Comscore Tracker

4 Destinasi Wisata Candi di Sleman yang Seru Buat Kamu Kunjungi

#PiknikAsik Cocok buat kamu penikmat sejarah

Sleman merupakan salah satu kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta. Kabupaten ini memiliki banyak tempat-tempat wisata menarik. Salah satunya adalah candi-candi yang bertebaran di berbagai tempat. Jika kamu ingin mengunjungi candi-candi yang unik dan seru, Sleman merupakan salah satu pilihan yang tepat.

1. Candi Sambisari

4 Destinasi Wisata Candi di Sleman yang Seru Buat Kamu Kunjungichacaatmika.com

Candi Sambisari memiliki tata letak yang unik. Candi Hindu yang berada di Dusun Sambisari ini, terletak 6,5 meter lebih rendah dari dataran sekitarnya. Jadi, ketika berkunjung, kamu harus menuruni anak tangga yang lumayan banyak.

Jika dilihat, Candi Sambisari nampak seperti istana dengan pagar batunya. Di bagian pinggir dataran yang mengelilingi candi, terdapat beberapa pohon besar dan kursi-kursi yang bisa kamu gunakan untuk beristirahat sambil menikmati pemandangan persawahan yang luas.

Sebaiknya kamu datang pada saat pagi hari atau sore. Jika kamu datang siang hari akan terasa lumayan terik.

2. Candi Abang

4 Destinasi Wisata Candi di Sleman yang Seru Buat Kamu KunjungiDok. Pribadi

Candi yang satu ini sekilas hanya nampak seperti bukit hijau di ketinggian. Candi Abang terletak di Desa Jogotirto, Kecamatan Berbah, Kabupaten Sleman. Sedikit berbeda dengan candi-candi yang umum ditemui di daerah Yogyakarta, Candi Abang tidak dibangun dengan batuan, tetapi dengan batu bata merah. Memang sudah tidak terlihat bentuk candinya karena terkubur tanah dan ditumbuhi rerumputan.

Jika mendaki ke puncak candi, akan terlihat sedikit bagian candi yang berupa beberapa batu bata merah. Candi Abang akan terlihat hijau ketika musim penghujan dan gersang ketika musim kemarau. Meskipun demikian, Candi Abang memiliki keseruan tersendiri yang asyik untuk dikunjungi.

Baca Juga: 30 Potret Asyiknya Liburan di Candi Prambanan-Borobudur, Bikin Betah!

3. Candi Ijo

4 Destinasi Wisata Candi di Sleman yang Seru Buat Kamu Kunjungiteracota.id/Dyah Ayu Pitaloka

Candi Ijo terletak di ketinggian. Jadi, ketika kamu datang ke sini, kamu bisa dapat bonus pemandangan yang menakjubkan. Candi Ijo terletak di Desa Sambirejo dan merupakan candi Hindu.

Banyak wisatawan yang berkunjung ke candi ini menjelang sore hari untuk menikmati suasana senja dari ketinggian. Candi ini terletak tidak jauh dari Candi Prambanan. Namun, kamu harus hati-hati ketika melewati jalan yang menanjak menuju candi.

4. Candi Kalasan

4 Destinasi Wisata Candi di Sleman yang Seru Buat Kamu Kunjungiprimahapsari.com

Candi ini disebut juga Candi Kalibening, karena terletak di Dusun Kalibening. Candi Kalasan merupakan candi Budha yang diperuntukkan untuk pemujaan Dewi Tara.

Candi ini berada di Dusun Kalibening, Desa Tirtamani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman.

Candi ini mudah di jangkau, baik dari arah Jogja ataupun dari arah Solo karena berada di jalan Jogja-Solo. Tidak jauh dari candi ini, terdapat Candi Sari. Jadi, kamu bisa menuju candi lainnya selesai berkunjung dari candi Kalasan.

Nah, itu tadi empat candi yang bisa kamu kunjungi jika datang ke Sleman. Selain empat candi di atas, masih banyak candi lainnya yang bisa menambah pengetahuan sejarahmu.

Baca Juga: Candi Ijo, Wisata Alternatif di Jogja yang Epik dan Instagramable

TNovia Photo Community Writer TNovia

Menyukai aroma toko buku dan makanan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Community IDN Times

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You