Comscore Tracker

Info Harga dan Rute Gunung Merapi, Perhatikan Sebelum Mendaki!

Banyak jalur yang bisa kamu tempuh, bisa juga naik jeep

Indonesia memiliki banyak gunung berapi yang masih aktif. Beberapa di antaranya bahkan meletus sepanjang tahun ini. Meski demikian, hal tersebut tak menurunkan minat wisatawan untuk bisa mencapai puncaknya.

Seperti halnya Gunung Merapi yang memiliki keindahan matahari terbit dari ketinggian 2.930 meter di atas permukaan laut (mdpl). Berdasarkan informasi dari Instagram Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG), terjadi letusan di Gunung Merapi pada 17 November 2019 pukul 10.46 WIB.

Terdapat letusan abu setinggi 1.000 meter dari puncak gunung dan beberapa kali terjadi gempa. Hal ini membuat status Merapi menjadi Waspada Level 2. Masyarakat dilarang beraktivitas dalam radius tiga kilometer dari puncak gunung.

"Masyarakat diimbau untuk tetap tenang dan beraktivitas seperti biasa di luar radius tiga km," tulis BPPTKG di Instagram, Minggu (17/11).

Buat kamu yang pengin sekadar mencoba mendaki Gunung Merapi, masih bisa tapi dalam batas yang ditentukan. Lebih baik berkoordinasi dahulu dengan Pos Pengamatan Gunung Merapi terdekat. Bisa juga berkomunikasi melalui saluran radio pada frekuensi 165.075 MHz atau telepon dahulu di nomor (0274) 514192.⁣

Berikut ini informasi lengkap mengenai harga dan rute untuk mendaki Gunung Merapi.

1. Tips mendaki Gunung Merapi

Mendaki Gunung Merapi ini masih dalam tahap mudah, karena tidak memerlukan waktu berhari-hari. Dari Basecamp Barameru Merapi, kamu hanya perlu sehari semalam untuk bisa menikmati pesona Puncak Merapi.

Disarankan mendaki ke sini saat Juli hingga September. Cuaca cerah dan stabil, sehingga kamu bisa menyiapkan barang lebih optimal.

Kondisi rute untuk mendaki Gunung Merapi didominasi jalur menanjak dan bebatuan. Maka dari itu, kamu harus mengenakan sepatu. Selain itu, pastikan membawa air minum yang cukup, karena tidak ada sumber air.

Hal wajib lainnya yang harus kamu siapkan, yakni tenda, jaket, masker atau balaclava, kantung tidur, tenda, peralatan masak, dan makanan ringan. Selebihnya, siapkan sesuai kebutuhanmu. Jangan terlalu berlebihan juga ya!

Jangan lupa bawa ponco ya. Karena tidak ada yang bisa memprediksi cuaca secara pasti, kan?

2. Harga tiket masuk ke Gunung Merapi

Info Harga dan Rute Gunung Merapi, Perhatikan Sebelum Mendaki!instagram.com/mas_saptanugraha

Ada dua jalur pendakian utama menuju Gunung Merapi, yakni Selo di Kabupaten Boyolali dan Sapuangin di Dukuh Pajegan, Kabupaten Klaten. Dari dua jalur ini, via Selo paling banyak direkomendasikan.

Ketika di Basecamp Barameru, Selo, kamu harus membayar biaya administrasi memasuki Taman Nasional Gunung Merapi seharga Rp16 ribu per orang. Kamu juga diharuskan meninggalkan kartu identitas.

Hal tersebut diperlukan untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu ada masalah. Setelah selesai mendaki, kamu harus laporan telah turun dengan selamat dan bisa mengambil kartu identitas.

Info Harga dan Rute Gunung Merapi, Perhatikan Sebelum Mendaki!instagram.com/azimulezza

Sebaliknya, jalur Sapuangin jarang dipilih karena tiket masuknya mahal dan jalurnya lebih ekstrem. Harganya dibanderol sekitar Rp41 ribu.

3. Rute pendakian via Selo

Info Harga dan Rute Gunung Merapi, Perhatikan Sebelum Mendaki!instagram.com/azizmichoarifin

Cara menuju Selo memang butuh berpindah-pindah kendaraan umum, tapi tidak sulit, kok. Jangan takut bertanya ketika merasa ragu menentukan arah selanjutnya.

Mudahnya, mungkin sudah ada ojek online yang bisa kamu andalkan, meski harganya lebih mahal. Ada cara yang lebih hemat lagi. Pertama, dari Stasiun Poncol Semarang, naiklah bus ke Terminal Terboyo dengan harga Rp5.000.

