Comscore Tracker

10 Wisata Indah ala Kota Pesisir di Indonesia, Gak Melulu Pantai!

Bisa jadi referensi, nih!

Identik dengan pantai, banyak dari kita berpikir jika kota yang letaknya di pesisir selalu mengandalkan pantainya yang eksotis sebagai tempat wisata. Padahal, kota pesisir gak melulu pantai lho!

Sebagai bukti, 10 wisata indah ala kota pesisir di Indonesia ini bisa kalian tuju selagi berlibur di salah satunya.

1. Waduk Jeulikat, Lhoksumawe

10 Wisata Indah ala Kota Pesisir di Indonesia, Gak Melulu Pantai!instagram.com/muksal_mina

Waduk Jeulikat menjadi tempat asri di tengah kota Lhoksumawe yang bisa kalian tuju selagi berlibur di sini. Di dalamnya terdapat banyak varietas tanaman yang menyedapkan mata saat memandang.

Terletak di wilayah Blang Mangat, Waduk Jeulikat memiliki waktu operasional setiap hari mulai pukul 09.30-18.00. Jangan khawatir soal biaya! Menikmati sejuknya udara di sekitar waduk hingga mengabadikan momen dengan berfoto ria, kamu tidak dibebankan tarif kok alias gratis.

2. Puncak Mas, Bandar Lampung

10 Wisata Indah ala Kota Pesisir di Indonesia, Gak Melulu Pantai!instagram.com/amaliavikaa09_

Menikmati cakrawala kota dengan memandanginya dari ketinggian, hal menarik utama yang ditawarkan oleh wisata Puncak Mas yang berlokasi di Tanjung Karang Barat.

Selain instalasi untuk memandang, di sini terdapat pula spot bermain untuk anak-anak. Jadi, jangan ragu memboyong keluarga ke sini! Tiket masuk Puncak Mas dikenakan tarif sebesar Rp20 ribu, dengan jam buka mulai pukul 08.00-23.00.

Baca Juga: Libur ke Nias Selatan, 6 Pantai Ini Wajib Kamu Kunjungi

3. Ekowisata Mangrove Wonorejo, Surabaya

10 Wisata Indah ala Kota Pesisir di Indonesia, Gak Melulu Pantai!instagram.com/arizzack

Buka setiap hari mulai pukul 08.00-18.00, Ekowisata Mangrove Wonorejo tidak sekadar tempat wisata yang asyik untuk dikunjungi tetapi juga tempat yang memberi banyak nilai edukasi kepada pengunjung akan pentingnya hutan bakau.

Biaya masuk wisata yang terletak di Rangkut ini, gratis. Namun jika pengunjung ingin menjelajahi luasnya hutan bakau dengan menaikki kapal, akan dikenakan tarif sebesar Rp15-25 ribu.

4. Telaga Remis, Cirebon

10 Wisata Indah ala Kota Pesisir di Indonesia, Gak Melulu Pantai!instagram.com/leliyajuleha_12

Meski keindahannya diselimuti pula oleh mitos yang berkembang, tidak mengurangi kecantikan Telaga Remis yang terletak di Kabupaten Kuningan ini. Wisata indah yang dikelilingi hijaunya pepohonan ini, asyik banget untuk refresh pikiran.

Sering dimanfaatkan pula sebagai spot pre-wedding, Telaga Remis buka setiap hari mulai pukul 08.00-17.25. Biaya untuk menikmati panorama telaga ini dipatok dengan tarif sekitar Rp8 ribu.

5. Baloy Adat Rumah Tidung, Tarakan

10 Wisata Indah ala Kota Pesisir di Indonesia, Gak Melulu Pantai!instagram.com/abdullah_ghany

Jalan-jalan berfaedah nih! Baloy Adat Rumah Tidung ialah museum bersejarah yang berlokasi di wilayah Tarakan Tengah. Di dalamnya, terdapat banyak furniture serta singgasana khas Suku Tidung.

Dikenakan tarif masuk sebesar Rp15 ribu, puaskan diri dengan menelusuri setiap sudut rumah adat yang dilengkapi pula oleh kolam ikan. Tapi ingat, ya! Jangan sampai merusak tatanan benda-benda bersejarah di museum ini.

6. Air Terjun Kali, Manado

10 Wisata Indah ala Kota Pesisir di Indonesia, Gak Melulu Pantai!instagram.com/pstrjasper

Tidak dikenakan tarif masuk, membuat sempurna liburanmu di sini. Air terjun yang konon tempat mandi bidadari ini berlokasi di Minahasa. Selama berada di Air Terjun Kali, kamu akan dibuat kagum dengan mahakarya Sang Pencipta yang begitu indah ini.

Pada muara air terjun, terdapat sebuah jembatan yang tidak hanya digunakan sebagai fasilitas penyeberangan. Banyak pula yang memanfaatkannya sebagai spot untuk memandangi keindahan air terjun dari dekat.

Baca Juga: 5 Pantai di Garut Ini Patut Dikunjungi untuk Liburan

7. Museum Siwalima, Ambon

10 Wisata Indah ala Kota Pesisir di Indonesia, Gak Melulu Pantai!instagram.com/mhidayatullah01

Punya view cantik berupa keindahan teluk yang ada di depannya, berkeliling di Museum Siwalima menjadi salah satu hal menarik selama berlibur di kota Ambon.

Buka setiap hari Senin-Jumat mulai pukul 08.00-16.00, di dalam museum terdapat banyak koleksi yang menarik perhatian seperti kerangka ikan paus, benda-benda tradisional yang digunakan untuk melaut, hingga bangunan adat atau pakaian tradisional khas Maluku.

8. Kali Biru Genyem, Jayapura

10 Wisata Indah ala Kota Pesisir di Indonesia, Gak Melulu Pantai!instagram.com/victor_yom

Gak cuma di pedalaman Raja Ampat, kalian akan dapati cantiknya Kalibiru. Di Jayapura, tepatnya pada wilayah Nimbokrang ada juga lho sungai Kali Biru Genyem yang menjadi objek wisata indah di kota ini.

Tidak ada biaya masuk, tapi setiap wisatawan wajib membayar biaya parkir berkisar Rp10-50 ribu. Namun, biaya tersebut tak sebanding dengan indahnya sungai nan jernih dan bersih yang punya warna biru ini. 

9. Gua Kristal, Kupang

10 Wisata Indah ala Kota Pesisir di Indonesia, Gak Melulu Pantai!instagram.com/rendibudiman

Ada lagi nih, yang punya view berwarna biru di Kupang Barat yaitu Gua Kristal. Pemandangan dari luar nampak biasa. Siapa sangka? Panorama dalam gua luar biasa menakjubkan dengan kolam air berwarna biru dan begitu jernih, yang bikin siapa saja kagum begitu melihatnya.

Tidak dipungut biaya untuk menikmati keindahan Gua Kristal ini, akan tetapi jangan lupa membayar seikhlasnya kepada pemandu wisata setempat yang mengarahkan ke gua ini.

10. Monumen Bajra Sandhi, Denpasar

10 Wisata Indah ala Kota Pesisir di Indonesia, Gak Melulu Pantai!instagram.com/yayanpanca

Bali memang surganya pantai-pantai cantik. Di kota pesisirnya yaitu Denpasar, banyak wisata indah yang bisa kalian tuju selain pantai yaitu Monumen Bajra Sandhi.

Dengan arsitektur bangunan khas Bali, monumen ini adalah simbol perjuangan rakyat sekaligus melestarikan budaya Bali kepada kaum muda sebagai penerus bangsa. Buka setiap hari mulai pukul 08.00-18.00, biaya masuk Monumen Bajra Sandhi cukup merogoh kocek sekitar Rp25 ribu.

Gak melulu pantai kan? Wisata indah yang telah disebutkan tadi bisa jadi rujukan selama kamu berada di salah satu dari sepuluh kota pesisir tadi. Jangan lupa untuk dikunjungi, ya!

Baca Juga: 8 Pulau Kecil di Makassar Ini Bisa Jadi Destinasi Menarik saat Liburan

Tifani Topan Photo Verified Writer Tifani Topan

Mohon maaf jika terjadi kesalahan penulisan maupun informasi. Terima kasih

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You