Comscore Tracker

5 Wisata Sejarah di Sulawesi Selatan Ini Bikin Kembali Ke Masa Lalu

Move on dari mantan, boleh. Move on dari sejarah, jangan!

Jangan ngaku warga Indonesia yang baik jika tidak paham akan sejarah negara sendiri. Bukan gagal move on! Kamu memang gak boleh move on dari yang namanya sejarah. 

Suatu bangsa tidak akan maju jika tidak menoleh ke masa lalu. Karena di sana terdapat banyak hal baik, yang menjadi suatu pembelajaran bagi kita untuk menyonsong perubahan di masa depan.

Seperti halnya 5 wisata bersejarah di Sulawesi Selatan ini yang wajib kalian ketahui. Serasa kembali ke masa lalu, setiap tempat yang akan kamu kunjungi berikut ini meninggalkan wawasan pengetahuan yang bermanfaat untuk kamu.

1. Benteng Somba Opu

5 Wisata Sejarah di Sulawesi Selatan Ini Bikin Kembali Ke Masa Laluamorbayupratamaa.blogspot.com

Wisata sejarah yang buka mulai pukul 08.00-19.00, berlokasi di kecamatan Barombong, kabupaten Gowa. Dibangun oleh Raja Gowa ke-9, dahulu benteng ini berfungsi sebagai pusat pemerintahan serta perdagangan. Namun fungsi utama berdirinya Benteng Somba Opu tak lain untuk tempat perlindungan bagi rakyat Gowa Tallo.

Kini benteng yang telah beralih fungsi menjadi museum ini, menyimpan banyak koleksi bersejarah Kerajaan Gowa seperti keramik, peluru meriam besar, uang seratus rupiah keluaran tahun 1977, hingga foto para Raja dan keluarga kerajaan Gowa.

2. Museum Kota Makassar

5 Wisata Sejarah di Sulawesi Selatan Ini Bikin Kembali Ke Masa Lalutempat.me

Foto lawas perkembangan kota Makassar, mata uang zaman dulu, benda-benda arkeolog, ialah beberapa koleksi yang disuguhkan oleh Museum Kota Makassar untuk setiap pengunjung yang datang kemari. Berada di jalan Balai Kota no 11, museum didirikan pada tahun 1916 dan sebelumnya pernah digunakan oleh pemerintah kota Makassar sebagai balai kota.

Dengan harga masuk ke museum sekitar 5 ribu rupiah, kamu dapat berkeliling sepuasnya di museum ini. Mencari tahu segala halnya yang belum kamu ketahui sebelumnya. Museum buka setiap hari Selasa-Minggu pada pukul 08.00-15.30.

Baca Juga: Cari Barang Murah? 6 Tempat Belanja di Makassar Ini Bisa Jadi Pilihan

3. Monumen Mandala

5 Wisata Sejarah di Sulawesi Selatan Ini Bikin Kembali Ke Masa Laluinstagram.com/rhonnybassist

Berdiri di jalan Jendral Sudirman Baru, Ujung Padang, kota Makassar. Monumen yang diresmikan oleh mantan Presiden Soeharto ini, dibangun untuk memperingati perjuangan rakyat Indonesia yang berhasil merebut kembali Irian Jaya (Papua) dari penjajahan Belanda pada tahun 1962. 

Buka setiap hari senin-jum'at, hanya dengan 10 ribu rupiah kamu sudah dapat masuk ke dalam monumen Mandala yang beroperasional mulai pukul 11.00-18.00.

4. Museum Balla Lompoa

5 Wisata Sejarah di Sulawesi Selatan Ini Bikin Kembali Ke Masa Laluinstagram.com/sarwanarifin

Bangunan Museum Balla Lompoa ialah rekontruksi dari istana Kerajaan Gowa, yang dirubah pada tahun 1978. Berlokasi di jalan Sultan Hasanuddin No. 48, Sungguminasa, Somba Opu, Kabupatan Gowa, museum memiliki kurang lebih sekitar 140 koleksi barang-barang sejarah yang kebanyakan berasal dari Kerajaan Gowa.

Buka setiap hari mulai pukul 08.00-16.00, tidak ada biaya masuk untuk menjelajahi museum ini alias gratis. Perhiasan, benda pusaka, tombak, hingga kitab suci Al-Qur'an yang ditulis pada tahun 1848 ialah jenis barang koleksi Museum Balla Lampoa.

5. Benteng Fort Rotterdam

5 Wisata Sejarah di Sulawesi Selatan Ini Bikin Kembali Ke Masa Laluinstagram.com/kitaina.id

Selain Museum Balla Lampoa, benteng Fort Rotterdam merupakan peninggalan Kerajaan Gowa yang dibangun pada tahun 1545 oleh Raja Gowa ke-9. Sebelum dikuasai oleh Pemerintah Belanda, Benteng Fort Rotterdam memiliki nama yaitu Benteng Ujung Pandang. Yang kemudian digunakan oleh Belanda untuk tempat penampungan rempah-rempah.

Di dalam benteng terdapat museum La Galigo yang memiliki koleksi sekitar 5000 benda bersejarah. Gak Cuma museum La Galigo, terdapat pula sebuah bangunan kecil yang ternyata ialah ruang tahanan yang pernah ditempati oleh Pangeran Diponegoro ketika dirinya dijebak oleh Belanda saat mengikuti perundingan damai.

Itulah tadi lima wisata bersejarah di Sulawesi Selatan yang dapat kamu kunjungi ketika berlibur kesini. Semakin maju zaman, jangan sampai melupakan sejarah ya!

Baca Juga: 5 Fakta Pinisi, Kapal Legenda Suku Bugis Makassar

Tifani Topan Photo Community Writer Tifani Topan

Book, Travel, and Interior Design Enthusiast

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You