Comscore Tracker

Dijuluki Negara Api, Ini 5 Fakta Menarik Negara Azerbaijan

Negara ini kaya akan kandungan minyaknya

Azerbaijan merupakan sebuah negara dengan bentuk pemerintahan republik semi-presidensial yang terletak di jalur pegunungan Kaukasus atau tepatnya di persimpangan antara benua Eropa dan Asia Barat Daya. Azerbaijan berbatasan dengan Rusia dan Georgia di sebelah utara, Iran di sebelah selatan, Armenia di sebelah barat dan Laut Kaspia di sebelah timur.

Penduduk Azerbaijan mayoritas beragama Islam khas penganut Syiah dan Sunni. Mereka telah hidup berdampingan dengan rukun selama puluhan tahun.

Azerbaijan yang ibu kotanya terletak di Baku ini memiliki banyak tempat yang menarik untuk dikunjungi, seperti kota Skehi yang dulu sering didatangi para pedagang dari Tiongkok dan Eropa. Ada juga desa-desa yang menawarkan pemandangan indah di lembah pegunungan Kaukasus.

Nah, jika ingin mengetahui Azerbaijan lebih jauh lagi, berikut ini terdapat fakta-faktanya yang harus kamu tahu.

1. Kualitas minyak Azerbaijan terbaik di dunia

Dijuluki Negara Api, Ini 5 Fakta Menarik Negara Azerbaijanen.trend.az

Perekonomian negara Azerbaijan berasal dari minyak dan gas alam. Kualitas minyak dari Azerbaijan diakui dunia sebagai yang terbaik. Azerbaijan telah mengekspor minyaknya ke negara lain, salah satunya Indonesia. Sebagai penghasil minyak, Azerbaijan pun kini menjadi anggota OPEC (Organization of the Petroleum Exporting Countries).

2. Tingkat kriminalitas rendah

Dijuluki Negara Api, Ini 5 Fakta Menarik Negara Azerbaijantheculturetrip.com

Seperti Indonesia, Azerbaijan juga merupakan negara yang berkembang, namun tingkat kriminalitas di Azerbaijan tergolong rendah. Pasalnya peraturan di Azerbaijan sangat tegas. Apa pun jenis kejahatannya, negara ini tidak akan segan untuk menindak tegas para pelaku.

Baca Juga: 5 Tempat Menarik yang Bisa Kamu Kunjungi di Negara Api Azerbaijan

3. Memiliki gunung yang selalu mengeluarkan api

Dijuluki Negara Api, Ini 5 Fakta Menarik Negara Azerbaijanbaldhiker.com

Azerbaijan memiliki gunung yang selalu mengeluarkan api di sepanjang tahun bernama Yanar Dag. Gunung yang juga dikenal sebagai "Burning Mountain" ini menjadi salah satu tempat wisata andalan di Azerbaijan.

Yanar Dag memiliki tinggi sekitar 116 meter. Lokasinya ada di Absheron Peninsula 25 kilometer dari kota Baku. Api yang muncul disebabkan oleh kandungan minyak yang berlimpah. Karena alasan itulah Azerbaijan dikenal juga sebagai Negara Api.

4. Memiliki danau air asin terbesar di dunia

Dijuluki Negara Api, Ini 5 Fakta Menarik Negara Azerbaijanwilsoncenter.org

Azerbaijan memiliki danau air asin terbesar di dunia, yaitu laut Kaspia. Disebut dengan laut karena ukurannya sangat luas dan menyerupai laut. Luasnya mencapai 371.000 kilometer persegi dan memiliki kedalaman 1.025 meter. Laut Kaspia memiliki keunikan, yaitu air di dalamnya terasa asin.

5. Penduduk Azerbaijan memiliki tradisi meminum teh yang unik

Dijuluki Negara Api, Ini 5 Fakta Menarik Negara Azerbaijancaspiannews.com

Tradisi meminum teh tidak hanya ditemukan di Indonesia, tetapi juga di Azerbaijan. Teh sangat disukai oleh penduduk Azerbaijan. Mereka meminum teh dari gelas tradisional yang bentuknya menyerupai buah pear. Mereka meminum tehnya secara perlahan setelah sebelumnya memasukkan gula atau selai di dalam mulut.

Nah, itulah lima fakta menarik tentang negara Azerbaijan. Fakta nomor berapa yang baru kamu tahu, guys?

Baca Juga: 10 Fakta Unik Kepulauan Vanuatu, Negara Terbahagia Keempat Dunia

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya