Comscore Tracker

Gak Cuma Museum Batik, Ini 7 Destinasi Asyik di Pekalongan

World's city of batik!

Sudah gak asing dong mendengar nama kota Pekalongan. Ya, kabupaten yang terletak di provinsi Jawa Tengah ini terkenal sebagai kota batik. Pada tahun 2014, Pekalongan masuk kedalam daftar kota kreatif UNESCO dalam kategori crafts & folk art. Karena itu, kini Pekalongan memiliki tagline kota 'World's city of Batik'.

Terkenal akan produksi kain batik yang mendunia, membuat kota ini memiliki museum batik yang cukup terkenal juga di Indonesia. Dan menjadi destinasi utama yang dikunjungi ketika singgah di Pekalongan. Ternyata gak cuma museum batik, 7 destinasi asyik berikut ini, bisa bikin betah jalan-jalan. Mau tahu dimana saja? Yuk, kita telusuri satu per satu.

1. Curug Bajing

Gak Cuma Museum Batik, Ini 7 Destinasi Asyik di Pekalonganinstagram.com/fiani_zr

Gak ada bosennya jalan-jalan ke wisata air terjun. Selain panorama alamnya yang indah, nuansa sejuk mulai terasa dari awal kita tiba. Yang bikin mood jadi lebih baik, seusai pulang. Di Pekalongan, terdapat banyak wisata air terjun salah satunya curug Bajing. Curug Bajing menjadi favorit pengunjung untuk menghabisakan waktu bersama keluarga, maupun rekan.

Lokasi curug Bajing terletak di desa Tlogopakis, kecamatan Petungkriyono. Berada di pegunungan Petungkriyono, penampakan curug ini semakin mempesona dengan keberadaan pepohonan hijau nan subur. Buka dari mulai pukul 08.00-17.00, tiket masuk ke curug Bajing terbilang murah lho. Untuk hari biasa, dikenakan tarif sekitar 4ribu rupiah. Sedangkan saat liburan tiba, kamu cukup mengeluarkan uang 6ribu saja.

2. Objek Wisata Linggo Asri

Gak Cuma Museum Batik, Ini 7 Destinasi Asyik di Pekalonganinstagram.com/potonatu_marziqoh

Obyek wisata Linggo Asri, destinasi asyik bagi pecinta nuansa alam. Liburan ke Pekalongan jangan sampai melewatkan wisata yang terletak di kecamatan Kajen ini ya. Dengan tarif masuk wisata sekitar 6ribu-12ribu rupiah, kamu akan dimanjakan dengan keindahan alam yang bikin terpesona.

Gak cuma itu saja guys, di dalam objek wisata Linggo Asri banyak wahana seru lho seperti menunggang gajah, water park, paintball, flying fox, rafting, dan masih banyak lainnya. Dijamin, puas deh ketika berkunjung kesini.

3. Pantai Krema

Gak Cuma Museum Batik, Ini 7 Destinasi Asyik di Pekalonganinstagram.com/fellashof

Letak geografis Pekalongan yang berada di pesisir utara Jawa. Membuat kabupaten ini memiliki banyak pantai nan eksotis yang wajib dikunjungi. Pantai Krematorium atau biasa dikenal dengan pantai Krema misalnya. Salah satu destinasi pantai yang terletak di Kandang Panjang, Pekalongan Utara.

Buka mulai pukul 05.00-18.00, pantai ini memiliki pasir putih yang indah, dan juga pemandangan disekitar pantai yang masih asri. Tidak ada tarif khusus untuk masuk ke pantai ini, alias gratis. Hanya saja kita akan dipungut biaya sekitar 3ribu-6ribu rupiah untuk parkir.

Baca Juga: 11 Jajanan Tradisional Khas Pekalongan Ini Selalu Bikin Ngiler

4. Alun-Alun Kota Pekalongan

Gak Cuma Museum Batik, Ini 7 Destinasi Asyik di Pekalonganinstagram.com/faisalyazied

Berlibur ke suatu kota, jangan sampai lupa menyisihkan waktu untuk datang ke tempat ikonik kota tersebut. Misalnya, alun-alun kota yang biasanya menjadi tempat berkumpul masyarakat sekitar untuk sekedar bersantai.

Penuh dengan warna, bersih, dan tertata dengan rapi ialah penampakan yang akan kamu temukan di alun-alun kota Pekalongan. Gak cuma sekedar tempat nongkrong, disekitar alun-alun banyak wisata kuliner yang menyajikan makanan penggoda lidah.

5. Watu Ireng

Gak Cuma Museum Batik, Ini 7 Destinasi Asyik di Pekalonganinstagram.com/kendedezgm

Dalam bahasa Indonesia, Watu Ireng memilki arti batu hitam. Destinasi yang berada di Kandangserang ini, ialah bukit batu yang besar berwarna hitam dengan pemandangan hijau di sekelilingnya, yang berasal dari pepohonan hutan.

Ada cerita menarik di sini, dimana ketika kita menghentakkan kaki ke batu ini. Akan ada suara yang muncul seperti suara gong. Buka mulai dari jam 06.00-17.30, kamu dapat mengabadikan momen kebersamaan dengan mengambil foto di spot-spot kece yang tersedia di sini.

6. Bukit Gambaran

Gak Cuma Museum Batik, Ini 7 Destinasi Asyik di Pekalonganinstagram.com/_idaa31

Destinasi asyik satu ini, gak kalah kece dari wisata bukit pada umumnya, yang ada di Indonesia. Bukit Gambaran yang terletak di kecamatan Doro ini, buka setiap hari mulai pukul 08.00-17.00. Meskipun terbilang baru, bukit Gambaran menjadi destinasi hits, dan ramai dikunjungi oleh wisatawan.

Seperti wisata bukit lainnya yang menyediakan spot kece untuk berfoto. Bukit Gambaran juga memiliki spot kece, seperti contoh pada gambar. Dengan background perbukitan hijau, kamu bisa foto dengan diantara awan-awan buatan, dan boneka lucu.

7. Taman Kuripan/Nursery Holtikultura

Gak Cuma Museum Batik, Ini 7 Destinasi Asyik di Pekalonganinstagram.com/ikifirda

Gak cuma kota-kota besar aja yang punya taman cantik. Pekalongan juga ada lho, dan jadi destinasi asyik yang memikat hati para wisatawan untuk datang kesini. Masyarakat Pekalongan biasa menyebutnya Taman Kuripan/Nursery Holtikultura. Kamu bisa menemukan destinasi ini di jl. HOS Cokroaminoto, Kuripan Lor. Gak usah khawatir dengan waktu, taman ini buka 24 jam. Dan tersedia pula mushola sebagai fasilitas ibadah. Masyarakat Pekalongan biasa menghabiskan waktu di sini pada sore tiba, untuk jalan-jalan atau bermain sepeda.

Nah itulah tadi 7 destinasi ayik yang dapat kamu temukan di kota batik Pekalongan. Menurut kalian, mana nih yang paling asyik? Karena sedang berlibur ke kota batik. Sebaiknya, jangan lupa mampir ke Pasar Grosir Sentono juga ya. Untuk beli kain batik sebagai oleh-oleh keluarga, maupun teman.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Makan Tauto Pekalongan di Berbagai Kota

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

Semoga artikel ini bermanfaat. Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Indra Zakaria

Just For You