Comscore Tracker

Jangan Apatis, Sudah Tahu 5 Festival Budaya Indonesia Ini Belum? 

Main yuk?

Masih muda tapi punya passion rebahan di kamar aja? Duh, nggak asyik banget deh. Mending kamu coba kegiatan seru ini. Seperti yang kamu ketahui, sebagai negara kepulauan yang luas, Indonesia dikenal menyimpan beragam budaya yang menarik. Ini lah yang menjadi salah satu daya tarik wisatawan asing untuk berkunjung ke Indonesia. Bukan cuma untuk menikmati keindahan alamnya saja, para turis asing ini juga tertarik dengan festival kebudayaan yang sering diadakan tiap tahunnya.

Sebagai warga negara Indonesia, kamu pun jangan mau kalah dengan turis asing, jangan rebahan melulu guys. FYI, ada beragam festival budaya menarik yang digelar di berbagai daerah. Apa saja sih festival budaya yang dimaksud? Yuk simak artikel berikut ini!

1. Festival Karapan Sapi, Madura, Jawa Timur

Jangan Apatis, Sudah Tahu 5 Festival Budaya Indonesia Ini Belum? Shutterstock/muhamma ghozi aminulloh

Festival yang satu ini pasti sudah tidak asing lagi bagi sebagian besar masyarakat Indonesia. Festival ini mempertontonkan perlombaan balapan sapi yang dilakukan oleh masyarakat di Madura, Jawa Timur. Festival Karapan Sapi rutin diadakan setiap tahunnya dan sudah menjadi warisan turun temurun.

Festival Karapan Sapi biasanya dilakukan dalam beberapa tahapan, seperti misalnya tingkat Kabupaten. Namun, kalau kamu mau menonton yang terbesarnya, biasanya diadakan antara bulan September sampai Oktober. Selain bisa menonton balapannya, kamu juga bisa menyaksikan ritual magis di festival ini.

2. Festival Rambu Solo, Toraja, Sulawesi Selatan

Jangan Apatis, Sudah Tahu 5 Festival Budaya Indonesia Ini Belum? Shutterstock/Stefano Barzellotti

Festival kebudayaan yang satu ini mungkin terdengar sedikit menyeramkan. Meski demikian, acara yang sudah menjadi tradisi masyarakat di Tanah Toraja, Sulawesi Selatan ini tetap menjadi festival menarik untuk disaksikan.

Rambu Solo sebenarnya merupakan ritual upacara yang ditujukan untuk menghormati arwah yang meninggal dan mengantar arwah tersebut untuk menuju alam roh. Untuk bisa menyaksikan upacara ini kamu hanya perlu membayar sekitar Rp5.000 untuk wisatawan lokal. Biasanya upacara ini digelar oleh tokoh-tokoh berpengaruh di sekitar Tana Toraja.

3. Festival Layang-layang, Bali

Jangan Apatis, Sudah Tahu 5 Festival Budaya Indonesia Ini Belum? Shutterstock/Tropical studio

Kamu suka layang-layang? Kalau begitu jangan lewatkan festival yang satu ini. Festival layang-layang yang diadakan di Bali ini bahkan disebut-sebut menjadi salah satu agenda yang wajib didatangi dan sudah berskala internasional.

Bukan cuma datang untuk menonton, tidak sedikit dari turis asing yang datang ke Festival Layang-layang untuk berpartisipasi menjadi peserta. Festival ini biasanya sering digelar di pinggir pantai, di mana memiliki angin yang kuat untuk menerbangkan. Ada banyak macam layangan menarik yang bisa kamu lihat di acara ini.

4. Festival Lampion Waisak, Magelang, Jawa Tengah

Jangan Apatis, Sudah Tahu 5 Festival Budaya Indonesia Ini Belum? Shutterstock/areza taqwim

Waisak sendiri merupakan perayaan hari raya bagi umat Buddha yang digelar setiap tahunnya. Nah, biasanya di perayaan Waisak, ada momen yang paling ditunggu-tunggu bagi turis asing maupun lokal, yakni pelepasan lampion.

Festival ini biasanya diadakan di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah dan digelar pada malam hari. Ada ribuan lampion kertas yang dilepaskan dalam acara ini. Selain itu,  bukan cuma umat Buddha saja yang bisa mengikutinya, masyarakat umum pun bisa ikutan melepas lampion.

5. Festival Lembah Baliem, Papua

Jangan Apatis, Sudah Tahu 5 Festival Budaya Indonesia Ini Belum? IDN Times/Kemenpar

Festival Lembah Baliem juga menjadi salah satu festival yang terkenal di dunia internasional. Festival ini juga menjadi salah satu festival tertua di Indonesia dan sudah didakan sejak tahun 1989. Festival ini awalnya adalah sebuah upacara perang antar suku Dani, Lani, dan Yali.

Di festival ini kita bisa melihat simulasi perang dan pertunjukan tari-tarian tradisional. Meski festival ini memperlihatkan pertunjukkan perang, namun Festival Lembah Baliem aman untuk disaksikan. Bahkan festival ini menjadi incaran para fotografi dari mancanegara.

Itu tadi lima contoh festival kebudayaan menarik yang diadakan di berbagai wilayah di Indonesia. Untuk bisa pergi kesana, kamu nggak perlu takut mengeluarkan biaya banyak untuk membeli tiket pesawat. Kamu bisa mendapatkan promo tiket pesawat menarik dari aplikasi Traveloka dari berbagai macam maskapai penerbangan yang terdaftar.

Kamu juga bisa mengaktifkan fitur price alert untuk mendapatkan notifikasi mengenai harga tiket pesawat baik di browser atau aplikasi. Nah, kamu juga bisa bebas memilih kursi, mendapat ekstra bagasi langsung, menikmati lounge bandara, sampai mendapat perlindungan maksimal untuk kopermu.

Kamu juga bisa mengecek status penerbangan dan melakukan web check-in agar tidak ketinggalan pesawat. 

Jadi, mau kemana dulu kita?

Topic:

  • Tisa Ajeng Misudanar Azryatiti

Just For You