Comscore Tracker

5 Fakta Unik Kosovo, Negara Termuda di Benua Eropa

Kosovo adalah negara Muslim terbesar di Eropa

Nama negara Kosovo mungkin masih terdengar asing di telinga. Hal tersebut wajar mengingat negara yang ada di sebelah tenggara Eropa tersebut baru memerdekakan diri pada tanggal 17 Februari 2008. Sebelumnya Kosovo merupakan bagian dari negara Serbia.

Nah, apabila ingin mengetahui Kosovo lebih dalam lagi, berikut beberapa fakta menariknya yang harus kamu tahu.

1. Memiliki lebih dari satu bahasa yang digunakan sehari-hari

5 Fakta Unik Kosovo, Negara Termuda di Benua Eropaeonreality.com

Kosovo berarti lapangan burung hitam. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, negara ini mendeklarasikan kemerdekaannya pada tanggal 17 Februari 2008.

Untuk mengabadikan momen kemerdekaan, dibangunlah sebuah monumen bernama Newborn Monument di kota Prishtina yang tidak lain merupakan ibu kota Kosova.

Bahasa resmi yang digunakan adalah Alabnia dan Serbia. Namun, selain dua bahasa tersebut, penduduk Kosovo juga menggunakan bahasa Bosnia, Turki, Romani, Kroasia, Inggris dan bahasa Eropa lainnya untuk komunikasi sehari-hari.

2. Mayoritas penduduknya beragama Islam

5 Fakta Unik Kosovo, Negara Termuda di Benua Eropaid.depositphotos.com

Jumlah penduduk negara Kosovo mendekati angka 2 juta. Dari jumlah tersebut 95,6% nya beragama Islam. Sisanya memeluk agama lain, seperti Kristen, Katolik Roma dan Ortodoks.

Maka tidak heran jika di Kosova begitu mudah untuk menemukan bangunan masjid yang sangat indah dan megah, mulai dari masjid Hadum, masjid Sinan Pasha hingga masjid Xhamia e Madhe.

Baca Juga: Ini 8 Destinasi Kece Milik Kosovo, Negara Muslim Terbesar di Eropa

3. Negara termuda di Eropa

5 Fakta Unik Kosovo, Negara Termuda di Benua Eropabalkaninsight.com

Kosovo dengan luas wilayah 10.887 km² memiliki lebih dari 70% populasi penduduk yang usianya di bawah 35 tahun. Ini menjadikannya sebagai negara termuda di seluruh benua Eropa. Bahkan pada tahun 2017 lalu usia rata-rata penduduknya adalah 29,1 tahun.

4. Wilayah Kosova dikelilingi pegunungan

5 Fakta Unik Kosovo, Negara Termuda di Benua Eropainstagram.com/jelena.jaranovic's

Negara Kosovo memiliki bentang alam yang sangat menakjubkan dengan dikelilingi oleh banyak pegunungan. Di antara Kosovo dan Montenegro misalnya, terdapat pegunungan Hajla yang puncaknya memiliki ketinggian mencapai 2.403 meter.

Sementara itu, pegunungan yang berada di antara Kosovo dan Macedonia bernama Peskovi. Sedangkan yang berada diantara Kosovo dan Albania adalah pegunungan Maja e Kallakabut Albania Kalabakut yang tingginya 2.174 meter.

5. Masyarakat Kosovo sangat ramah

5 Fakta Unik Kosovo, Negara Termuda di Benua Eropatimesofisrael.com

Salah satu faktor yang melatarbelakangi orang melakukan traveling ke suatu negara adalah sikap penduduk lokalnya. Kamu tidak perlu ragu apabila ingin berlibur ke Kosovo karena masyarakatnya terkenal sangat ramah dan bersahabat dengan para pendatang. Ketika mengalami kesulitan, maka orang-orang Kosovo tidak akan ragu untuk memberikanmu bantuan.

Nah, itulah fakta mengenai negara Kosovo yang perlu kamu tahu. Tertarik untuk mengunjungi negara ini?

Baca Juga: 7 Alasan Kamu Wajib Mengunjungi Serbia Minimal Sekali Seumur Hidup

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya