Comscore Tracker

10 Tempat Wisata Palembang yang Sayang Kamu Lewatkan

Ini nih destinasi wisata yang instagramable di Palembang

Anak zaman sekarang atau yang biasa disebut anak zaman now pasti gak mau ketinggalan banget dengan perkembangan dunia maya. Biasanya mereka ingin lebih keliatan eksis di dunia maya dibanding dunia nyata. Instagram adalah salah satu dunia maya yang paling digemari zaman sekarang. Jika kamu bisa menampilkan foto-foto di tempat yang instagramabel atau makanan yang bisa dipamerin di postingan instagram dan kamu pasti memiliki follower yang banyak. Nah kalau anda berkunjung ke Kota Palembang, ada beberapa tempat yang termasuk instagramable di Kota Palembang.

1. Ampera Bridge

10 Tempat Wisata Palembang yang Sayang Kamu LewatkanInstagram.com/bimasena05

Siapa yang tidak tahu tentang Ampera Bridge yang sudah terkenal di Indonesia ini. Ampera Bridge atau Jembatan Ampera merupakan salah satu icon Kota Palembang. Jembatan tersebut juga memiliki nilai sejarah. Kalau anda memiliki hobi foto-foto maka saya wajib merekomendasikan Jembatan Ampera sebagai koleksi foto pribadi kalian apalagi pada saat malam, Jembatan Ampera yang sangat indah dengan hiasan lampu-lampu warnanya. Nah kalau kalian berkunjung ke Palembang, belum afdol kalau tidak ke Jembatan Ampera. Pas bangetkan foto-foto di Jembatan Ampera ini dan menambah postingan instagrammu makin keren.

2. Kampung Arab Al Munawar

10 Tempat Wisata Palembang yang Sayang Kamu LewatkanInstagram.com/pesonasriwijaya

Kalo kalian orang Palembang yang tinggal di sebrang ulu mungkin akan kenal dengan Kampung Arab. Kampung tersebut terletak di jajaran perkampungan Arab di Kota Palembang. Kampung ini telah disahkan oleh Dinas Pariwisata Kota Palembang  untuk menjadi destinasi pariwisata kota tersebut. Kampung ini menyimpan cerita sejarah dan arsitektur bangunan tua yang bagus banget buat foto.

Terkesan misterius, vintage dan juga unik, karena beberapa bangunan memang mempertahankan desain aslinya. Desain asli kampung tersebut yang tentu saja percampuran antara ukiran Palembang dengan style rumah Arab yang kental. Dan inilah yang menjadi ciri khas di setiap foto yang akan diambil dari berbagai sudut di Kampung Arab ini. Foto kalian akan membawa setiap orang melihatnya menjadi kembali ke masa lampau.

3. Masjid Cengho Palembang

10 Tempat Wisata Palembang yang Sayang Kamu LewatkanInstagram.com/show_fian

Masjid ini memiliki cerita cukup panjang, dibangun oleh orang keturunanan Tionghoa yang masuk ke dalam Agama Islam dan mendirikan sebuah masjid. Tak heran bangunan masjid tersebut memiliki perpaduan antara warna merah dan emas yang sangat mencolok. Karena keunikan masjid tersebut menjadikan Masjid Cengho Palembang banyak didatangi oleh wisatawan sebagai objek pariwisata dan tempat foto yang tidak bisa dilewatkan jika berkunjung ke Kota Palembang.

4. Pedestrian Sudirman Walk

10 Tempat Wisata Palembang yang Sayang Kamu LewatkanInstagram.com/ferrykamaruzaman

Kalau di Yogyakarta ada Malioboro di Palembang ada Pedestrian  Sudirman Walk Palembang. Pedestrian Sudirman Walk merupakan ikon Kota Palembang terbaru. Dinas pariwisata Kota Palembang merubah jalanan yang dulunya terlihat padat menjadi jalan yang indah karena dihiasi oleh lampu dan kursi taman. Tak heran banyak anak muda-mudi bahkan pasangan pengantin untuk menjadikan tempat ini sebagai lokasi prewedding.

Lampu yang ada ditepian jalan tersebut pada malam hari menjadikan jalan seperti jalan-jalan ya ada di luar negeri. Jika kalian berkunjung pada malam libur atau malam diakhir pekan, maka kalian akan menemukan suasana jalanan yang berubah menjadi pusat hiburan dan jajanan malam. Nah sebaliknya, jika kalian berkunjung pada hari biasa, maka kalian bisa mengambil foto dengan view jalanan nan sepi yang dihiasi oleh lampu-lampu bergantungan serta beberapa kursi taman. Tentu saja ini membuat foto kalian lebih indah.

Baca Juga: Mengenal Kue 8 Jam, Makanan Unik dari Palembang

5. Food Street

10 Tempat Wisata Palembang yang Sayang Kamu LewatkanInstagram.com/heruprasetio99

Food Street Kota Palembang ini dinamai Lorong Basah Night Culiner. Tempat ini biasa buka pada malam hari. Sebenarnya tempat tersebut diperuntukkan sebagai tempat jajanan malam di Kota Palembang. Namun, jika kalian adalah fotografer makanan, kalian akan melihat tempat tersebut seperti surga untuk mengambil objek foto. Suasana dan desain tempat yang memang dibuat menyerupai food street di luar negeri itu, menjadikan Lorong Basah Night Culiner memang memiliki ciri khas tersendiri. Jadi kalian gak usah jauh-jauh ke luar negeri ya guys, cukup datang ke Lorong Basah Palembang saja. Kalian akan dapet foto seperti di food street Thailand.

6. Jakabaring Sport City

10 Tempat Wisata Palembang yang Sayang Kamu LewatkanInstagram.com/indirapramanaa

Bagi kalian penggemar olahraga pasti tidak asing lagi dengan nama Jakabaring. Tempat tersebut sering kali menjadi pusat gelanggang berbagai ajang olahraga dunia pada saat Indonesia menjadi tuan rumah. Tak heran desain Jakabaring Sport City (JSC) ini sangat berkelas, karena memang diperuntukkan sebagai wajah Indonesia untuk di tunjukkan kepada negara-negara lain. Jika kalian ingin foto-foto disini, maka kalian akan melihat tempat tersebut sebagai surganya pengambilan gambar, karena memiliki wilayah yang luas dan memilik berbagai spot untuk foto-foto.

7. Kampung Mural

10 Tempat Wisata Palembang yang Sayang Kamu LewatkanInstagram.com/maiyasasha

Kampung Mural sebenarnya merupakan destinasi di kota Palembang. Namun dengan desain warna-warninya kalian akan menemukan lokasi foto yang ciamik untuk di foto, karena beberapa bagian di tempat tersebut memang diperuntukkan sebagai objek pengambil foto. Tak heran jika kita berfoto disini maka halaman instagram akan lebih berwarna dan cerah ceria.

8. Al Quran Akbar

10 Tempat Wisata Palembang yang Sayang Kamu LewatkanInstagram.com/kamerashaful

Jika kalian ke Alquran Akbar maka kalian tidak hanya berwisata religi, namun kalian akan menemukan salah satu seni yang sangat indah. Ayat-ayat al-quran yang indah diukir di papan kayu yang besar dan disusun dengan sangat rapi. Jika kalian yang akan mengangkat tema religi untuk dijadikan pengambilan gambar maka tempat ini sangatlah pas, Karena lembaran perlembar al-quran diukir dengan tinta emas menjadikan tempat ini memiliki nilai seni dan nilai religi yang tinggi.

9. Tepian Sungai Sekanak

10 Tempat Wisata Palembang yang Sayang Kamu LewatkanInstagram.com

Mungkin jika kalian melihat tepian  anak Sungai Musi khusunya di daerah Tepian Sungai Sekanak pada zaman dahulu, kalian tidak akan percaya dengan keadaan yang sekarang. Untuk kalian yang memiliki hobi berfoto-foto, maka kalian wajib datang ketempat ini. Kalian akan menemukan objek yang unik dengan tepian sungai di lukis dengan indah. Beberapa rumah masyarakat yang berjajar rapat dan berwarna-warni menjadikan tempat ini menjadi objek foto yang instagramable sekali.

10. Pulau Kemarao

10 Tempat Wisata Palembang yang Sayang Kamu LewatkanInstagram.com/tourpalembang

Banyak cerita legenda di Kota Palembang yang berkembang, salah satunya merupakan legenda Pulau Kemaro. Hingga saat ini lokasi legenda tersebut semakin berkembang. Tak heran jika pada perayaan Cap Gomey maka pulau ini berubah menjadi warna merah nan menyala. Jika kalian datang dihari tersebut maka kalian akan mendapatkan hasil foto yang luar biasa indah, karena warna merah yang menyala menjadikan hasil foto seperti hidup dan bernyawa.

Nah.... buat kalian yang tinggal di Kota Palembang atau hanya sekedar mampir liburan di Palembang, daftar tempat-tempat yang ciamik buat foto-foto tersebut pasti berguna sekali. Eksis itu sebenarnya tak perlu mahal, cukup kalian tau banyak hal untuk foto-fotomu terlihat lebih instagramabel.

Baca Juga: Selain Pempek, Ini 5 Makanan Khas Palembang yang Harus Dicoba

Sigit Prasetya Photo Writer Sigit Prasetya

Mahasiswa Fakultas Ilmu Keguruan Jurusan Pendidikan Sejarah di UHAMKA. gemar mendaki gunung dan menulis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Novaya

Berita Terkini Lainnya