sejak pukul 07.00 hingga 21.00 dengan harga tiket sekitar Rp50-65 ribu. 

Tak sekadar kolam renang, kamu juga akan menemukan banyak spot kece, seperti pondok ikonik dan restoran bergaya kapal laut. Cirebon Waterland berlokasi di Jalan Yos Sudarso Nomor 1, Desa Lemahwungkuk.

4. Banyu Panas Palimanan

10 Wisata Cirebon yang Seru dan Kekinian, Pas buat Pelesiran!ophiziadah.com

Masih seputar wisata air, kini kita beranjak ke Jalan Raya Cirebon, Desa Palimanan Barat. Di sana terdapat sebuah sumber air panas yang dipercaya dapat mengatasi rasa letih. Tempatnya pun begitu indah dan menyejukkan.

Jika ingin berwisata ke sini, kamu hanya perlu membayar tiket masuk sebesar Rp7.000. Banyu Panas Palimanan buka dari pukul 06.00 hingga 18.00.

5. Taman Sari Goa Sunyaragi

10 Wisata Cirebon yang Seru dan Kekinian, Pas buat Pelesiran!ksmtour.com

Tempat wisata di Cirebon yang selanjutnya adalah situs cagar alam seluas 15 hektare di kawasan Sunyaragi, Kesambi. Dulunya kompleks candi ini digunakan untuk tempat beristirahat dan bermeditasi para sultan Cirebon. Makanya gak heran kalau banyak terowongan penguhubung bawah tanah dan saluran air.

Selain tempat wisata, pada waktu tertentu, tempat ini digunakan sebagai lokasi pergelaran kebudayaan. Masuk ke Taman Sari Goa Sunyaragi hanya dipatok biaya sekitar Rp10 ribu. Ada juga layanan tour guide  seharga Rp40-50 ribu.

Baca Juga: 10 Makanan Khas Cirebon yang Terkenal Kenikmatannya, Awas Nagih

6. Bukit Gronggong

10 Wisata Cirebon yang Seru dan Kekinian, Pas buat Pelesiran!instagram.com/apitaresort

Nikmati keindahan pemandangan Cirebon dari atas bukit Gronggong. Bukit yang berlokasi di Patapan, Beber, ini akan memberikan nuansa romantis, terutama saat senja.

Gak perlu khawatir kelaparan, karena tersedia warung kaki lima hingga restoran di sini. Harga tiket masuknya hanya sekitar Rp2.000 saja lho.

7. Hutan Kera Plangon

10 Wisata Cirebon yang Seru dan Kekinian, Pas buat Pelesiran!wisatacirebon.org

Kawasan hutan seluas 48 hektare ini merupakan salah satu objek wisata purbakala. Selain dipenuhi monyet atau kera, kamu bisa mengunjungi makam Pangeran Panjunan dan Pangeran Kejaksan.

Itulah alasan utama kenapa tempat ini selalu ramai dikunjungi para peziarah setiap 2 Syawal. Hutan Plangon berlokasi di Desa Babakan, Kecamatan Sumber, sekitar 45 menit dari pusat kota. Biaya masuk ke sini sekitar Rp3.000 per orang.

8. Desa Wisata Cikalahang

10 Wisata Cirebon yang Seru dan Kekinian, Pas buat Pelesiran!jmijustice.com

Berjarak dua kilometer dari pusat kota, Desa Wisata Cikalahang terkenal sebagai tempat makan ikan bakar yang nikmat. Kamu bisa bersantap ria ditemani pemandangan alam yang mengagumkan. 

Asyiknya lagi, kamu bisa menangkap ikannya sendiri sebelum diolah, lho. Terdapat pula kolam renang, perahu wisata, pondokan, dan sebagainya.

9. Telaga Remis

10 Wisata Cirebon yang Seru dan Kekinian, Pas buat Pelesiran!Instagram.com/ezytravel

Tempat ini pasti tak asing lagi bagimu, kan? Berlokasi di Desa Kaduela, Kuningan, Telaga Remis menawarkan keindahan alam yang sejuk, indah, dan asri. Gak heran kalau tempat ini begitu ramai dan populer didatangi fotografer. Harga tiket cuma Rp10 ribuan.

10. Pantai Kejawanan

10 Wisata Cirebon yang Seru dan Kekinian, Pas buat Pelesiran!twitter.com/rahardi_b

Terakhir ada Pantai Kejawanan yang mempunyai latar belakang Gunung Ciremai. Lokasinya tidak terlalu jauh dari Cirebon Waterland, biaya masuknya sekitar Rp5.000. 

Kamu tak akan kehabisan spot foto yang kece dan Instagramable. Terdapat pula beberapa hiburan asyik seperti menyewa perahu nelayan untuk berkeliling pantai.

Nah, itulah 10 tempat wisata di Cirebon terbaru yang menarik untuk kamu kunjungi. Mana saja yang sudah kamu datangi?

Baca Juga: 11 Oleh-oleh Khas Cirebon yang Dijamin Ingin Borong Semuanya

Topic:

  • Reza Iqbal
  • Dewi Suci R.
  • Wendy Novianto
  • Jumawan Syahrudin
  • Hidayat Taufik

Berita Terkini Lainnya