Comscore Tracker

9 Wisata Religi Wali Songo di Pulau Jawa, Menentramkan Hati!

Sarat akan nilai agama, sejarah, dan budaya #LokalIDN

Menelusuri perkembangan agama Islam di Pulau Jawa tak lengkap rasanya bila tidak mengunjungi makam Wali Songo. Tersebar di seluruh Pulau Jawa, makam Wali Songo bisa dengan mudah ditempuh melalui perjalanan darat.

Di hari biasa atau ramadan, makam para Wali Songo selalu ramai dipenuhi peziarah yang ingin ngalap berkah atau mencari berkah dengan cara berziarah dan berdoa di pusara sang sunan. Tertarik mengunjunginya? Berikut lokasinya. 

1. Makam Sunan Kalijaga

9 Wisata Religi Wali Songo di Pulau Jawa, Menentramkan Hati!Makam Sunan Kalijaga (instagram.com/wartademak)

Makam Sunan Kalijaga berada tak jauh dari Masjid Agung Demak. Makam Sunan Kalijaga tak pernah sepi pengunjung terutama di bulan-bulan suci umat Islam. 

Makam Sunan Kalijaga terletak di dalam sebuah cungkup berbentuk joglo besar dengan ukiran kaligrafi di bagian dindingnya. Sebagai wali besar penyebar agama Islam di Pulau Jawa, Sunan Kalijaga memanfaatkan seni wayang, tembang, dan gamelan sebagai media dakwahnya. 

Lokasi : Jl. Raden Sahid, Kadilangu, Kecamatan Demak, Kabupaten Demak, Jawa Tengah

Jam operasional : 24 jam

2. Makam Sunan Kudus

9 Wisata Religi Wali Songo di Pulau Jawa, Menentramkan Hati!Makam Sunan Kudus (instagram.com/indra_mawantoo)

Makam Sunan Kudus terletak di belakang menara dan Masjid Kudus yang memiliki arsitektur perpaduan agama Buddha dan Islam. Kompleks makam dipenuhi gapura paduraksa dan candi di dalamnya. Banyak pula arca di dalam kompleks makam Sunan  Kudus.

Untuk makam utama yaitu milik Sunan Kudus berupa cungkup berbentuk kubus yang dindingnya terbuat dari batu kapur. Tak lupa sejumlah ukiran dan ornamen khas menghiasi setiap sisi cungkup.

Lokasi : Gang Kauman, Pejaten, Kecamatan Kudus, Kabupaten Kudus.

Jam operasional : Jam 5 pagi - 22.00 malam.

3. Makam Sunan Gunung Jati

9 Wisata Religi Wali Songo di Pulau Jawa, Menentramkan Hati!Makam Sunan Gunung Jati (instagram.com/uyun_arofah)

Berada di Desa Astana, Kecamatan Gunung Jati, Cirebon; makam Sunan Gunung Jati memiliki 9 pintu utama yang tak sembarangan bisa dilewati peziarah. Hanya keturunan asli dari Sunan Gunung Jati saja yang boleh masuk hingga pintu utama sedangkan peziarah hanya diperbolehkan sampai pada pintu kelima saja.

Selain itu yang menarik adalah arsitektur Arab, Jawa, dan Tiongkok yang tergambar jelas pada setiap sudut kompleks makam Sunan Gunung Jati. Hal ini bisa dilihat dari adanya porselen, keramik, dan ukiran kaligrafi yang ada di sana. 

Lokasi : Jl. Alun-alun Ciledug No 53, Astana, Kecamatan Gunung Jati, Cirebon, Jawa Barat 45151.

Jam operasional : Buka 24 jam.

4. Makam Sunan Ampel

9 Wisata Religi Wali Songo di Pulau Jawa, Menentramkan Hati!Makam Sunan Ampel (instagram.com/agusramanto)

Dikenal memiliki peran penting dalam penyebaran agama Islam di Pulau Jawa, Sunan Ampel merupakan ayahanda dari Sunan Bonang dan Drajat.

Di kompleks makam Sunan Ampel ini, ada gapuro limo yang menjadi pintu masuk menuju area utama. Selain itu kompleks makam Sunan Ampel ini bersebelahan dengan Masjid Ampel yang selalu ramai akan penjual makanana maupun souvenir.

Selain berwisata religi, para peziarah dapat langsung mencicipi aneka kuliner, jajanan, dan membeli souvenir yang ada di sekitar kompleks makam. 

Lokasi : Jalan Ampel,  Petukangan I,  Ampel, Kecamatan Semampir, Surabaya.

Jam operasional : buka 24 jam.


Baca Juga: 5 Kuliner Lokal Kesukaan Wali Songo, Langka tapi Masih Bisa Dijumpai!

