Comscore Tracker

5 Tempat Menyenangkan di Kaliurang untuk Liburan Keluarga

#PiknikAsik Bisa rekreasi sekaligus edukasi

Terletak di lereng selatan Gunung Merapi yang megah di tepat di pinggiran Yogyakarta, Kaliurang memancarkan rasa ketenangan yang berbeda. Sebuah tempat pelarian yang damai dari panas dan hiruk pikuk kehidupan kota, Kaliurang adalah tempat yang sempurna untuk bersantai, menenangkan diri dengan ditemani angin gunung yang sejuk nan menyegarkan.

Kota kecil ini juga tumbuh menjadi tujuan favorit, tidak hanya untuk orang Yogyakarta, tetapi juga wisatawan domestik dan internasional. Menawarkan pemandangan hijau yang subur dan udara sejuk yang menyegarkan, Kaliurang juga memiliki banyak atraksi menyenangkan dan tempat-tempat indah yang menawarkan pengalaman hebat bagi wisatawan dari segala usia. Nah, inilah beberapa tempat menarik yang bisa kamu kunjungi.

1. Bukit Klangon

5 Tempat Menyenangkan di Kaliurang untuk Liburan Keluargajogjaspace.com

Bayangkan pemandangan hijau subur, kabut tebal berguling menuruni bukit, dan gunung berapi yang megah menjulang ke langit sebagai latar belakang. Inilah yang menanti kita di Bukit Klangon yang berada di Kaliurang.

Titik yang menguntungkan di bukit ini akan memberi kita pemandangan Gunung Merapi dan daerah sekitarnya yang paling indah. Angin sejuk menyegarkan saat kabut bergulir menuruni lereng juga mampu memberi kita rasa ketenangan. Untuk pengalaman yang lebih lengkap dan bermakna, kita dapat memasang tenda dan berkemah di area berkemah yang tersedia dan menikmati keindahan alam.

2. The Lost World Castle

5 Tempat Menyenangkan di Kaliurang untuk Liburan Keluargayoutube.com/unan seanders

Sebuah puri abad pertengahan dengan ukuran besar di bukit hijau subur menghadap Gunung Merapi yang megah di cakrawala, tempat ini sudah pasti merupakan situs untuk mengambil foto Instagram yang sempurna. Di dalam kastil ini kita akan menemukan sejumlah tempat khusus untuk foto-foto seperti gerbang surga dengan sebuah tangga yang mengarah ke langit, dan sayap malaikat raksasa di mana kita dapat berpose seolah-olah kita adalah seorang malaikat terbang di antara awan.

Ada juga lukisan yang dapat menghasilkan gambar 3D yang unik. The Lost World Castle berfungsi sebagai pengingat atas apa yang terjadi di area tersebut selama letusan pada tahun 2006 silam. Tempat itu telah menjadi bagian dari Desa Kepuharjo yang luas, sebelum letusan dahsyat menghancurkan seluruh area dan semua rumah disapu bersih. Kastil ini dibangun menggunakan bebatuan dan batu vulkanik dari bekas letusan.

Baca Juga: 10 Potret Cantik Rumah Teletubbies di Yogyakarta, Instagramable Abis!

3. Museum Gunung Merapi

5 Tempat Menyenangkan di Kaliurang untuk Liburan Keluargaarmoroof.com

Sebagai salah satu gunung berapi paling aktif di bumi, Gunung Merapi memegang peran sakral dalam budaya dan tradisi masyarakat Jawa. Museum ini menyajikan semua yang perlu kita ketahui tentang gunung berapi, seperti sejarahnya, makna budaya, dan banyak lagi. Di sini, kita juga dapat mengamati sisa-sisa barang rumah tangga dan benda-benda lain, sebagai saksi bisu dari letusan terakhir yang terjadi pada tahun 2010 silam. Tempat ini bisa menjadi tempat rekreasi dan edukasi sehingga akan sangat cocok bagi keluarga untuk berkunjung ke tempat ini.

4. The World Landmarks - Merapi Park

5 Tempat Menyenangkan di Kaliurang untuk Liburan Keluargatrivindo.com

Terletak di sebelah Museum Gunung Merapi, Taman Merapi adalah taman rekreasi yang semakin populer karena tambahan terbaru yang disebut "The World's Landmarks". Didedikasikan untuk pecinta selfie dan mereka yang suka mengambil foto, The World Landmark memungkinkan kita untuk melakukan perjalanan keliling dunia tanpa harus jauh-jauh ke luar negeri dan mengambil gambar.

The Landmark adalah taman mini yang penuh dengan berbagai landmark ikonik seperti Menara Eiffel, Menara Miring Pisa, kincir angin kayu Belanda, dan banyak lagi. Kita dapat mengambil gambar di ikon dunia ini dengan Gunung Merapi berdiri anggun sebagai latar belakangnya.

5. Tlogo Putri

5 Tempat Menyenangkan di Kaliurang untuk Liburan Keluargatraviamgz.com

Jika kalian mencari tempat di mana kalian dan keluarga dapat bersenang-senang dalam berbagai kegiatan di lingkungan alam yang menyegarkan, Tlogo Putri di Kaliurang adalah tempat yang tepat. Tlogo atau Telaga dalam bahasa Indonesia diterjemahkan sebagai danau, maka jika diartikan, Tlogo Putri adalah danau buatan yang indah seperti seorang putri.

Menjelajahi danau dengan kano atau sepeda air, memompa adrenalin dengan meluncur turun dengan flying fox, bermain dengan anak-anak di ayunan, atau menjelajahi taman sambil menikmati angin sejuk menyegarkan, tempat ini benar-benar tempat yang sempurna untuk liburan keluarga.

Sudah siap menjelajahi daerah Kaliurang?

Baca Juga: 5 Tempat Belanja Kerajinan Tangan Keren di Yogyakarta

YOOL Photo Community Writer YOOL

Focus on me, like a meditation.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You