Comscore Tracker

5 Wisata Air Terjun Paling Eksotis di Pati, Nyegerin Banget!

Pemandangannya indah bukan main! #LokalIDN

Pati merupakan salah satu kabupaten yang ada di provinsi Jawa Tengah. Kabupaten ini memiliki beragam destinasi wisata bertema alam yang seru dan sangat menarik untuk dikunjungi, salah satunya air terjun.

Lalu, apa saja air terjun di Pati yang menawarkan pemandangan paling eksotis? Yuk simak uraiannya berikut ini.

1. Air Terjun Tedunan

5 Wisata Air Terjun Paling Eksotis di Pati, Nyegerin Banget!instagram.com/kelilingpati

Air Terjun Tedunan memiliki ketinggian kurang lebih 40 meter dan tepat di bawahnya terdapat kolam yang kedalamannya mencapai 1 meter. Suasana di sekitar air terjun Tedunan sangat asri dan sejuk. Kualitas airnya juga masih terjaga dengan baik.

Sayangnya karena akses jalan yang tidak mudah membuat air terjun ini tidak memiliki banyak pengunjung seperti tempat wisata air terjun yang lainnya di Pati.

Alamat: Sitiluhur, Gembong, kabupaten Pati

2. Air Terjun Tretes

5 Wisata Air Terjun Paling Eksotis di Pati, Nyegerin Banget!instagram.com/rendisetyo_

Lokasi air terjun Tretes masih sangat tersembunyi sehingga belum banyak wisatawan yang berkunjung ke sini. Akses jalan untuk menuju ke air terjun Tretes juga terbilang cukup sulit karena berbatu, licin, dan sempit. Jadi, kamu harus berjalan kaki sekitar 1 kilometer dari tempat parkir untuk bisa sampai ke sana.

Namun, air terjun yang berada di bawah kaki gunung Muria ini menyajikan pemandangan yang sangat mempesona. Suasananya yang asri dan sejuk mampu membuat perasaan siapa pun menjadi damai. Apalagi debit air yang tidak terlalu besar cukup aman untuk wisatawan berenang di kolam yang ada di bawahnya.

Alamat: Gunungsari, Tlogowungu, kabupaten Pati

Baca Juga: 10 Oleh-oleh Khas Pati Ini Wajib Dibawa Pulang, Awas Bikin Kalap!

3. Air Terjun Lorodan Semar

5 Wisata Air Terjun Paling Eksotis di Pati, Nyegerin Banget!instagram.com/pesonaairterjunindonesia

Air terjun Lorodan Semar merupakan salah satu destinasi wisata hits yang menjadi kebanggaan masyarakat Pati. Keunikan air terjun ini terletak pada bentuknya yang cukup landai, berbeda dengan air terjun pada umumnya.

Suasana sejuk dan asri langsung menyambutmu ketika tiba di lokasi. Kamu juga bisa berenang sepuasnya seraya mendokumentasikan liburanmu di sini. Sejauh mata memandang, kamu akan disuguhkan dengan indahnya pemandangan pegunungan yang memanjakan mata.

Untuk fasilitas umum, kamu tidak perlu khawatir. Warung makan, toilet, dan tempat parkir sudah tersedia di sini.

Alamat: Sumber, Sumbersari, Kayen, kabupaten Pati

4. Air Terjun Grenjengan

5 Wisata Air Terjun Paling Eksotis di Pati, Nyegerin Banget!instagram.com/pati_daily

Daya tarik air terjun Grenjengan bukan hanya terletak pada air yang jatuh dari atas dan banyaknya pepohonan di sekitarnya, tapi juga pada dinding tebing yang tersusun dari batu alam berbentuk seperti lempengan-lempengan kecil. Karena alasan inilah yang membuat masyarakat setempat menyebutnya sebagai watu sirap atau batu yang tertata rapi seperti halnya atap rumah.

Debit air terjun Grenjengan sangat dipengaruhi oleh curah hujan. Jika musim hujan tiba maka air yang jatuh ke bawah cukup deras. Sementara saat musim kemarau, intensitas airnya menjadi lebih sedikit, namun sama sekali tidak mengurangi keindahannya.

Alamat: Area hutan, Sitiluhur, Gembong, kabupaten Pati

5. Air Terjun Sekar Gading

5 Wisata Air Terjun Paling Eksotis di Pati, Nyegerin Banget!instagram.com/patisakpore

Air Terjun Sekar Gading cocok dikunjungi oleh kamu yang menyukai petualangan atau kegiatan yang menantang adrenalin. Airnya berwarna jernih dan pepohonan yang tumbuh di sekitar air terjun sangat lebat membuat udara terasa sejuk.

Tak jauh dari lokasi air terjun terdapat perkebunan teh hijau yang bisa kamu datangi. Di sini juga tersedia tempat khusus untuk berkemah.

Alamat: Dusun Prigi Deaa, Area Hutan, Plukaran, Gembong, kabupaten Pati

Nah, itulah tempat wisata air terjun paling indah di Pati yang wajib kamu kunjungi. Apakah kamu berniat mengunjunginya juga dalam waktu dekat?

Baca Juga: 5 Air Terjun Paling Indah di Garut Selatan, Nyegerin Banget!

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya