Comscore Tracker

10 Fakta Itaewon yang Unik, Tempat Kongko Tentara Amerika Zaman Dahulu

Itaewon kini menjadi wisata populer di Korea Selatan

Itaewon tengah menjadi sorotan pasca tragedi perayaan Halloween yang menelan banyak korban jiwa pada Sabtu (29/10/2022) malam. Tetapi, siapa sangka kalau dulunya Itaewon merupakan tempat berkumpul para tentara Amerika selama bertahun-tahun, lho.

Oleh karena itu, sebelum ditetapkan sebagai area hiburan pada 1997, banyak orang Korea Selatan yang menghindari Itaewon karena dicap "kawasan kumuh". Nah, inilah dia sederet fakta Itaewon yang berawal dari tempat kongko tentara Amerika. Check this out!

 

1. Setelah Perang Dunia II, Jepang dipaksa keluar dan diganti oleh tentara Amerika yang mendirikan pangkalan militer di dekat Itaewon

10 Fakta Itaewon yang Unik, Tempat Kongko Tentara Amerika Zaman Dahuluilustrasi kawasan Itaewon (commons.wikimedia.org/Aatu Dorochenko)

2. Karena lokasi Itaewon di bawah gunung dan di atas sungai sehingga militer memilihnya sebagai pusat potensial

10 Fakta Itaewon yang Unik, Tempat Kongko Tentara Amerika Zaman Dahuluilustrasi kawasan Itaewon (commons.wikimedia.org/Shinae Hyun)

3. Hal ini kemudian disusul dengan ekspatriat asing memasuki Itaewon sehingga kedutaan besar dan penginapan mulai bermunculan di kawasan

10 Fakta Itaewon yang Unik, Tempat Kongko Tentara Amerika Zaman Dahuluilustrasi kawasan Itaewon (unsplash.com/Bundo Kim)

4. Kemudian 20 tahun tahun pasca Perang Korea pada 1950-1953 silam, Itaewon menjadi distrik perbelanjaan yang dipenuhi restoran dan toko asing

10 Fakta Itaewon yang Unik, Tempat Kongko Tentara Amerika Zaman Dahuluilustrasi seorang tentara Amerika (pixabay.com/Military_Material)

5. Imbas dari hal tersebut, bertahun-tahun Itaewon jadi tempat favorit tentara Amerika dan orang asing yang mengadakan pesta hingga larut malam

10 Fakta Itaewon yang Unik, Tempat Kongko Tentara Amerika Zaman Dahuluilustrasi kawasan Itaewon (unsplash.com/Bundo Kim)

Baca Juga: 5 Fakta Festival Halloween di Itaewon, Adegan Ikonik Itaewon Class

6. Hal ini juga membuat warga Seoul menghindari Itaewon karena reputasinya yang buruk Tetapi dalam dekade terakhir kawasan Itaewon mengalami pembaruan. Banyak bisnis baru masuk hingga menjadi lokasi wisata terpopuler

10 Fakta Itaewon yang Unik, Tempat Kongko Tentara Amerika Zaman Dahuluilustrasi kawasan Itaewon (unsplash.com/Bundo Kim)

7. Pada 1990, saat tentara Amerika akhirnya pindah ke pangkalan militer yang lebih besar di Pyeongtaek. Bisnis lokal di Itaewon sempat alami kesulitan

10 Fakta Itaewon yang Unik, Tempat Kongko Tentara Amerika Zaman Dahuluilustrasi kawasan Itaewon (commons.wikimedia.org/Jongsu Pyeon)

8. Tetapi dalam dekade terakhir kawasan Itaewon mengalami pembaruan. Banyak bisnis baru masuk hingga menjadi lokasi wisata terpopuler

10 Fakta Itaewon yang Unik, Tempat Kongko Tentara Amerika Zaman Dahuluilustrasi kawasan Itaewon (commons.wikimedia.org/AhmadEld)

9. Itaewon dikenal sebagai lokasi hiburan malam di Seoul berupa gang-gang kecil dan padat dengan restoran, kafe, kelab, dan bar

10 Fakta Itaewon yang Unik, Tempat Kongko Tentara Amerika Zaman Dahuluilustrasi kawasan Itaewon (unsplash.com/Bundo Kim)

10. Hingga saat ini Itaewon dijuluki sebagai kawasan yang ramah turis asing karena di lokasi ini bisa ditemui orang dari latar budaya berbeda

10 Fakta Itaewon yang Unik, Tempat Kongko Tentara Amerika Zaman Dahuluilustrasi kawasan Itaewon (commons.wikimedia.org/Purplewoman)

Di samping Itaewon yang saat ini tengah disorot karena tragedi Halloween yang menelan banyak korban jiwa, kawasan hiburan ini dulunya pernah menjadi tempat favorit dari para tentara Amerika, lho. Semua orang berharap tragedi di Itaewon tidak pernah terulang lagi.

Baca Juga: 10 Tempat di Itaewon Ini Populer Berkat KDrama, Ada Kafe Park Seo Joon

Anis Photo Verified Writer Anis

من صبر ظفر

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Eddy Rusmanto

Berita Terkini Lainnya