Comscore Tracker

Tak Hanya Kampung Inggris, Indonesia Juga Punya Kampung Korea Lho!

Benar-benar serasa di Negeri Ginseng

Tak hanya ada Kampung Inggris di Pare, Indonesia ternyata punya Kampung Korea di Bau-Bau, Sulawesi Tenggara. Kampung Korea tersebut berada di Kecamatan Sorawolio, jalan poros dari Kota Bau-Bau menuju Kabupaten Buton.

Penduduk kampung Korea didominasi Suku Laporo dengan bahasa daerah Cia-Cia. Bahasa Cia-Cia merupakan sejenis bahasa Austronesia yang rupanya mempunyai persamaan dengan aksara hangeul atau bahasa Korea.

Para peneliti Korea mengatakan ada sedikit persamaan bahasa antara cia-cia Laporo dengan aksara hangeul. 

Tak Hanya Kampung Inggris, Indonesia Juga Punya Kampung Korea Lho! wikipedia.org

Profesor Korea sempat tertarik meneliti kekayaan bahasa penduduk setempat. Ketertarikan ini membawa pada keputusan kerja sama antara Cia-Cia dan Korea. Pemerintah Kota Bau-Bau menerima aksara hangeul sebagai huruf penulisan Cia-Cia.

Tetua Adat Laporo Bugi, Djunudin, mengatakan ada sedikit persamaan bahasa antara bahasa Cia-Cia dengan bahasa Korea. Seperti nama perabot dapur dan lahan pertanian yang sebutannya hampir sama. 

Maka dari itu, tulisan Hangeul Korea diputuskan untuk dijadikan sistem tulisan bahasa Cia-Cia sejak 2009. Semua nama jalan di Kecamatan Sorawolio terdapat aksara hangeul dengan arti bahasa Cia-Cia.

Baca juga: Sudah Tahu Surga Tersembunyi di Sulawesi Tenggara Ini?

Penulisan aksara hangeul mulai dipelajari di sekolah sejak 2013.

Tak Hanya Kampung Inggris, Indonesia Juga Punya Kampung Korea Lho! kompas.com

Demi melestarikan bahasa Cia-Cia, orang-orang di sini telah mempelajari penulisan aksara hangeul sejak menempuh pendidikan Sekolah Dasar. Beberapa program dilaksanakan seperti pertukaran pelajar, guru, dan kebudayaan.

Masyarakat suku Cia-Cia sendiri hanya menggunakan alfabet Korea, sedangkan untuk bahasa lisan sehari-sehari mereka tetap menggunakan bahasa Indonesia. 

Tak Hanya Kampung Inggris, Indonesia Juga Punya Kampung Korea Lho! travelingyuk.com

Hingga saat ini belum diketahui sejarah pastinya, mengapa terjadi kesamaan bahasa Cia-Cia dengan Korea. Namun, inilah bentuk kekayaan budaya di Indonesia yang begitu unik dan patut untuk kita lestarikan.

Baca juga: Liburan Seru, Kunjungi 5 Tempat Wisata di Sulawesi Tengah Ini Aja!

Topic:

Berita Terkini Lainnya