Comscore Tracker

5 Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Kepulauan Alor, Asyik Banget!

Kekayaan alamnya bikin takjub

Kepulauan Alor merupakan kumpulan pulau yang terletak di provinsi Nusa Tenggara Timur. Daya tarik utama kepulauan Alor adalah adanya gugusan pulau yang indah dan air laut yang sangat jernih. Dengan kekayaan alam yang dimiliki tersebut membuat kepulauan Alor banyak dikunjungi oleh wisatawan lokal dan wisatawan mancanegara.

Berbagai pilihan kegiatan yang seru dan mengasyikkan pun bisa wisatawan lakukan di kepulauan Alor. Apa saja? Yuk, simak uraiannya berikut ini. 

1. Menyelam

5 Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Kepulauan Alor, Asyik Banget!instagram.com/abdulwahidola

Eksisnya kepulauan Alor sebagai salah satu tempat menyelam terbaik sudah terkenal hingga ke mancanegara. Siapapun pasti akan terpana melihat kekayaan bawah laut yang dimiliki kepulauan Alor. Jernihnya air laut membuat wisatawan bisa melihat dengan jelas keindahan terumbu karang dan berbagai hewan laut seperti hiu, lumba-lumba, paus, penyu, mola-mola, eagle ray dan masih banyak lagi yang lainnya.

2. Memasang dan mengangkat bubu

5 Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Kepulauan Alor, Asyik Banget!instagram.com/rusepnohassan

Bagi wisatawan yang melakukan penyelaman di kepulauan Alor selain bisa melihat terumbu karang dan makhluk hidup laut, mereka juga akan melihat sejenis benda berbentuk silinder besar yang terbuat dari anyaman. Benda itu oleh masyarakat sekitar dinamakan bubu. Bubu merupakan perangkap ikan tradisional.

Dengan berkunjung ke kepulauan Alor kamu berkesempatan untuk ikut menempatkan bubu di dasar laut bersama para nelayan lokal, lho. Yang unik dari kegiatan pemasangan dan pengangkatan bubu ini adalah para nelayan lokal tersebut bisa menyelam tanpa menggunakan bantuan alat pernapasan, lho. Bagaimana? Apakah kamu tertarik untuk mencobanya?

Baca Juga: 11 Potret Pantai Tablolong di NTT yang Indahnya Bikin Bengong

3. Bermain di pantai

5 Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Kepulauan Alor, Asyik Banget!instagram.com/nttadventure

Bisa dikatakan bahwa pantai adalah destinasi wajib yang harus dikunjungi wisatawan saat tiba di kepulauan Alor. Pantai-pantai di sini memiliki pemandangan yang bagus, warna air lautnya sangat jernih dengan hamparan pasir putih yang luas. Beberapa pantai yang terkenal diantaranya pantai Ling'Al, pantai Maimol, pantai Sabanjar, pantai Deere dan pantai Batu Putih. 

4. Berkunjung ke desa adat

5 Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Kepulauan Alor, Asyik Banget!instagram.com/takpala_

Sebagian masyarakat di kepulauan Alor masih memegang teguh adat istiadat dan kebudayaan dari nenek moyang. Maka, tidak heran apabila kampung adat masih banyak ditemui di sini. Setiap kampung adat memiliki kebudayaan yang berbeda dengan kampung adat lainnya. Beberapa kampung adat yang bisa dikunjungi wisatawan di antaranya kampung adat Takpala, kampung adat Monbang, kampung adat Latifui dan masih banyak lagi kampung adat lainnya yang bisa ditemukan di pedalaman Kepulauan Alor.

5. Berburu kain tenun ikat

5 Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Kepulauan Alor, Asyik Banget!instagram.com/gultomdidy

Kamu yang senang mengoleksi kain tradisional khas Nusantara sangat diwajibkan untuk berburu kain tenun ikat saat mengunjungi desa-desa adat di kepulauan Alor. Kain tenun ikat tersebut merupakan buatan asli masyarakat dari desa adat, lho. Dan kain tenun ikat yang terkenal sangat cantik ini juga ternyata memiliki pola yang berbeda antara daerah yang satu dengan daerah yang lainnya. Jadi, bagaimana guys? Sudah siap borong?

Nah, itu lah lima kegiatan seru yang bisa kamu lakukan saat mengunjungi kepulauan Alor. Jangan sampai kamu menyesal karena telah melewatkan salah satu kegiatannya, ya. 

Baca Juga: 5 Pantai Indah di Pulau Alor NTT yang Bikin Betah, Yuk Datang!

Sinta Listiyana Photo Community Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :) | IG: @sintalistiyana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Just For You