Comscore Tracker

7 Summits of Java yang Membuatmu Tidak Sabar untuk Segera Mendaki

Puncak itu bonus, tujuan utama yaitu pulang dengan selamat

Untuk kamu yang hobi mendaki gunung pasti tidak asing dengan istilah seven summits atau tujuh puncak yang merupakan sebutan untuk tujuh gunung tertinggi di dunia. Tidak hanya di dunia, Indonesia juga memiliki istilah yang keren untuk tujuh puncak tertinggi di Indonesia yaitu seven summits of Indonesia bahkan seven summits of Java.

Istilah ini digunakan untuk menyebut tujuh puncak tertinggi yang ada di Pulau Jawa. Penasaran gunung apa saja yang termasuk ke dalam seven summits of Java? Yuk, simak ulasan berikut.

1. Gunung Semeru, 3.676 mdpl

7 Summits of Java yang Membuatmu Tidak Sabar untuk Segera Mendakinyero/bromoeastjava.com

Gunung Semeru merupakan gunung tertinggi di Pulau Jawa dengan ketinggian 3.676 meter di atas permukaan laut dan merupakan gunung berapi tertinggi ketiga di Indonesia setelah gunung Kerinci di Sumatra dan gunung Rinjani di Nusa Tenggara Barat. Secara administratif, Gunung Semeru terletak di Kabupaten Malang dan Lumajang. Gunung Semeru ini masuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. 

Gunung Semeru memiliki lima ranu atau danau, yaitu Ranu Kumbolo, Ranu Pani, Ranu Regulo, Ranu Tompe, dan Ranu Darungan. Dari kelima danau tersebut, Ranu Kumbolo adalah danau yang paling terkenal dan menjadi salah satu tempat paling romantis di Gunung Semeru.

2. Gunung Slamet, 3.428 mdpl

7 Summits of Java yang Membuatmu Tidak Sabar untuk Segera Mendakiflickr/khotibul umam

Gunung Slamet merupakan gunung berapi tidur yang terletak di Banyumas, Purbalingga, Tegal, dan Pemalang. Untuk menuju ke gunung ini kamu dapat melalui jalur Bambangan, Guci, Tegal, atau Kaliwadas.

Pendakian Gunung Slamet dapat dibilang sulit karena medannya yang ekstrem dan sulitnya dijumpai mata air di sepanjang jalur pendakian. Selain itu, kabut juga sangat pekat dan sering berubah-ubah.

Untuk menuju ke puncak, jalur favorit yang sering digunakan yaitu jalur Bambangan. Setelah sampai di puncak Gunung Slamet yaitu puncak Surono, kamu dapat menikmati indahnya kawah Segara Wedi.

3. Gunung Sumbing, 3.372 mdpl

7 Summits of Java yang Membuatmu Tidak Sabar untuk Segera Mendakiflickr/Eljihadi

Gunung Sumbing adalah salah satu gunung yang menjadi favorit para pendaki karena keindahan alamnya. Gunung ini terletak di Jawa Tengah, yaitu di Kabupaten Magelang, Temanggung, dan Wonosobo.

Gunung Sumbing memiliki 2 puncak yaitu puncak buntu dengan ketinggian 3362 mdpl dan puncak sejati dengan ketinggian 3371 mdpl. Untuk menuju ke Gunung Sumbing, tersedia 3 jalur yaitu via Garung Wonosobo, Cepit Parakan di Wonosobo, dan Bowongso di Wonosobo.

Jalur pendakian Bowongso merupakan jalur yang cukup ramah bagi pendaki pemula karena memiliki trek dan kemiringan yang tidak terlalu curam. Nah, untukmu yang termasuk pendaki pemula mungkin bisa mencoba jalur ini.

