Comscore Tracker

Masih Asri, Ini 7 Pesona Fakfak yang Wajib Kamu Kunjungi

#PiknikAsik Tempat wisatanya lengkap banget, lho

Meskipun nama Kota Fakfak belum begitu familiar di telinga masyarakat Indonesia. Namun daerah yang masih termasuk ke dalam Provinsi Papua Barat ini memiliki pesona yang mengagumkan. Mulai dari wisata alam, wisata religi, wisata budaya hingga wisata sejarahnya yang sayang untuk kamu lewatkan. Mau tahu apa saja? Simak penjelasannya berikut ini, ya.

1. Air Terjun Kiti Kiti

Masih Asri, Ini 7 Pesona Fakfak yang Wajib Kamu Kunjungiinstagram.com/ignasagung

Air terjun ini adalah salah satu tujuan wisata paling populer di Papua Barat. Hal ini dikarenakan Air Terjun Kiti Kiti muara airnya langsung menuju ke laut lepas. Di sekeliling air terjun kamu akan dimanjakan dengan panorama wisata pegunungan, hutan hujan tropis dan pantai dengan air lautnya yang berwarna biru jernih.

Selain itu itu, kamu juga bisa menikmati keindahan alam bawah laut yang dihiasi dengan berbagai jenis ikan dan terumbu karang. Untuk bisa menikmati keindahan tersebut kamu diharuskan menyewa speed boat dari pelabuhan Fakfak dengan biaya sekita 3,5 juta rupiah, guys.

2. Air Terjun Tagor

Masih Asri, Ini 7 Pesona Fakfak yang Wajib Kamu Kunjungiinstagram.com/yudit343

Tidak semua orang bisa menikmati keindahan air terjun yang cukup tinggi ini karena akses menuju kesana yang tidak mudah. Para wisatawan diharuskan berjalan kaki melewati pinggiran sungai selama kurang lebih enam jam untuk bisa sampai ke sini, atau dengan melewati jalur bekas perusahaan kayu yang sekarang sudah ditumbuhi banyak semak belukar.

3. Pantai Patawana

Masih Asri, Ini 7 Pesona Fakfak yang Wajib Kamu Kunjungiinstagram.com/syam_ocean

Ekosistem Pantai Patawana masih terjaga dengan baik. Kamu akan dimanjakan dengan air lautnya yang berwarna biru jernih dan pasir putih pantai yang membentang luas serta banyaknya pohon kelapa yang pastinya membuat siapa saja betah berlama-lama di Pantai Patawana.

Habitat berbagai terumbu karang dan ikan bawah lautnya yang masih sangat asri tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Bagi penggemar surfing bisa mengunjungi pantai ini di bulan Agustus hingga Desember karena saat itulah mereka bisa menikmati ombak khas Pantai Patawana yang selalu ditunggu para pecinta surfing.

Baca Juga: Selain Raja Ampat, Kemolekan Teluk Youtefa di Papua Bikin Pengin Liburan

4. Kali Ubadari

Masih Asri, Ini 7 Pesona Fakfak yang Wajib Kamu Kunjungiinstagram.com/boyzon_deres_yotha_photograph

Kali Ubadari merupakan tempat wisata yang berupa air yang mengalir seperti anak tangga. Aliran airnya sangat tenang dan dingin. Airnya yang masih jernih ditambah suasananya yang masih sunyi cocok untuk kamu yang ingin bersantai melepas penat ataupun berendam di dalamnya.

5. Masjid Tua Patimburak

Masih Asri, Ini 7 Pesona Fakfak yang Wajib Kamu Kunjungiinstagram.com/garnayuda

Meskipun sudah berusia lebih dari 200 tahun tapi masjid yang juga menjadi tempat wisata religi ini masih sangat kokoh, lho. Ternyata masjid yang dulunya dibangun oleh Imam Aburhari Killian pada tahun 1870 ini pernah di bom oleh tentara Jepang namun hebatnya tidak menimbulkan kehancuran pada masjid tersebut. Sebagai bukti kamu masih bisa melihat adanya lubang bekas peluru di pilar-pilar masjid.

6. Situs purbakala Tapurarang

Masih Asri, Ini 7 Pesona Fakfak yang Wajib Kamu Kunjungisteemit.com

Di tempat yang merupakan situs purbakala ini kamu bisa melihat berbagai objek lukisan manusia purba seperti telak tangan, mata, telapak kaki, lumba-lumba, cicak, tumbuhan daun, wajah manusia hingga alat berburu berupa bumerang. Meskipun para arkeolog memastikan bahwa situs ini sudah ada sejak zaman Megalitikum tapi warna lukisannya masih terjaga hingga saat ini, tidak luntur sama sekali. Para ahli juga berpendapat bahwa lukisan di tempat ini dibuat sebagai pengingat suatu peristiwa dan simbol kepercayaan masyarakat pada saat itu.

7. The Japanese Fortress

Masih Asri, Ini 7 Pesona Fakfak yang Wajib Kamu Kunjungiindonesia.biz.id

The Japanese Fortress adalah benteng peninggalan Jepang saat Perang Dunia kedua. Yang unik dari tempat ini adalah jika kamu menyusuri lorong benteng dari pintu masuk hingga ujung benteng tersebut, kamu akan sampai pada laut dengan pemandangan yang sangat indah dan eksotis. Tapi untuk bisa menikmati pemandangan seindah itu kamu diharuskan menggunakan perahu selama empat jam dari Kota Fakfak.

Nah itulah tujuh tempat wisata yang harus kamu kunjungi saat berada di Fakfak. Yuk, rencanakan liburanmu mulai dari sekarang!

Baca Juga: Sudah Tahu 5 Fakta Mengejutkan Lembah Baliem di Papua Barat Ini?

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :) IG: @sintalistiyana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Tania Stephanie

Berita Terkini Lainnya