Comscore Tracker

7 Spot Camping di Sulawesi Selatan, Makin Seru Kemah Bareng Teman!

Saatnya kembali ke alam

Camping, salah satu kegiatan outdoor yang makin banyak diminati oleh seseorang untuk menghabiskan waktu kembali ke alam. Dari segi kesehatan, camping punya banyak manfaat lho, salah satunya ialah mengurangi tingkat stres. So, pas banget untuk kalian yang kesehariannya sibuk dengan rutinitas pekerjaan.

Keindahan alam Sulawesi Selatan, jangan diragukan lagi! Saking indahnya, banyak orang memanfaatkannya sebagai spot untuk camping. Dan tujuh spot camping di Sulawesi Selatan ini asyik banget lho untuk di singgahi.

1. Bukit Pa'bo

7 Spot Camping di Sulawesi Selatan, Makin Seru Kemah Bareng Teman!cakapcakap.com

Terletak di Pangkep, Bukit Pa'bo memiliki bentuk perbukitan seperti bukit teletubbis. Masih berada di kawasan Taman Nasional Bantimurung, membuat lokasi ini menjadi spot asyik untuk camping. Terlebih pemandangan cantik Gunung Bulusaraung, dan eksotisnya sunset maupun sunrise, beberapa keistimewaan yang akan didapat selama camping di sini.

2. Lembah Hijau Malino

7 Spot Camping di Sulawesi Selatan, Makin Seru Kemah Bareng Teman!instagram.com/hamdijono

Pepohonan hijau, gemercik suara air sungai, dan sejuknya udara, komposisi sempurna untuk menikmati alam. Semua itu akan kalian dapat ketika camping di Lembah Hijau Malino yang terletak di Gowa. Gak cuma tenda kemah saja, di sini disediakan pula wahana bermain dan spot berfoto yang kece. Fasilitas pendukung lainnya yang ada di Lembah Hijau Malino yaitu toilet, musholla, dan dapur umum.

Baca Juga: 5 Lokasi Paling Strategis untuk Berburu Sunset di Sulawesi Selatan

3. Hutan Pinus Bengo-Bengo

7 Spot Camping di Sulawesi Selatan, Makin Seru Kemah Bareng Teman!tapakrimba.info

Gak jauh dari Makassar, ada Kota Maros yang memiliki spot camping yang asyik untuk disinggahi. Hutan Pinus Bengo-Bengo tempatnya. Berada di Desa Limapocoe, Kecamatan Cenrana, hutan ini terkenal sekali di Sulawesi Selatan sebagai spot camping. Seru banget lho mendirikan tenda di sini, apalagi berada di tengah-tengah pepohonan pinus yang tinggi dan pemandangan perbukitan hijau yang menyegarkan mata.

4. Bumi Perkemahan Ta'deang

7 Spot Camping di Sulawesi Selatan, Makin Seru Kemah Bareng Teman!instagram.com/yusriahmad0192

Masih berada di Maros, Bumi Perkemahan Ta'deang menjadi alternatif spot berkemah yang bisa kamu pilih selain Hutan Pinus Bengo-Bengo. Panorama alam sekitar Bumi Perkemahan Ta'deang asyik banget lho! Berada diantara hijaunya pepohonan dan gak jauh dari sungai. Bisa dipastikan seru banget camping di sini.

5. Pulau Laiya

7 Spot Camping di Sulawesi Selatan, Makin Seru Kemah Bareng Teman!instagram.com/cellie.sherlie

Ingin merasakan sensasi camping di tepi pantai? Pergi saja ke Pulau Laiya. Terletak di Kecamatan Liukang Tupabbiring Utara, Kabupaten Pangkajene. Pulau Laiya masuk ke dalam daftar spot camping mengasyikan di Sulawesi Selatan. Pasir putih dan birunya air laut, siap menemani bermalammu di sini. Untuk dapat menjangkau pulau ini, kamu perlu menyebrang dahulu menggunakan kapal dari Pelabuhan Paotere di Makassar, dengan waktu perjalanan yang ditempuh kurang lebih 3 jam.

6. Air terjun Parangloe

7 Spot Camping di Sulawesi Selatan, Makin Seru Kemah Bareng Teman!instagram.com/bolangowa

Sempat ditutup pada tahun 2016 dengan alasan keamanan. Mana bisa tahan dengan eksotinya Air Terjun Parangloe? Bentuk Air Terjun Parangloe terbilang unik seperti susunan anak tangga.

Selain itu, dipinggiran air terjun kita bisa saksikan hijaunya pepohonan yang tumbuh dengan subur. Tak jauh dari lokasi air terjun, terdapat pula area camping ground yang banyak dimanfaatkan masyarakat sekitar maupun wisatawan untuk camping sembari menikmati nuansa alam di sekitar Air Terjun Parangloe.

7. Danau Tanralili

7 Spot Camping di Sulawesi Selatan, Makin Seru Kemah Bareng Teman!instagram.com/novalkalapati

Nah, inilah spot terakhir yang gak kalah asyik dari tempat sebelumnya yang terletak di Maros. Bernama Danau Tanrilili, penampakan alam sekitar danau hampir mirip dengan Ranu Kumbolo yang berada di Jawa Timur. Tak heran jika danau ini dijuluki Ranu Kumbolo-nya Sulawesi Selatan. Keindahan danau dan juga lekukan bukit yang diselimuti hijaunya pepohonan ialah view menarik yang akan kamu dapatkan ketika berada di sini.

Sepertinya asyik, ya? Apalagi panorama alam yang disajikan masing-masing spot camping sangatlah indah dan menakjubkan. Buat kalian yang berniat untuk camping di salah satunya. Tetap jaga kebersihan ya! Biar kecantikan alam Sulawesi Selatan terjaga dengan baik dan tidak pudar.

Baca Juga: Bikin Betah Nongkrong, Ini 8 Kafe Unik Kekinian di Kota Makassar

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Berita Terkini Lainnya