5. Makam Sunan Giri

9 Wisata Religi Wali Songo di Pulau Jawa, Menentramkan Hati!Makam Sunan Giri (instagram.com/satoya92)

Sunan Giri merupakan salah satu wali yang mensyiarkan agama Islam di Gresik, Jawa Timur. Kompleks makam sunan Giri yang kini banyak dikunjungi peziarah dulunya merupakan lokasi kerajaan Giri Kedaton.

Saat akan memasuki makam Sunan Giri, ada deretan anak tangga yang harus dilalui untuk mencapai pintu masuk menuju kompleks utama makam Sunan Giri. 

Lokasi : Jl. Sunan Giri, Pedukuhan, Kebomas, Kecamatan Kebomas, Kabupaten Gresik.

Jam operasional : Buka 24 jam.

6. Makam Sunan Bonang

9 Wisata Religi Wali Songo di Pulau Jawa, Menentramkan Hati!Makam Sunan Bonang (instagram.com/travellenses_)

Sunan Bonang merupakan putra dari Sunan Ampel yang berdakwah di daerah Tuban, Jawa Timur. Memiliki nama Raden Maulana Makdum Ibrahim, Sunan Bonang juga dikenal sebagai guru dari Sunan Kalijaga, Kudus, Drajad dan Muria.

Pada tahun 1525 Sunan Bonang wafat dan dimakamkan di Desa Tuban. Kompleks makam Sunan Bonang yang ada di Tuban, memiliki tiga teras yang memisahkan setiap bagiannya.

Lokasi kompleks makam dibuat berundak, semakin ke belakang semakin tinggi. Hal ini karena di bagian paling belakang merupakan makam Sunan Bonang dan keluarga inti. 

Lokasi : Jalan K.H Mustain, Kutorejo, Kecamatan Tuban, Kabupaten Tuban, Jawa Timur. 

Jam operasional : buka 24 jam.

7. Makam Sunan Muria

9 Wisata Religi Wali Songo di Pulau Jawa, Menentramkan Hati!Makam Sunan Muria (instagram.com/otnawsis33)

Makam Sunan Muria terletak di ketinggian 1600 mdpl di lereng Gunung Muria. Untuk mencapai makam sunan termuda di Pulau Jawa ini, peziarah harus menapaki ratusan anak tangga dari tempat parkir. Namun bila dirasa tak sanggup, ada ojek yang siap mengantarkan para peziarah menuju tempat peristirahatan terakhir Sunan Muria.

Selain makam, di sana terdapat masjid yang dibangun oleh Sunan Muria sebagai tempat berdakwah dan beribadah. 

Lokasi : Jl. Makam Sunan Muria, Japan, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah.

Jam operasional : Buka 24 jam.

8. Makam Sunan Drajat

9 Wisata Religi Wali Songo di Pulau Jawa, Menentramkan Hati!Makam Sunan Drajat (instagram.com/ikefirdhayani)

Berada di Desa Drajat, Paciran, Lamongan, makam Sunan Drajat memiliki tujuh tingkatan. Setiap tingkatannya terdapat teras yang memisahkan.

Makam Sunan Drajat sendiri ada di tingkat paling atas yaitu ketujuh. Selain makam Sunan Drajat terdapat pula makam istri serta keturunan Sunan Drajat. Sunan Drajat sendiri merupakan anak dari Sunan Ampel. Dirinya dikenal lewat cara dakwahnya yang menggunakan kesenian dengan menciptakan tembang macapat pangkur. 

Lokasi : Desa Drajat, Kecamatan Pasiran, Kabupaten Pacitan. 

Jam operasional : Buka 24 jam.

9. Makam Sunan Gresik

9 Wisata Religi Wali Songo di Pulau Jawa, Menentramkan Hati!Makam Sunan Gresik (instagram.com/adi_abdul_aziz28)

Sunan Gresik merupakan wali tertua dan orang pertama yang menyebarkan agama islam di Pulau Jawa.

Memiliki nama asli Syekh Maulana Malik Ibrahim, Sunan Gresik dimakamkan di Desa Gapuro, Sukolilo, Gresik; yang lokasinya tak jauh dari Alun-alun Kota Gresik.

Seperti makam Sunan lainnya, Makam Sunan Gresik juga banyak dihiasi kaligrafi. Satu yang menarik dari kompleks makam Sunan Gresik adalah adanya Gapura Paduraksa yang masih berdiri kokoh di dalamnya. 

Lokasi : Jalan Malik Ibrahim no 52-62,  Gapuro Sukolilo, Bedilan, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik, Jawa Timur. 

Jam operasional : Buka 24 jam.

Wisata ziarah sekaligus religi di makam wali songo memiliki daya tarik tersendiri bagi umat islam di Indonesia. Bahkan biasanya menjadi agenda rutin setiap tahunnya, baik di hari biasa maupun bulan Ramadan.

Baca Juga: 5 Fakta Candi Gedong Songo, Candi yang Berada di Lereng Gunung Ungaran

Natasha Wiyanti Photo Verified Writer Natasha Wiyanti

I'm still beginner of everything

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya