Comscore Tracker

10 Tempat Wisata Gratis di Thailand yang Instagramable

Liburan seru dengan budget minim setelah pandemi

Thailand memang selalu ramai diperbincangkan para pecinta traveling. Hal tersebut dikarenakan negeri Gajah Putih ini, memiliki beragam tempat wisata yang seru dan menarik.

Bahkan beberapa diantaranya ada yang bisa dikunjungi tanpa dikenakan biaya masuk alias gratis seperti sepuluh tempat wisata berikut.

1. Wat Intharawihan

10 Tempat Wisata Gratis di Thailand yang Instagramableinstagram.com/cathleesy

Perjalanan ke Thailand terasa kurang lengkap jika tidak mengunjungi kuilnya. Salah satu kuil di Thailand yang bisa dikunjungi secara gratis adalah Wat Intharawihan.

Yang paling terkenal dari kuil ini adalah adanya patung Buddha setinggi 32 meter, yang disebut-sebut yang paling tinggi di dunia.

Lokasi: 114, Wisut Kasat Road Bang Khun Phrom, Phra Nakhon, Bangkok 10200 Thailand

Jam operasional: 06.00–18.00

2. Wat Mahathat

10 Tempat Wisata Gratis di Thailand yang Instagramableinstagram.com/kevincrc10

Di Wat Mahathat terdapat satu spot yang sangat familiar di kalangan wisatawan, yaitu patung kepala Buddha yang letaknya ada di antara akar-akar pohon bodhi. Dibangun pada tahun 1374, Wat Mahathat memiliki prang bergaya Khmer yang tingginya mencapai 46 m.

Sayangnya, kini yang tersisa hanyalah tangga dan gundukan-gundukan besar dengan bentuk yang simetris.

Kabar baiknya, wisatawan yang datang ke Wat Mahathat juga bisa mengikuti kelas meditasi secara gratis dengan durasi kurang lebih selama 2 jam. Jadi, selain mendapatkan pengalaman berlibur yang menarik, tubuh juga bisa menjadi lebih rileks.

Lokasi: Ayutthaya Historical Park Pratuchai, Phra Nakhon Si Ayutthaya, Ayutthaya 13000 Thailand

Jam operasional: 06.30-17.30

3. Bangkok Art and Culture Center

10 Tempat Wisata Gratis di Thailand yang Instagramableinstagram.com/yvescmng

Bangkok Art and Culture Center merupakan bangunan empat lantai di mana masing-masing lantainya memiliki beragam koleksi karya seni modern yang menarik. Di lantai pertama pengunjung akan dibuat kagum dengan berbagai lukisan yang indah.

Sementara itu, di lantai kedua terdapat koleksi foto instagram yang unik dan toko yang menjual kerajinan tangan yang lucu. Sedangkan di lantai ketiga dan keempat dijadikan sebagai lokasi terbuka yang digunakan khusus untuk para pengunjung yang ingin belajar melukis.

Lokasi: 939 Rama I Rd, Wang Mai, Pathum Wan District, Bangkok 10330, Thailand

Jam operasional: 10.00–19.00

4. Asiatique The Riverfront

10 Tempat Wisata Gratis di Thailand yang Instagramableinstagram.com/mark.schubert_

Menginjakkan kaki di Asiatique The Riverfront pengunjung akan dihadapkan pada bangunan besar menyerupai gudang dengan deretan restoran yang menyajikan aneka menu makanan yang sangat menggugah selera. Selain makanan, di sini juga terdapat lebih dari 1.000 kios yang menjual berbagai macam barang berupa pakaian dan suvenir yang bisa dibawa pulang sebagai oleh-oleh untuk kerabat di tanah air.

Bukan hanya itu saja, di Asiatique The Riverfront terdapat sebuah wahana kincir raksasa yang tingginya mencapai 60 meter. Dari wahana ini pengunjung bisa menyaksikan keindahan kota Bangkok dari ketinggian.

​Lokasi: 2194 Charoen Krung Rd, Wat Phraya Krai, Bang Kho Laem, Bangkok 10120, Thailand

Jam operasional: 16.00–00.00

5. Suan Rot Fai

10 Tempat Wisata Gratis di Thailand yang Instagramableinstagram.com/mecraftymama

Suan Rot Fai merupakan sebuah taman hijau di tengah kota Bangkok yang nyaman dengan udara yang sangat segar. Bersepeda menyusuri taman dan piknik bersama keluarga atau teman adalah aktivitas yang biasanya dilakukan oleh para pengunjung.

Suan Rot Fai begitu populer sebab di tempat ini lah Bangkok Butterfly Garden & Insectariu berada. Itu adalah sebuah taman khusus yang berisi sekitar 500 jenis kupu-kupu dengan warna-warni sayap yang indah.

