Comscore Tracker

Rekomendasi Spot Terbaik Menikmati Keindahan Sunrise di Gunung Bromo

Bukan morning person pun bakal senang banget ke sini

Tak begitu tinggi dan masih terbilang mudah dijangkau, Gunung Bromo jadi destinasi favorit para wisatawan di Jawa Timur. Lokasinya berada di wilayah administratif Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Malang, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Probolinggo

Selain pemandangan deretan gunung yang menawan, hal yang paling diburu di Bromo yakni momen matahari terbitnya. Ada banyak spot yang bisa kamu pilih selama di sini. Beberapa spot tersebut menawarkan panorama matahari terbit dari sisi yang berbeda-beda. Berikut di antaranya:

1. Bukit Cinta

Rekomendasi Spot Terbaik Menikmati Keindahan Sunrise di Gunung Bromoinstagram.com/yessinovamonikaa

Bukit Cinta memiliki ketinggian 2.680 meter di atas permukaan laut. Spot ini jadi favorit wisatawan untuk menikmati pemandangan matahari terbit.

Kalau kamu menggunakan jalur Pasuruan, pilihlah spot Bukit Cinta ini. Kamu akan mendapati tembok besar bertuliskan Love Hill Bromo Tengger. Dari sini, kamu bisa melihat puncak tertinggi di Pulau Jawa, Mahameru.

2. Penanjakan Satu

Rekomendasi Spot Terbaik Menikmati Keindahan Sunrise di Gunung Bromoinstagram.com/mt_sode

Puncak Penanjakan atau Penanjakan Satu ini jadi puncak tertinggi untuk melihat matahari terbit. Spot ini telah lebih dulu dibuka untuk wisatawan sebagai spot menikmati fajar.

Lokasinya berupa tribun setengah lingkaran dengan berbagai fasilitas, seperti kios makanan, toilet, hingga musala. Tak perlu takut kedinginan, kamu bisa membeli jaket, syal, sarung tangan, dan topi di sekitar sana.

3. Bukit Kingkong

Rekomendasi Spot Terbaik Menikmati Keindahan Sunrise di Gunung Bromoinstagram.com/sumud23

Dinamakan Bukit Kingkong karena terdapat bebatuan yang mirip monyet berbadan besar tersebut. Spot bisa kamu temui terlebih dahulu sebelum sampai di Puncak Penanjakan Satu. Bukit Kingkong berupa tanah lapang di atas bukit yang dibatasi pagar beton.

4. Puncak Seruni Point

Rekomendasi Spot Terbaik Menikmati Keindahan Sunrise di Gunung Bromoinstagram.com/anggith

Puncak Seruni Point berada di Desa Ngadisari, Sukapura, Probolinggo. Untuk bisa menikmati panorama Gunung Bromo dan sunrise, kamu harus mendaki 256 anak tangga dengan tinggi sekitar 2.400 meter di atas permukaan laut.

Sembari mendaki ratusan anak tangga, kamu akan dimanjakan dengan hamparan hutan pinus yang meneduhkan. Gumpalan awan yang menyelimuti kawah Gunung Bromo begitu memikat dan tak boleh terlewatkan dari jepretan kameramu!

Baca Juga: 10 Potret Sunset dan Sunrise Terindah ala Adipati Dolken, Epic Banget!

5. Bukit Mentingen

Rekomendasi Spot Terbaik Menikmati Keindahan Sunrise di Gunung Bromoinstagram.com/benitaamalina

Spot ini terbilang masih sangat alami dan hanya berupa jalan setapak. Bukit ini berada di sisi timur laut Gunung Bromo, makanya panorama Bromo dan Gunung Batok dapat jelas terlihat dari sini. Benar-benar Instagramable!

6. Pos Dingklik

Rekomendasi Spot Terbaik Menikmati Keindahan Sunrise di Gunung Bromoinstagram.com/_raja_dada

Kalau kamu menuju jalur pengamatan via Pasuruan, maka pos ini jadi yang pertama kamu temukan. Lokasi Pos Dingklik ini tidak jauh dari gerbang masuk Taman Nasional Bromo Tengger Semeru.

Ada banyak orang berjualan di sekitar titik pengamatan tersebut. Pos Dingklik ini tidak begitu luas. Titik pengamatan untuk wisatawan serupa dengan teras yang berada di sisi tebing.

Nah, itulah rekomendasi spot di Gunung Bromo untuk menikmati keindahan sunrise. Dari enam lokasi di atas, ada yang sudah kamu kunjungi?

Baca Juga: 10 Potret Pesona Sunrise & Sunset di Jakarta, Bikin Mata Gak Berkedip

Topic:

  • Yoshi Nathania
  • Dewi Suci R.

Just For You