Comscore Tracker

Tragis-Romantis, 7 Spot Wisata di Asia Ini Punya Cerita tentang Asmara

Legenda hingga kisah nyata ada di sini

Verona di Italia terkenal sekali dengan kisah cinta Romeo dan Juliet. Karena itulah kota ini menjadi latar atau tempat cerita novel tersebut. Bahkan, di kota Verona terdapat Juliet House yang menyimpan koleksi barang-barang hingga patung Juliet.

Selain Verona yang berada di Benua Eropa, kamu mesti tahu juga keberadaan tujuh spot wisata yang punya cerita tentang asmara berikut ini. Dijamin bikin penasaran!

1. Candi Prambanan

Tragis-Romantis, 7 Spot Wisata di Asia Ini Punya Cerita tentang Asmaralonelyplanet.com

Karena tidak suka, Roro Jonggrang mencari cara untuk menolak Bandung Bondowoso. Ia meminta Bandung Bandowoso membuatkan seribu candi yang kini dikenal dengan nama Candi Prambanan, Yogyakarta.

Sampai batas waktu, kurang satu candi yang dibangun, Roro Jonggrang akhirnya punya alasan untuk menolak. Bandung Bondowoso pun murka karena merasa dipermainkan sehingga mengutuk Roro Jonggrang menjadi arca sebagai penggenap.

2. Farhad and Shirin Monument

Tragis-Romantis, 7 Spot Wisata di Asia Ini Punya Cerita tentang Asmaraen.wikipedia.org

Monumen sejoli yang berlokasi di atas tebing ini berada di kota Amasya, Turki. Farhad dan Shirin bisa dibilang Romeo dan Juliet versi Turki. Kenapa? Farhad bunuh diri karena mendapatkan kabar bohong jika Shirin telah meninggal. Mengetahui Farhad bunuh diri, Shirin pun mengikuti jejak pasangannya.

Uniknya, kisah Farhad dan Shirin lebih rumit. Di mana, kakak dari Shirin menyukai Farhad dan berusaha untuk menjauhkan keduanya. Begitu juga dengan raja yang membantu Farhad, di mana putranya menyukai Shirin dan berniat menyingkirkan Farhad.

3. Liangzhu Culture Park

Tragis-Romantis, 7 Spot Wisata di Asia Ini Punya Cerita tentang Asmaratheepochtimes.com

Liangzhu Culture Park kental dengan cerita Butterfly Lovers. Jika kamu pernah menyaksikan drama Sungkyunkwan Scandal, ceritanya hampir serupa. Yang mana, Zhu Yingtai tak lain adalah keluarga bangsawan menyamar menjadi anak laki-laki supaya dapat melanjutkan pendidikan.

Di sekolah, Zhu Yingtai bertemu lelaki bernama Liang Shanbo dan sama-sama jatuh cinta. Sayang, Zhu Yingtai telah dijodohkan oleh orang tuanya. Liang Shanbo yang patah hati akhirnya meninggal karena sakit.

Saat hari pernikahan tiba, Zhu Yingtai mengunjungi makam Liang Shanbo. Makam tersebut tiba-tiba terbuka, Zhu Yingtai menceburkan dirinya. Konon, keduanya pun berubah menjadi kupu-kupu.

Baca Juga: 5 Hal Penting yang Harus Kamu Ketahui Sebelum ke Taj Mahal, India

4. Doi Nang Non

Tragis-Romantis, 7 Spot Wisata di Asia Ini Punya Cerita tentang Asmarasanook.com

Doi Nang Non atau Mountain of the Sleeping Lady berlokasi di Chiang Rai, Thailand. Spot wisata yang ramai untuk tempat pendakian ini memiliki bentuk seperti wanita tidur.

Cerita tragis dari pegunungan ini bermula ada seorang gadis yang tengah hamil namun ditinggalkan oleh tunangannya. Gadis itu putus asa dan akhirnya meninggal. Saat ia pergi dari dunia, tubuhnya membesar dan menjadi pegunungan yang membentuk wanita tidur.

5. Mount Lavinia Hotel

Tragis-Romantis, 7 Spot Wisata di Asia Ini Punya Cerita tentang Asmaraalmosafer.com

Bangunan yang kini menjadi hotel ini dahulu merupakan kediaman dari Gubernur Inggris bernama Thomas Maitland. Terletak di Sri Lanka, Mount Livinia Hotel menjadi saksi bisu hubungan terlarang antara Thomas Maitland dan perempuan gipsi bernama Lovina (Lavina).

Saking cintanya dengan Lovina, Thomas Maitland membuat terowongan yang menghubungkan antara rumahnya dengan perkampungan gipsi tempat Lovina tinggal. Hubungan tersebut menjadi viral di kota hingga sampai ke telinga Raja George, Raja Inggris yang berkuasa di Sri Lanka.

Akhirnya, Thomas Maitland diminta kembali kembali ke Inggris. Sedangkan Lovina yang patah hati karena ditinggal kekasih, konon memutuskan untuk bunuh diri.

6. Gungnamji Pond

Tragis-Romantis, 7 Spot Wisata di Asia Ini Punya Cerita tentang Asmaraenglishspectrum.com

Gungnamji Pond berada di area Seodong Park, Buyeo, Korea Selatan. Kolam yang sekelilingnya dihiasi oleh warna-warni bunga dan willow tree ini dibuat oleh Raja Mu dari Kerajaan Baekje sebagai hadiah untuk wanita yang dicintainya yaitu Putri Seonhwa dari Kerajaan Silla.

Pada bagian tengah Gungnamji Pond terdapat paviliun yang sengaja dibuat untuk memudahkan wisatawan menyaksikan sekeliling taman dari kolam.

7. Taj Mahal

Tragis-Romantis, 7 Spot Wisata di Asia Ini Punya Cerita tentang Asmarasmithsonianmag.com

Bangunan yang menjadi landmark India ini merupakan masjid yang dibangun oleh Raja Shah Jahan. Seperti halnya Gungnamji Pond, Taj Mahal dibangun sebagai tanda cinta sang raja untuk istrinya yaitu Mumtaz Mahal yang meninggal usai melahirkan.

Baik legenda maupun kisah nyata, cerita asmara di tujuh spot wisata di atas punya nilai kehidupan yang dapat diambil hikmah mana yang baik atau tidak.

Nah, ada lagikah spot wisata mengandung unsur asmara di Asia yang kamu ketahui? Tulis jawaban kamu di kolom komentar, ya!

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Tomohon, Ada Pasar Extreme yang Mendunia

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

(Food & Travel Enthusiast) Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya