Comscore Tracker

Eksotis, 7 Destinasi di Karangasem Bali yang Sayang Dilewatkan

Pastinya instagrammable!

Keindahan Bali gak pernah ada habisnya untuk dibicarakan. Pantas saja Pulau Dewata ini selalu jadi primadona pariwisata Indonesia.

Bila sedang berada di Bali, mampirlah ke Karangasem. Di sini kamu bisa melihat destinasi wisata yang eksotis dan bikin kamu stay berlama-lama.

1. Savana Tianyar

Eksotis, 7 Destinasi di Karangasem Bali yang Sayang DilewatkanInstagram.com/phiya_agustin

Savana yang berlokasi di Desa Tianyar ini lokasinya berdekatan dengan pantai dan perbukitan. Savana ini punya keunikan yang tak dimiliki tempat lain. Pada musim kemarau, pengunjung akan menyaksikan hamparan rumput berwarna kuning, sedangkan pada musim penghujan, warna kuning itu akan berganti dengan hijau pupus yang indah.

Selama di sini, pengunjung juga bisa melihat kuda ternak yang dipelihara warga setempat. Wah, kebayang serunya, ya!

2. Bukit Asah

Eksotis, 7 Destinasi di Karangasem Bali yang Sayang DilewatkanInstagram.com/adytama_kenzie

Berjarak sekitar 1 jam 45 menit dari Denpasar menuju Karangasem di Bali bagian timur, wisatawan akan menemukan Bukit Asah nan indah. Tempat ini menjadi lokasi favorit wisatawan untuk menyaksikan matahari terbit dan terbenam.

Berlokasi di Desa Bug Bug, Bukit Asah bisa diakses dengan membayar hanya Rp5.000 per orang. Namun, bila pengunjung ingin camping, warga setempat membuka persewaan tenda dengan harga Rp300 ribu. Mantap kan dibuat nginep ramai-ramai?

Baca Juga: Menyegarkan, 5 Minuman Tradisional Bali yang Mungkin Belum Kamu Tahu

3. Bukit Nampo

Eksotis, 7 Destinasi di Karangasem Bali yang Sayang DilewatkanInstagram.com/mantaphotographer_bali

Terletak di ketinggian 795 meter di atas permukaan laut, Bukit Nampo atau Bukit Surga juga menjadi destinasi yang patut dikunjungi. Dari ketinggian itu, pengunjung bisa melihat pemandangan hijau yang menyejukkan mata.

4. Puri Agung Karangasem

Eksotis, 7 Destinasi di Karangasem Bali yang Sayang DilewatkanInstagram.com/priagasta

Kerajaan Karangasem adalah salah satu kerajaan besar di Bali. Kekuasaannya tersebar hingga ke Lombok. Meski tak seagung dulu, peninggalan kerajaan berupa istana dan taman peristirahatan masih berdiri hingga kini.

Wisatawan akan menjumpai istana dan isinya bergaya khas campuran antara tradisional Bali dan Eropa.

Ada pula Balekambang. Balai yang terletak di tengah-tengah kolam ini digunakan raja dan para abdinya sebagai tempat rapat.

5. Taman Ujung Soekasada

Eksotis, 7 Destinasi di Karangasem Bali yang Sayang DilewatkanInstagram.com/misterr_alex

Penggagas Taman Soekasada adalah raja Karangasem terakhir, Anak Agung Anglurah Ketut. Sang Raja dikenal menyenangi arsitektur dan seni. Akhirnya, pada tahun 1919 dibangunlah taman megah yang berada di kompleks istana ini.

Taman seluas sembilan hektar ini dipenuhi sentuhan arsitektur bergaya Bali, India, Belanda, dan Cina.

Spot yang paling instagrammable di Taman Soekasada adalag Balai Kapal. Balai ini terletak di puncak Taman Soekasada. Biasanya, di tempat ini, Raja melihat aktivitas di Selat Lombok, Gunung Rinjani, dan daratan Lombok.

Biaya masuknya terjangkau lho, cuma Rp10.000.

6. Desa Adat Tenganan

Eksotis, 7 Destinasi di Karangasem Bali yang Sayang DilewatkanInstagram.com/motulz_geospotter

Desa Tenganan adalah destinasi yang tak boleh kamu lewatkan saat berada di Karangasem. Disebut desa adat karena penduduk di Tenganan masih mempertahankan tatanan hidup yang mengacu warisan nenek moyang.

Masyarakat di desa ini memegang teguh Tri Hita Karana atau penyebab kebahagiaan untuk mencapai keseimbangan dan keharmonisan.

7. Pura Besakih

Eksotis, 7 Destinasi di Karangasem Bali yang Sayang DilewatkanInstagram.com/vaqueixon

Siapa tak pernah mendengar Pura Besakih? Pura Besakih adalah pura terbesar di Bali yang menjadi pusat kegiatan keagamaan. Pembangunan pura yang terletak di Desa Besakih ini selesai pada abad ke-15 zaman Dinasti Gelgel.

Kompleks yang telah masuk daftar nominasi Warisan Budaya Dunia oleh UNESCO sejak tahun 1995 ini terdiri dari 1 Pura Pusat dan 18 Pura Pendamping. Pura terbesarnya bernama Pura Penataran Agung Besakih.

Nah, itulah tujuh wisata eksotik yang tak boleh kamu lewatkan saat berkunjung ke Karangasem Bali. Yuk, buruan trip ke sana!

Baca Juga: 10 Wisata Alam Instagramable di Batu, Bikin Kebelet Liburan

Defrina Sukma Photo Verified Writer Defrina Sukma

masih malu-malu

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati
  • Novaya
  • Bayu Aditya Suryanto

Berita Terkini Lainnya