Lokasi: Kampaeng Phet 3 Road Lad Yao, Chatuchak, Bangkok 10900 Thailand

Jam operasional: 05.00 - 21.00

Baca Juga: Ke Thailand, Ini 5 Candi Tercantik di Ayutthaya yang Wajib Dikunjungi

6. Khao San Road

10 Tempat Wisata Gratis di Thailand yang Instagramableinstagram.com/camerainmyshoes

Khao San Road merupakan ruas jalan yang sangat ikonik di Bangkok yang tidak pernah sepi pengunjung. Kalau di Indonesia, tempat ini memiliki kemiripan dengan jalan Malioboro yang ada di Yogyakarta.

Di sepanjang jalan wisatawan akan disuguhkan dengan aneka ragam toko kelontong, street food, bar dan hostel.

Lokasi: Khwaeng Talad Yot, Khet Phra Nakhon, Bangkok 10200 Thailand

Jam operasional: 24 jam

7. Bang Krachao

10 Tempat Wisata Gratis di Thailand yang Instagramableinstagram.com/krapaoneungbai

Bang Krachao disebut-sebut sebagai paru-parunya kota Bangkok dikarenakan tempat ini memiliki banyak pohon berukuran besar yang dapat mengatasi polusi udara. Sebenarnya Bang Krachao merupakan sebuah pulau buatan yang terletak di sungai Chao Praya.

Di tempat ini juga ditumbuhi tanaman bakau yang jumlahnya ribuan. Semakin dalam wisatawan menyusuri Bang Krachao, mereka akan menemukan rumah pohon yang dibuat sangat kokoh dan indah.

Lokasi: Phra Pradaeng District, Samut Prakan, Thailand

Jam operasional: 10.00-17.00

8. Lumpini Park

10 Tempat Wisata Gratis di Thailand yang Instagramableinstagram.com/sharing.travels

Lumpini Park merupakan salah satu taman terbesar yang ada di kota Bangkok. Dapat dikunjungi secara gratis, taman ini adalah tempat terbaik untuk menenangkan diri dari hiruk pikuk kehidupan perkotaan.

Sejauh mata memandang, wisatawan dapat menyaksikan beraneka ragam pepohonan dan bunga-bunga tropis yang membuat suasana terasa begitu sejuk.

Lokasi: Rama IV Rd, Lumphini, Pathum Wan District, Bangkok 10330, Thailand

Jam operasional: 05.30–20.00

9. Khlong Bang Luang Artist Village

10 Tempat Wisata Gratis di Thailand yang Instagramableinstagram.com/tourismthailand

Bisa dikatakan bahwa Khlong Bang Luang Artist Village adalah tempat berkumpulnya komunitas para pecinta seni. Setiap saat, di sini diadakan pameran lukisan dari berbagai aliran.

Jangan lupakan juga kesempatan untuk menyaksikan pertunjukan wayang boneka yang digelar setiap hari, kecuali Rabu. Nantinya para penampil wayang boneka akan mengenakan kostum  berwarna hitam.

Cerita yang biasanya dimainkan adalah adegan-adegan dari kisah Ramakien. Walaupun dikemas dalam cerita yang sederhana, pengunjung pasti akan dibuat kagum dengan penampilan mereka ketika melakukan adegan akrobat.

Lokasi: Khuha Sawan, Phasi Charoen, Bangkok 10160, Thailand

Jam operasional: 10.00–18.00

10. Wat Saket

10 Tempat Wisata Gratis di Thailand yang Instagramableinstagram.com/kiryl.mazitau

Baca Juga: 5 Fakta Amphawa Floating Market, Pasar Apung Paling Hits di Thailand

Memiliki chedi berwarna kuning keemasan di atap kuil yang akan dilihat pertama kali oleh pengunjung menjadikan Wat Saket dikenal juga sebagai Gunung Emas. Ketika mengunjungi Wat Saket, jangan lupakan kesempatan untuk naik ke puncak melalui 300 anak tangga sebab pemandangan kota akan terlihat sangat mengagumkan dari sini.

Waktu terbaik untuk datang ke Wat Saket adalah di bulan November, karena pada saat itu ada pameran kuil selama acara Loy Krathong berlangsung.

Lokasi: 344 Thanon Chakkraphatdi Phong, Ban Bat, Pom Prap Sattru Phai, Bangkok 10100, Thailand

Jam operasional: 07.30 - 19.00

Nah, itu lah sepuluh tempat wisata di Thailand yang dapat dikunjungi secara gratis. Jadi, kamu masih bisa berlibur meskipun budget minim.

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :) IG: @sintalistiyana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Diana Hasna

Berita Terkini Lainnya