Comscore Tracker

Panorama Menakjubkan, Ini 5 Spot Wisata Yogyakarta di Atas Ketinggian

#PiknikAsik Bisa banget masuk daftar liburan

Membahas tempat wisata di Yogyakarta memang gak ada habisnya. Selalu ada tempat wisata baru yang bermunculan dari waktu ke waktu. Selain memiliki beragam museum, candi, dan pantai yang mempesona, Yogyakarta juga menawarkan pemandangan-pemandangan cantik yang bisa dinikmati dari ketinggian. Pas banget buat kamu yang menyukai alam dan tantangan. Inilah beberapa spot wisata Yogyakarta yang berada di atas ketinggian. Panoramanya menakjubkan!

1. Kalibiru

Panorama Menakjubkan, Ini 5 Spot Wisata Yogyakarta di Atas KetinggianInfobudaya.net

Kalibiru merupakan tempat wisata terkenal yang berada di Kokap, Kulonprogo. Dari atas gardu pandang, kamu dapat menikmati pemandangan pepohonan hijau dan waduk sermo. Selain berfoto ria, kamu juga bisa mencoba flying fox diantara pepohonan.

Karena sudah termasuk tempat wisata yang cukup terkenal, Kalibiru memiliki banyak fasilitas yang bisa kamu gunakan. Ketika akan menuju tempat ini, pastikan kendaraanmu kuat melaju di jalan menanjak. Karena jalan menuju tempat ini cukup miring tanjakannya.

2. Puncak Suroloyo

Panorama Menakjubkan, Ini 5 Spot Wisata Yogyakarta di Atas KetinggianInstagram/@rifkysetya

Puncak Suroloyo berada di sepanjang Yogyakarta dan Jawa Tengah. Tepatnya di Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulonprogo, Yogyakarta dan merupakan titik tertinggi di Perbukitan Menoreh. Untuk mencapai Puncak Suroloyo, kamu harus mendaki lebih dari 200 anak tangga.

Meskipun begitu, lelahmu akan dibayar begitu sampai di puncak. Puncak Suroloyo menawarkan pemandangan yang mengagumkan.

Dari ketinggian lebih dari 1000 mdpl, ketika cuaca cerah, kamu akan melihat empat gunung yaitu Sindoro, Sumbing, Merbabu, dan Merapi, serta Candi Borobudur dari kejauhan. Gunung-gunung tersebut nampak seperti menyembul diantara lautan kabut putih.

Karena pendakian yang cukup menguras tenaga, pastikan kamu mengisi perut dahulu sebelum menuju tempat ini.

Baca Juga: Dekat dari Jakarta, Ini 5 Tempat Wisata Instagramable Kece di Sukabumi

3. Bukit Cendana

Panorama Menakjubkan, Ini 5 Spot Wisata Yogyakarta di Atas KetinggianInstagram/@ aconk_van_houtten

Bukit Cendana adalah spot wisata yang terletak di Hargowilis, Kokap, Kulonprogo. Dari Bukit Cendana kamu bisa melihat Waduk Sermo dan pepohonan hijau. Sekilas mirip dengan tempat wisata di Kulonprogo lainnya, yaitu Kalibiru. Tapi, Bukit Cendana menawarkan keindahannya tersendiri yang bakal bikin kamu betah di sini.

Beragam gardu pandang yang disediakan, membuatmu bisa menikmati pemandangan dengan nyaman. Karena masih baru, tempat ini tidak mengharuskanmu membayarkan uang masuk yang menguras kantong. Cocok banget dikunjungi ketika dompetmu menipis.

4.Pintoe Langit Dahromo

Panorama Menakjubkan, Ini 5 Spot Wisata Yogyakarta di Atas Ketinggianwww.ikutilangkahkaki.com

Untuk kamu pecinta selfie, spot wisata yang satu ini bisa menjadi pilihan menarik. Pintoe Langit Dahromo berada di kawasan hutan pinus Dlingo, Kabupaten Bantul. Tempat wisata ini tergolong baru, karena dibuka pada tahun 2017 lalu.

Tempat ini memiliki beberapa spot selfie, salah satunya yang paling terkenal adalah spot pintu yang seolah-olah menuju langit. Selain itu, tempat ini juga sering dijadikan photoshoot untuk pre-wedding.

Kalau kamu mau suasana yang berbeda, kamu bisa datang menjelang sore. Sunset yang dilihat dari tempat ini bagus banget. Begitu juga ketika kamu mengunjungi Pintoe Langit di malam hari, bintang-bintang dan lampu-lampu kota yang menyala akan menjadi pemandangan yang membuatmu kagum.

5. Puncak Kosakora

Panorama Menakjubkan, Ini 5 Spot Wisata Yogyakarta di Atas Ketinggianngetripyuk.id

Puncak Kosakora terletak di Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Dari puncak Kosakora ini, Pantai Drini, Kukup, Sepanjang, hingga mercusuar Pantai Baron pun bisa kamu nikmati.

Untuk mencapai puncak ini, kamu harus menempuh jalur sepanjang 2 km. Meskipun melelahkan, semua akan terbayar ketika kamu bisa menikmati pemandangan indah berupa laut luas dan beberapa pantai di pinggirannya.

Agar kamu bisa menikmati pemandangan dari Puncak Kosakora dengan nyaman, kamu bisa datang ketika pagi atau menjelang sore. Siang hari, sinar matahari akan terasa sangat panas menyengat. Atau kalau kamu ingin menyaksikan sunrise, kamu bisa menyewa tenda untuk berkemah jika kamu tidak membawa peralatan sendiri.

Nah, itu tadi empat wisata dataran tinggi di Yogyakarta. Karena medannya yang cukup menantang, sebaiknya kamu memakai alas kaki yang nyaman digunakan. Pastikan juga tenagamu cukup ketika berkunjung ke tempat yang medannya menguras tenanga. Agar kunjunganmu bisa menjadi liburan yang menyenangkan.

Baca Juga: Jadi Lokasi Syuting "Wiro Sableng", 6 Wisata Alam Ini Wajib Dikunjungi

T. Novia Photo Community Writer T. Novia

Menyukai aroma toko buku dan makanan

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Paulus Risang

Just For You