Comscore Tracker

Gila, Ternyata 5 Kota Kecil di Indonesia Ini Punya Bandara Lho!

Ke Karimun Jawa juga ada

Pengin liburan di kota kecil yang jauh dari keramaian? Tapi, kamu malas kalau harus berlama-lama di jalan? Mobil dan kereta api bisa mengantarmu ke tujuan, tapi dengan waktu relatif lebih lama. Berbeda halnya dengan pesawat terbang yang tak bisa mengantarmu dalam waktu singkat.

Tahu gak, ada beberapa kota kecil di Indonesia yang punya bandara lho? Bandara tersebut tak hanya dipergunakan tentara, tetapi juga dibuka untuk umum. Memang tak semua kota memiliki bandara. Tapi, siapa sangka bahwa 5 kota kecil di bawah ini punya bandara yang beroperasi setiap harinya!

1. Bandara Notohadinegoro, Jember, Jawa Timur

bandara-1-a0e229cca011f38f57deb7c49fd7e70c.jpgyoutube.com/Irwanto Jecko

Siapa sangka kalau di Jember ada bandara bernama Notohadinegoro. Bandara ini mulai beroperasi sejak Juli 2014 dan menyediakan dua pilihan maskapai. Sementara ini, Bandara Notohadinegoro hanya melayani penerbangan Jember-Surabaya, dan sebaliknya yang ditempuh kurang lebih selama 30 menit. Makin mudah kan kalau mau ke Jember?

2. Bandara Blimbingsari, Banyuwangi, Jawa Timur

bandara2-c4e13d0e20eb81dc27bc64614fe7facf.jpgbardiq.me

Siapa nih yang pengin ke Kawah Gunung Ijen, Pulau Merah, dan Teluk Hijau di Banyuwangi? Gak perlu repot berlama-lama di jalan untuk sampai ke tujuanmu.

Bandara Blimbingsari Banyuwangi hadir sejak 8 tahun yang lalu dan melayani penerbangan ke berbagai tempat. Tak hanya dari Surabaya saja, penerbangan langsung dari Jakarta juga ada lho!

Baca juga: 7 Fakta Unik saat Ada Penumpang Meninggal dalam Pesawat, Sudah Tahu?

3. Bandara Trunojoyo, Sumenep, Pulau Madura

bandara-3-f75847e872d589cffd48944609e19260.jpgplat-m.com

Selain digunakan untuk sekolah penerbangan, bandara ini juga melayani penerbangan perintis rute Sumenep-Surabaya dan sebaliknya. Penerbangan perintis ini menggunakan pesawat milik PT Airfast Indonesia sebanyak dua kali dalam sepekan.

Tak hanya itu, PT Wings Abadi (Wings Air) juga berencana membuka jalur penerbangan komersial di rute Sumenep-Surabaya.

4. Bandara Betoambari, Bau-Bau, Pulau Buton, Sulawesi Tenggara

bandara4-bdd71dfab21d9b89f744741be10b0bb7.jpgtourismnews.co.id

Bandara Betoambari Bau-Bau saat ini melayani 7 penerbangan dengan dua maskapai penerbangan yakni Garuda Indonesia dan Lion Air Group. Maskapai Garuda Indonesia sendiri memang baru meresmikan pendaratannya pertama kali pada 3 Juli 2017 lalu. Wah,  makin mudah bagi kamu yang ingin berkunjung ke Bau-Bau dan menikmati keindahan wisatanya nih!

5. Bandara Dewandaru, Karimun Jawa, Jawa Tengah

bandara5-02945278a658337c1d8a278a69b50f34.jpgpinterest.com/Cora OC

Penerbangan dari Semarang menuju Karimun Jawa dan sebaliknya ini difasilitasi Susi Air milik PT Airfast Indonesia. Penerbangan perintis ini makin mempermudah kamu yang ingin berkunjung menikmati alam murni Karimun Jawa. Pesawat Susi Air tersebut telah beroperasi sejak 2015 dan melayani dua kali dalam sepekan.

Makin mudah, kan berkunjung ke beberapa kota kecil di Indonesia. Liburan makin mudah dengan adanya fasilitas bandara di kota-kota tersebut. Ke mana tujuan pertamamu nih?

Baca juga: Nyeleneh, Ini 9 Pertanyaan Penumpang Pesawat yang Paling Keterlaluan!

Line Ads

Topic:

Just For You

I Want More !