Comscore Tracker

5 Wisata di Hulu Sungai Selatan, Kalsel, yang Indahnya Gak Ada Obat!

Makin banyak bermunculan destinasi wisata baru, lho!

Saat kamu berkesempatan mengunjungi Provinsi Kalimantan Selatan, cobalah untuk tidak hanya menyusuri kawasan ibu kota saja. Sebab, meskipun bukan kawasan kota metropolitan, daerah-daerah tersebut memiliki pesona tersendiri yang dipastikan bisa membuat mata terpana.

Salah satu daerah di Provinsi Kalimantan Selatan yang sayang untuk dilewatkan adalah Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Kabupaten ini mulai ramai diperbincangkan setelah muncul banyak destinasi wisata baru yang menyuguhkan pesona luar biasa.

Untuk menjawab rasa penasaranmu, berikut ini terdapat 5 rekomendasi tempat wisata di Hulu Sungai Selatan yang hits dan indahnya tak ada obat. Simak, ya!

1. Tebing Batu Laki

5 Wisata di Hulu Sungai Selatan, Kalsel, yang Indahnya Gak Ada Obat!potret Tebing Batu Laki (instagram.com/nuraini_arisadewi)

Pertama, ada wisata andalan masyarakat setempat, yakni Tebing Batu Laki. Daya tarik destinasi wisata ini adalah pemandangan yang sangat menakjubkan saat matahari terbit dan matahari tenggelam.

Pengunjung biasanya berbondong-bondong datang di salah satu dari kedua waktu tersebut. Tak jarang, sembari menunggu fajar atau senja tiba mereka mendirikan tenda di tempat ini.

Tebing Batu Laki merupakan pegunungan batu kapur yang ukurannya cukup besar. Tebing ini memiliki pasangan yang dinamakan Tebing Batu Bini.

2. Loksado

5 Wisata di Hulu Sungai Selatan, Kalsel, yang Indahnya Gak Ada Obat!potret Loksado (instagram.com/pesona_hss)

Aktivitas yang tak boleh kamu lewatkan kala mengunjungi Loksado adalah bamboo rafting. Menaiki rakit yang terbuat dari bambu sembari menyusuri Sungai Amandit menjadi daya tarik utama destinasi wisata berikutnya di Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Kadang kala apabila aliran sungai cukup deras, rakit bambu akan sering menabrak deburan air yang menjadikan kegiatan ini terasa lebih seru dan menantang.

Di tengah-tengah perjalanan jelajah sungai, kamu akan dihibur oleh jongki yang menampilkan berbagai macam akrobat menarik. Mereka akan melompat dari atas perahu rakit membuat pengunjung bersorak-sorai. Sudah terbayang bagaimana serunya berlibur di sini, bukan?

Baca Juga: 5 Destinasi Wisata di Barito Kuala, Keindahannya Bikin Terpana 

3. Kalang Hadangan

5 Wisata di Hulu Sungai Selatan, Kalsel, yang Indahnya Gak Ada Obat!potret Kalang Hadangan (instagram.com/jupiter.zet)

Ingin melihat banyak kerbau? Datanglah ke Kalang Hadangan atau yang dikenal juga dengan nama Kerbau Rawa. Terdapat beberapa ekor kerbau yang dibiarkan hidup bebas di alam, namun, tetap dijaga dan diawasi oleh pemiliknya.

Untuk menuju ke Kalang Hadangan, kamu diharuskan naik perahu. Membawa anak-anak ke sini pasti akan sangat menyenangkan. 

4. Air Terjun Riam Hanai

5 Wisata di Hulu Sungai Selatan, Kalsel, yang Indahnya Gak Ada Obat!potret Air Terjun Riam Hanai (instagram.com/enjoy_kalsel)

Ketinggian air terjun hanya sekitar 4 meter saja. Air terjun Riam Hanai ini letaknya sedikit tertutupi oleh bebatuan. Airnya sangat jernih dan menyegarkan membuat siapa saja betah berlama-lama bermain air di kolam yang terletak tepat di bawah air terjun.

Lokasi air terjun dikelilingi oleh hutan yang lebat dan batu-batuan besar. Tak heran jika udaranya sangat sejuk dan suasananya begitu damai. Sayup-sayup kamu bisa mendengar suara burung berkicauan juga di sini.

5. Baruh Bunga

5 Wisata di Hulu Sungai Selatan, Kalsel, yang Indahnya Gak Ada Obat!potret Baruh Bunga (instagram.com/lk3banjarmasin)

Ingin berlibur bersama anak-anak atau keponakan? Maka tempat wisata yang tepat untuk dikunjungi adalah Baruh Bunga. Ada beragam jenis bunga tumbuh di sini. Tak hanya identik dengan bunga, tempat wisata ini juga dilengkapi dengan waterpark khusus untuk anak.

Berdiri di lahan yang cukup luas, di Baruh Bunga juga banyak wahana bermain seru yang menarik untuk dicoba. Jadi, selain berlibur, kamu juga bisa sekaligus menambah wawasan, lho!

Bagaimana? Destinasi wisata di Kabupaten Hulu Sungai Selatan juga sangat beragam dan tak kalah menarik dengan yang ada di kota-kota lainnya, bukan? Jadi, jangan lupa datang Kabupaten Hulu Sungai Selatan untuk melihat keindahannya secara langsung, ya!

Baca Juga: 9 Destinasi Wisata Danau Cantik yang Berada di Kalimantan Timur

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Kidung Swara Mardika

Berita Terkini Lainnya