Comscore Tracker

Mengenang Pangeran Diponegoro, Ini 5 Wisata Sejarah di Makassar

Dirgahayu Indonesia ke-72

Demi merebut kemerdekaan Indonesia, banyak pahlawan yang gugur di medan perang. Mereka mempertaruhkan nyawa demi Indonesia bebas merdeka seperti yang kita nikmati sekarang ini. Salah satunya Pangeran Diponegoro yang menghembuskan nafas terakhirnya di Makassar, Sulawesi Selatan.

Selain makam Diponegoro, ada beberapa wisata yang bisa kamu kunjungi di Makassar. Berikut di antaranya:

1. Makam Diponegoro

Mengenang Pangeran Diponegoro, Ini 5 Wisata Sejarah di Makassarphotos.travel.org

Saat melawan pasukan Belanda, Pangeran Diponegoro merupakan sosok pahlawan yang sukses menyerang balik menggunakan metode perang gerilya. Saking disegani tentara Belanda, Jenderal De Kock harus bersusah payah menangkap Pangeran Diponegoro di Magelang. Sebelum wafat pada 8 Januari 1855, Pangeran Diponegoro sempat diasingkan ke Manado.

Makam Pangeran Diponegoro terletak di pusat kota Makassar dekat pusat perbelanjaan pasar Sentral. Tak hanya Pangeran Diponegoro, istri serta 6 anaknya turut disemayamkan di sini. Hingga saat ini, yang mengurus kondisi makam adalah keturunan dari Pangeran Diponegoro.

2. Museum Kota

Mengenang Pangeran Diponegoro, Ini 5 Wisata Sejarah di Makassarindonesiakaya.com

Sama halnya seperti museum sejarah yang ada di Indonesia, lokasi ini juga menyimpan beragam benda bersejarah seperti peta bumi zaman peperangan, relief potret Ratu Wilhelmina dan Yuliana, mata uang, dan lain-lain. Terletak di Jantung pusat kota Makassar, Jalan Balaikota, bangunan museum Kota masih berdiri dengan kokoh sejak 300 tahun yang lalu.

Baca juga: Hari Kemerdekaan, Kunjungi 7 Wisata Tapak Tilas Perjuangan 1945 Ini

3. Monumen 40 Ribu Jiwa

Mengenang Pangeran Diponegoro, Ini 5 Wisata Sejarah di Makassarotonomi.co.id

Monumen ini dibangun untuk mengenang masa kelam masyarakat Sulawesi Selatan pada 1946-1947. Terdapat sebuah peristiwa mengenaskan sehingga membuat para tentara Belanda yang menjadi korban harus dikuburkan menjadi satu dalam sebuah lubang besar.

Apakah kamu bisa membayangkan sebanyak 40 ribu orang dikubur dalam satu lubang kuburan yang sama? Kamu bisa berkunjung ke monumen tersebut secara gratis setiap Senin-Sabtu. Selain dibangun sebuah monumen, Makassar pun mengabadikan peristiwa tersebut dengan nama jalan. 

4. Benteng Fort Rotterdam

Mengenang Pangeran Diponegoro, Ini 5 Wisata Sejarah di Makassartelusurindonesia.com

Benteng ini menyerupai kura-kura. Hal tersebutlah membuatnya ini dinamai Benteng Panyyua oleh orang Makassar. Di dalam benteng juga terdapat Museum La Galigo yang menyimpan sejarah kebesaran Gowa Tallo (Makassar) dan beberapa daerah lainnya di Sulawesi Selatan. Kamu bisa belajar sejarah kehidupan rakyat Sulawesi Selatan pada zaman dahulu.

5. Pelabuhan Paotere

Mengenang Pangeran Diponegoro, Ini 5 Wisata Sejarah di Makassarwartatimur.com

Kamu bisa melihat aktifitas kehidupan pesisir orang Makassar di sini. Tempat ini sangat menarik untuk dikunjungi, karena kamu bisa secara langsung transaksi berbagai macam ikan segar dengan pemandangan kapal Phinisi yang legendaris. Lebih baik menggunakan pakaian santai, karena suasana pelabuhan begitu ramai. Paotere menyediakan ikan asin yang siap untuk dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk keluarga di rumah.

Itulah 5 tempat yang bisa kamu kunjungi dalam merayakan kemerdekaan Indonesia. Dirgahayu Republik Indonesia ke-72, semoga Indonesia semakin maju, sukses, dan damai.

Baca juga: Serba Merah Putih, 5 Makanan Ini Cocok untuk Hari Kemerdekaan!

Topic:

Just For You