Selanjutnya, naik bus jurusan Terminal Sunggingan Boyolali. Harganya sekitar Rp20 ribu.

Info Harga dan Rute Gunung Merapi, Perhatikan Sebelum Mendaki!instagram.com/lewis_de_artist

Dari Terminal Sunggingan, kamu bisa naik bus ke Pasar Cepogo. Ada banyak bus yang melewati pasar tersebut, harganya mulai Rp5.000 hingga Rp15 ribu. Terakhir, kamu harus naik bus kembali ke arah Pasar Selo dengan biaya Rp5.000.

Bus ke Pasar Selo cukup terbatas. Usahakan sampai di Pasar Cepogo sebelum sore. Kalau kamu rombongan dan punya skill tawar-menawar yang oke, sopir akan mengantarmu hingga Basecamp Barameru Merapi.

Kalau gagal, kamu bisa berjalan kaki dari Pasar Cepogo sejauh dua kilometer atau naik ojek dengan ongkos Rp15-25 ribu.

Info Harga dan Rute Gunung Merapi, Perhatikan Sebelum Mendaki!instagram.com/mnmelin

Setibanya di Basecamp Barameru Merapi, kamu bisa mulai melakukan pendakian. Biasanya orang-orang menunggu sore atau malam hari, supaya tidak terpapar ganasnya sinar matahari.

Dari basecamp, butuh waktu sejam untuk menuju gerbang masuk Taman Nasional Gunung Merapi. Selama perjalanan, kamu akan melewati perkebunan tembakau. Selanjutnya, kamu harus ke Pos 1 Watu Belah dengan berjalan sekitar 1,5 jam.

Ada dua jalur yang bisa kamu pilih untuk sampai ke Pos 1. Jalur Kanan yang didominasi tanjakan cukup terjal. Sedangkan, Jalur Kiri tidak terlalu menanjak, lumayan gampang.

Info Harga dan Rute Gunung Merapi, Perhatikan Sebelum Mendaki!instagram.com/ulumpolem

Perjalanan dilanjutkan menuju Pos II, petunjuk jalannya sudah jelas. Perkiraan waktunya sekitar 1,5 jam. Di Pos II ini, kamu bisa mendirikan tenda, apalagi kalau sudah terlalu lelah.

Kalau belum, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke pos terakhir, yakni Pasar Bubrah. Hanya butuh waktu sekitar sejam saja. Menuju pos terakhir ini, butuh persiapan yang matang.

Jalurnya didominasi jalan bebatuan dan anginnya sangat kencang. Total, kalau kamu terbiasa dengan jalur pendakian Merapi, hanya memakan waktu lima jam.

Baca Juga: 10 Destinasi Wisata Hits ala Dian Pelangi untuk Bulan Madu, Romantis!

4. Pihak Bahameru hanya menanggung para pendaki hingga Pasar Bubrah

Info Harga dan Rute Gunung Merapi, Perhatikan Sebelum Mendaki!instagram.com/rian_root

Lokasi aman yang disarankan pihak Basecamp Barameru Merapi hanya sampai Pasar Bubrah saja. Mereka tidak mau menanggung para pendaki yang nekat menuju Puncak Merapi.

Waktu yang dibutuhkan ke puncak sekitar 1,5 jam dengan jalur yang cukup terjal. Berada di area terbuka, anginnya juga sangat kencang dan cukup berbahaya. Maka dari itu, kalau memang sayang nyawa, lebih baik patuhi aturan yang telah ditetapkan. Tak ada puncak yang lebih berharga dibanding nyawa.

5. Kaliurang jadi alternatif lebih aman melihat pesona Gunung Merapi

Info Harga dan Rute Gunung Merapi, Perhatikan Sebelum Mendaki!instagram.com/ephework

Buat kamu yang malas mendaki, tapi pengin melihat Gunung Merapi, tak perlu khawatir. Sebab, banyak agen perjalanan yang menawarkan wisata Lava Tour Kaliurang.

Harganya tergantung dengan paket yang kamu ambil, mulai Rp350 ribu untuk empat orang. Lama perjalanannya sekitar 2,5 jam. Ada pula paket perjalanan empat jam dengan biaya sekitar Rp600 ribu.

Nah, itulah sekilas informasi mengenai harga dan rute pendakian Gunung Merapi. Untuk lebih amannya, sebaiknya kamu ke sana setelah situasi aman dan dipastikan tidak ada letusan lagi. 

Baca Juga: Info Wisata Rute, Harga Tiket, dan Tips Liburan ke Jakarta Aquarium

Topic:

  • Reza Iqbal
  • Dewi Suci R.

Just For You