Comscore Tracker

Terus Dirundung Konflik, Ini 5 Fakta Unik Negara Afghanistan

Memiliki banyak hal menarik dari hanya sekadar perang

Apa yang pertama kali terlintas dalam benakmu ketika berbicara tentang negara Afganistan? Pasti sebagian besar dari kamu akan menjawab perang. Jawaban tersebut tidak sepenuhnya salah, karena memang di negara yang terletak di Asia Selatan ini perang telah terjadi selama kurang lebih 20 tahun lamanya.

Terlepas dari masalah yang sedang dihadapi oleh negara dengan luas wilayah 652.864 km² tersebut, negara Afganistan memiliki fakta-fakta unik dan menarik yang harus kamu tahu seperti berikut.

1. Afganistan didirikan oleh Dinasti Hotak dan Kekaisaran Durrani

Terus Dirundung Konflik, Ini 5 Fakta Unik Negara Afghanistanbritannica.com

Nama Afganistan memiliki arti tanah orang Afghan. Sebelumnya, Afganistan merupakan sebuah kerajaan yang didirikan oleh Dinasti Hotak pada  tahun 1709. Lalu oleh Kekaisaran Durrani pada tahun 1747 bentuk pemerintahan Afganistan berubah menjadi republik dengan ibu kota Kandahar. Semenjak itu Kekaisaran Durrani disebut-sebut sebagai pendiri negara Afganistan moderen.

Kemudian pada tahun 1773 pusat pemerintahan Afganistan dipindahkan ke kota Kabul oleh keturunan Kekaisaran Kandahar yang melanjutkan kekuasaannya.

2. Afganistan merayakan tahun baru pada tanggal 21 Maret

Terus Dirundung Konflik, Ini 5 Fakta Unik Negara Afghanistaniexplore.com

Jika pada umumnya orang-orang merayakan tahun baru pada tanggal 1 Januari, orang-orang Afganistan justru berbeda. Mereka memiliki perayaan tahun baru sendiri yang dinamakan Nawroz dan jatuh pada tanggal 21 Maret.

Setiap kali tahun baru tiba, penduduk Afganistan berbondong-bondong memenuhi kota Mazar-e-Sharif untuk ikut meramaikannya. Nawroz dilakukan secara turun-temurun dari sebelum Islam datang ke negara ini sampai sekarang.

Baca Juga: Super Menggiurkan, 7 Hidangan Afghanistan Ini Bikin Kamu Penasaran

3. Buzkashi adalah olahraga nasional Afganistan

Terus Dirundung Konflik, Ini 5 Fakta Unik Negara Afghanistanthehindu.com

Afganistan memiliki olahraga nasional yang dinamakan buzkashi. Buzkashi dimainkan oleh dua tim yang masing-masing anggotanya akan menunggang kuda untuk menangkap kambing.

4. Budaya Afganistan yang terkenal adalah syair atau puisi

Terus Dirundung Konflik, Ini 5 Fakta Unik Negara Afghanistanpulitzercenter.org

Budaya Afganistan yang terkenal dan sangat dihargai adalah puisi atau syair. Sudah lebih dari 1000 tahun lamanya orang-orang Afganistan terbiasa menulis syair-syair indahnya.

Rabu malam menjadi saat yang paling ditunggu-tunggu oleh orang-orang Afganistan. Pasalnya itu adalah waktu bagi mereka berkumpul di kota Herat untuk saling bertukar syair kuno dan modern. Kegiatan ini bebas diikuti oleh siapa saja, baik laki-laki, perempuan maupun anak-anak.

Saat acara berlangsung biasanya akan terdengar alunan musik tradisional Herati dan sajian aneka macam kue lezat dan minuman teh manis.

5. Kaya akan sumber daya alam

Terus Dirundung Konflik, Ini 5 Fakta Unik Negara Afghanistanmysalaam.com

Konflik yang berlangsung di Afganistan turut mempengaruhi perkembangan ekonomi di negara tersebut. Padahal Afganistan memiliki sumber daya alam yang melimpah. Contohnya di wilayah tenggara terdapat perak, emas, tembaga, seng dan bijih besi.

Sedangkan di wilayah timur laut terdapat batu mulia dan semi mulia. Sementara itu di utara terdapat cadangan minyak bumi dan gas alam. Sumber daya alam lain yang diprediksi bisa ditemukan di Afganistan yaitu batubara, uranium, chromites dan sulfur.

Nah, itulah lima fakta menarik dari negara Afganistan. Fakta nomor berapa yang baru kamu tahu?

Baca Juga: 5 Dessert Tradisional Khas Iran, Jarang Terekspos tapi Lezat!

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :) IG: @sintalistiyana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya