Comscore Tracker

5 Destinasi Wisata Jepara yang Asri dan Anti Mainstream!

Dijamin liburan kalian beda dari yang lain!

Selain terkenal dengan ukiran dan mebelnya, pariwisata Jepara juga merupakan komponen penting bagi pertumbuhan ekonomi Jepara.

Sebagai tempat kelahiran pahlawan wanita Indonesia, R. A. Kartini, rasanya tak lengkap jika kalian tak datang mengunjungi beberapa destinasi  Wisata Jepara yang masih asri nan indah seperti destinasi berikut ini.

1. Berkeliling pulau-pulau di Karimun Jawa

5 Destinasi Wisata Jepara yang Asri dan Anti Mainstream!instagram.com/ticjepara

Jika kalian bosan dengan destinasi yang terlalu ramai, surga tersembunyi di Jepara ini bisa jadi solusi. Pasalnya, Pulau Karimunjawa mencakup 27 pulau kecil dan merupakan cagar alam yang dilindungi.

Suasana masyarakat lokal yang ramah dengan berbagai aktivitas yang seru siap menjadi penyuguh liburanmu yang asik. Kamu pun bisa berkeliling pulau-pulau kecil, snorkling, hingga bermain dengan lumba-lumba.

Ada dua pilihan transportasi mudah untuk kesana yaitu menggunakan pesawat dari Bandara Ahmad Yani Semarang dengan harga tiket sekitar Rp. 230.000 atau naik kapal bahari express dari pelabuhan Jepara dengan tiket Rp. 150.000 saja. 

2. Pantai Ombak Mati

5 Destinasi Wisata Jepara yang Asri dan Anti Mainstream!instagram.com/minbambang

Sesuai dengan namanya Pantai Ombak Mati adalah pantai yang uniknya memiliki gelombang ombak yang sangat tenang dan hampir tidak ada ombak berarti.

Berlokasi di Desa Bondo, Kecamatan Bangsri, untuk menuju Pantai Ombak Mati kamu butuh perjalanan sekitar 20 menit saja dari pusat kota Jepara. Dikarenakan lokasinya yang agak pelosok dan berada di ujung area pedesaan warga, banyak yang masih tak tahu pantai tersembunyi ini.

Jika kalian suka dengan suasana tenang, sepi, dan asri, Pantai Ombak Mati cocok buat kalian kunjungi bersama keluarga dan sahabat. 

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Palembang, Hits dan Instagramable Banget

3. Pulau Mandalika

5 Destinasi Wisata Jepara yang Asri dan Anti Mainstream!wisatafavorit.com

Jika kalian sempat berkunjung ke Benteng Portugis, destinasi wajib lainnya adalah Pulau Mandalika. Terletak sekitar 2 km dari daerah utara desa Ujung Watu, Mandalika adalah nama sebuah pulau kecil dengan pemandangan alam yang indah.

Berbeda dari Pulau Panjang, pulau ini masih jarang dikunjungi oleh wisatawan lokal dan itulah sebabnya masih alami dan sepi.

Untuk menuju ke Pulau Mandalika, kalian bisa menyeberang dengan perahu nelayan lokal di sekitar Benteng Portugis.  Memakan waktu sekitar 30 menit dari Benteng Portugis, panorama yang memesona bak berada di pulau pribadi siap menunggumu di sini.

4. Desa Tempur

5 Destinasi Wisata Jepara yang Asri dan Anti Mainstream!instagram.com/halojepara

Jika banyak wisatawan luar yang datang ke Jepara hanya untuk keindahan pantainya saja, rasanya kalian perlu tahu satu tempat anti mainstream lain di Jepara yaitu Desa Tempur.

Dikategorikan sebagai desa wisata, Desa Tempur ini di kelilingi 4 gunung sekaligus, hamparan sawah, perbukitan, hingga sungai-sungai yang jernih. Keasrian dan keindahan Desa Tempur ini pun tak kalah jika dibandingkan dengan desa wisata terkenal lain.

Tak hanya dari pemandangannya saja, tak lengkap jika wisatawan tak mencicipi salah satu produk unggulan Desa Tempur yaitu kopi Tempur dan kopi Damarwulan. Bahkan, kopi lokal disini sudah diekspor ke beberapa pelosok negeri hingga luar negeri. Cocok banget nih buat kalian pecinta kopi!

5. Benteng Portugis

5 Destinasi Wisata Jepara yang Asri dan Anti Mainstream!instagram.com/@ticjepara

Tak hanya Karimun Jawa, Benteng Portugis juga termasuk dalam warisan budaya yang dilindungi. Sebagai salah satu warisan sejarah yang megah di Jepara, Benteng Portugis adalah tempat wisata yang memiliki jejak sejarah dengan pantai indahnya.

Berada di ujung kota Jepara, pantai di Benteng Portugis ini masih asri karena jarang dikunjungi wisatawan luar. Padahal pemandangan yang disuguhkan di pantai ini tak kalah menawan dengan pasir putih, laut yang jernih, perbukitan, dan hamparan bebatuan.

Nah, itulah beberapa destinasi wisata Jepara yang masih asri dan anti mainstream. Jika kalian pecinta traveling tak akan melewatkan beberapa tujuan wisata terbaik di atas, bukan?

Baca Juga: Jangan Lewatkan 10 Destinasi Wisata Ini Kalau Mudik ke Cirebon

Siska Arifa Photo Community Writer Siska Arifa

Amateur who doesn't quit @siscaaryf

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Septi Riyani

Just For You