Comscore Tracker

9 Pilihan Agrowisata di Jember, Layak Masuk Itinerary Liburanmu!

Yuk merasakan suasana liburan berbeda

Destinasi wisata di Jember gak hanya berupa wisata dalam kota dan pantai yang indah, namun juga berbagai pilihan agrowisata yang patut kamu kunjungi. Berikut ini beberapa agrowisata di Jember. Yuk, mari kita simak satu per satu.

1. Coffee and Cocoa Science Techno Park (CCSTP)

9 Pilihan Agrowisata di Jember, Layak Masuk Itinerary Liburanmu!beritabaik.id

Coffee and Cocoa Science Techno Park (CCSTP) dikelola oleh Pusat Penelitian Kopi dan Kakao Indonesia (Puslitkoka). Terletak di desa Nogosari, kecamaran Rambipuji, tempat ini gak terlalu jauh dari pusat kota Jember, yaitu sekitar 20 kilometer dengan waktu tempuh perjalanan sekitar 45 menit. 

Di sini kamu bisa ikut tur berkeliling kebun kopi dan cokelat dengan kereta kayu ditemani oleh seorang pemandu yang siap memberikan informasi terkait kopi dan kakao, beserta budidaya dan teknologinya. Kamu juga bisa berkunjung ke pabrik untuk melihat pengolahan kopi dan kakao hingga menjadi produk akhir, seperti makanan dan sabun. 

Terdapat beragam fasilitas penunjang wisata di tempat ini, seperti kolam renang anak, taman bermain di tengah kebun, gazebo, dan pendopo untuk bersantai. Sebelum meninggalkan tempat ini, kamu bisa memberi makan rusa atau beristirahat sejenak di outlet kopi dan kakao.

Di outlet, kamu bisa membeli berbagai produk seperti kopi dan cokelat untuk buah tangan atau sekadar menikmati segelas cokelat atau kopi hangat. Tempat ini selalu ramai dikunjungi setiap hari libur. Banyak wisatawan dari daerah lain yang berkunjung ke sini.

2. Agrowisata Boma Gunung Pasang

9 Pilihan Agrowisata di Jember, Layak Masuk Itinerary Liburanmu!Youtube\ Jember 1TV

Agrowisata Boma Gunung Pasang yang berjarak sekitar 23 km dari pusat kota Jember ini memiliki panorama perkebunan yang masih alami. Di sini, banyak tumbuhan hijau yang membuat suasana semakin sejuk. Buat kamu yang suka ketenangan, tempat ini cocok untuk menyegarkan pikiran.

Tempat ini sangat cocok untuk kegiatan outbound atau piknik keluarga. Kamu juga bisa berfoto dengan pemandangan alam yang epic banget. Ada bekas kereta zaman dahulu yang menjadi spot foto paling terkenal di sini. Di dekat gunung Pasang, terdapat air terjun Tancak yang sangat terkenal yang bisa kamu kunjungi. 

Alamat: Afdeling Boma Gunung Pasang, Desa Suci, Kecamatan Panti, Kabupaten Jember

3. Agrowisata Kebun Belimbing Tamansari Wuluhan

9 Pilihan Agrowisata di Jember, Layak Masuk Itinerary Liburanmu!Facebook\Pesona Jember

Agrowisata kebun belimbing di Desa Tamansari ini bisa menjadi destinasi agrowisata menarik untuk liburanmu. Jenis belimbing yang banyak dibudidayakan di sini adalah jenis madu. Kamu bisa memetik dan menikmati buah belimbing segar langsung dari pohonnya. Wah, menarik kan?

Alamat: Desa Tamansari, Kecamatan Wuluhan, Kabupaten Jember

4. Agrowisata Rembangan

9 Pilihan Agrowisata di Jember, Layak Masuk Itinerary Liburanmu!jatim.antaranews.com

Agrowisata Rembangan yang berlokasi di Perbukitan Rembangan ini terkenal dengan hamparan tanaman buah naga yang ditanam di lahan seluas lima hektar. Kalau kamu berencana ke sini, sebaiknya kamu berkunjung saat musim panen raya selama bulan Desember hingga Februari.

Buah naga di kebun ini dikelola oleh Dinas Pertanian Jember dengan sistem pertanian organik tanpa bahan kimia. Jadi, gak usah khawatir soal kualitas buahnya yang pasti menyehatkan ya.

Selain kebun buah naga, ada juga atraksi memerah susu sapi perah. Di agrowisata ini, kamu juga bisa berswafoto sepuasnya karena ada banyak spot yang kece banget.

Alamat: Desa Kemuninglor, Kecamatan Arjasa, Kabupaten Jember

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Jember yang Bisa Jadi Rekomendasi Liburan Serumu!