4. Gunung Arjuno, 3.339 mdpl

7 Summits of Java yang Membuatmu Tidak Sabar untuk Segera Mendakiflickr/Dell ConzTanTine

Gunung Arjuno merupakan gunung berapi kerucut yang terletak di Kota Batu, Malang dan Pasuruan. Gunung Arjuno terletak di bawah pengelolaan Taman Hutan Raya Radan Soerjo. Pendakian ke Gunung Arjuno dapat ditempuh via jalur Lawang, Tretes, Batu.

Gunung Arjuno yang terletak bersebelahan dengan Gunung Welirang ini tidak memilki kawah, sehingga asap putih yang biasa terlihat sebenarnya berasal dari Gunung Welirang. Puncak Arjuno dikenal dengan nama puncak Ogal Agil yang berada di ketinggian 3.399 mdpl. Dari puncak Ogal Agil, kamu dapat menikmati pemandangan alam yang sangat luar biasa indahnya.

Baca Juga: 10 Gunung Tertinggi di Indonesia yang Menawan, Impian Para Pendaki Nih

5. Gunung Raung, 3.332 mdpl

7 Summits of Java yang Membuatmu Tidak Sabar untuk Segera Mendakiflickr/Tempo Dulu

Gunung Raung adalah gunung api kerucut yang terletak di Kabupaten Banyuwangi, Bondowoso, dan Jember, Jawa Timur. Gunung Raung merupakan destinasi favorit bagi para pendaki karena memiliki trek yang menantang. Untukmu yang memiliki adrenalin tinggi, kamu wajib mencobanya.

Gunung Raung memiliki puncak yang disebut sebagai puncak sejati. Dari puncak sejati, kamu dapat menyaksikan indahnya kaldera Raung yang begitu besar dengan kepulan asap tipis di atasnya.

Bagaimana? Apakah kamu merasa tertantang untuk mendaki ke puncak Raung?

6. Gunung Lawu, 3.265 mdpl

7 Summits of Java yang Membuatmu Tidak Sabar untuk Segera Mendakisurabayaonline/mangreza.blogspot.com

Gunung Lawu adalah gunung yang terletak di perbatasan Wonogiri, Jawa Tengah dan Magetan (Jawa Timur). Gunung Lawu memiliki 3 puncak yaitu Hargo Dalem, Hargo Dumilah, Hargo Dumling. Puncak Hargo Dumilah merupakan puncak tertinggi, yaitu 3265 mdpl.

Terdapat 3 jalur menuju Gunung Lawu, yaitu jalur selatan via Cemoro Sewu, jalur barat via Cemoro Kandang, dan Srambang. Jalur Srambang merupakan jalur yang sangat jarang dilalui oleh pendaki.

7. Gunung Welirang, 3.156 mdpl

7 Summits of Java yang Membuatmu Tidak Sabar untuk Segera Mendakiflickr/poursacc

Gunung yang dijuluki sebagai kembaran Gunung Arjuna ini merupakan gunung berapi yang terletak di perbatasan Kota Batu, Kabupaten Pasuruan, dan Kabupaten Mojokerto. Kata "Welirang" berasal dari bahasa Jawa yang berarti belerang. Hal tersebut dapat dilihat dari puncak Welirang yang selalu diselimuti asap putih dan mengeluarkan belerang.

Gunung Welirang adalah salah satu gunung yang memiliki trek menantang dan pemandangan yang memukau. Dari puncak Gunung Welirang, kamu dapat menyaksikan indahnya Gunung Semeru dan Gunung Arjuna. Untuk mendaki ke Gunung Welirang, kamu dapat melalui jalur Desa Jubel, Kecamatan Pacet, Mojokerto atau melalui jalur Tretes.

Nah, itulah gunung yang termasuk ke dalam seven summits of Java. Jadi, kapan mau mendaki?

Baca Juga: Sudahkah Kamu Taklukkan 10 Gunung Tertinggi di Indonesia Ini?

Rosalia Fransisca Irmawan Photo Community Writer Rosalia Fransisca Irmawan

Collosians 3 : 23

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Merry Wulan

Just For You