5. Perkebunan Teh Gunung Gambir

9 Pilihan Agrowisata di Jember, Layak Masuk Itinerary Liburanmu!explorewisata.com

Kebun yang dikelola oleh PT. Perkebunan Nusantara XII ini merupakan peninggalan dari masa kolonial Belanda. Kebun yang terletak di lereng Gunung Argopura ini berjarak sekitar 48 km dari pusat kota Jember. Di sini, kamu bisa ikut tea-walk (tur berkeliling kebun teh) untuk menikmati hamparan perkebunan teh dengan panorama yang menawan.

Terletak pada ketinggian 900 meter di atas permukaan laut, udara di tempat ini sejuk dan bebas polusi. Terdapat beberapa fasilitas yang disediakan di tempat ini, seperti kolam renang, penginapan, areal camping, gedung pertemuan, lapangan voli, dan gedung olahraga bulu tangkis. 

Alamat: Desa Gelang, Kecamatan Sumber Baru, Kabupaten Jember

6. Agrowisata Tembakau Desa Ajung

9 Pilihan Agrowisata di Jember, Layak Masuk Itinerary Liburanmu!thinkway.id

Sejak zaman penjajahan Belanda, Jember terkenal sebagai daerah penghasil tembakau. Pada tahun 1996, usaha perkebunan tembakau semakin maju dan tanaman ini bahkan sempat menjadi ikon kota Jember.  

Di agrowisata Tembakau Desa Ajung ini kamu bisa berkeliling kebun tembakau serta melihat proses pembuatan cerutu (hand-made) hingga proses sortasi dan pengepakan. Tembakau yang dibudidayakan di sini adalah Besuki Na Oogst varietas H-382, dimana jenis ini biasanya digunakan untuk pembukus luar atau kulit cerutu.

Alamat: Desa Ajung, Kecamatan Jenggawah, Kabupaten Jember

7. Agrowisata Hidroponik Taman Botani Sukorambi

9 Pilihan Agrowisata di Jember, Layak Masuk Itinerary Liburanmu!sarofudin.blogspot.com

Bagi warga Jember, Taman Botani Sukorambi selama ini mungkin terkenal dengan berbagai atraksi dan wahana permainan menarik.

Meski demikian, ternyata pihak pengelola taman ini telah berhasil mengembangkan agrowisata kebun hidroponik. Kebun tersebut kini menjadi tempat khusus untuk membudidayakan beragam jenis tanaman sayur, seperti selada air dan kangkung. Di sini kamu bisa belajar kepada petugas tentang proses budidaya sayuran secara hidroponik, mulai dari pembibitan hingga panen.

Alamat: Jalan Mujahir, Sukorambi, Krajan, Sukorambi, Kecamatan Sukorambi, Kabupaten Jember

8. Wisata Agro Glantangan (WAG)

9 Pilihan Agrowisata di Jember, Layak Masuk Itinerary Liburanmu!travellertik.blogspot.com

Wisata Agro Glantangan (WAG) terletak di Desa Pondokrejo, berjarak sekitar 30 km dari pusat kota Jember.

WAG terletak di tengah perkebunan karet seluas empat hektar. Di sepanjang jalan, kamu akan disuguhkan pemandangan pohon karet di kanan-kiri jalan dengan udara yang segar. Di sini ada sebuah kolam air mirip rawa-rawa dengan tanaman teratai yang bunganya berwarna merah muda. Ada pula beragam fasilitas hiburan seperti padang golf yang luas, sarana outbound seperti sepeda air dan flying fox, kereta kelinci, kolam renang anak, kendaraan ATV untuk menyusuri area wisata, dan tunggangan kuda setiap sabtu dan minggu.

Berbagai fasilitas pendukung pun tersedia di sini, seperti kamar mandi umum, bilik-bilik untuk berganti pakaian, mushola, area parkir kendaraan, serta kantin.

Alamat: Desa Pondokrejo, Kecamatan Tempurejo, Kabupaten Jember

9. Wisata Sawah Patemon

9 Pilihan Agrowisata di Jember, Layak Masuk Itinerary Liburanmu!catatangaluhalit.blogspot.com

Sebenarnya sih, kawasan sawah di Desa Patemon ini sama seperti sawah pada umumnya. Tetapi kemudian menjadi berbeda setelah seorang pemuda membuat beberapa spot foto dengan konsep artistik. 

Gak cuma bersantai memanjakan mata, di sini kamu bisa berfoto ria dengan background yang instagramable banget deh.

Alamat: Jalan Kramat Sukoharjo, Desa Patemon, Kecamatan Tanggul, Kabupaten Jember

Nah, kamu tertarik berlibur ke agrowisata yang mana nih saat main ke Jember?

Baca Juga: 10 Tempat Kuliner di Jember, dari yang Tradisional Sampai Kekinian

Rivandi Pranandita Putra Photo Community Writer Rivandi Pranandita Putra

I love cycling, blue, gardening, and traveling

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You