Comscore Tracker

Traveler Wajib Tahu, 5 Desa Wisata Terbaik di Jawa Barat 2021

Wajib kamu kunjungi!

ADWI (Ajang Anugerah Desa Wisata Indonsia) merupakan salah satu langkah untuk memajukan desa wisata yang ada di Indonesia menjadi sebuah destinasi wisata berkelas dunia, berdaya saing, dan berkelanjutan. ADWI yang diselenggarakan oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia telah memasuki tahap 50 besar pada bulan Agustus lalu.

Di Jawa Barat terdapat 5 desa yang lolos sesuai 7 kriteria penilaian, yaitu CHSE (Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability), desa digital, suvenir (kuliner, fashion, kriya), daya tarik wisata (alam, budaya, buatan), konten kreatif, homestay, dan toilet.

Desa apa sajakah itu? Yuk, simak ulasannya di bawah ini.

1. Desa wisata Alamendah, Bandung 

Traveler Wajib Tahu, 5 Desa Wisata Terbaik di Jawa Barat 2021Desa wisata Alamendah, Bandung (instagram.com/apep_sham)

Desa wisata Alamendah terletak di Kecamatan Rancabali, Kabupaten Bandung. Desa Alamendah merupakan salah satu desa agronomi termaju di Kecamatan Rancabali. Wisata di desa ini diantaranya adalah Alamendah Trip, sebuah paket wisata di mana Anda bisa belajar pertanian, perternakan, prakarya, kesenian, dan UMKM di Desa Alamendah, dengan tarif Rp165 ribu per paket.

Bagi Anda yang pencinta kopi, bisa mencoba wisata "Perjalanan Segelas Kopi". Dalam trip ini Anda tidak hanya diajak berjalan-jalan di kebun kopi, namun juga menanam dan memetik buah kopi dari pohonnya langsung untuk diracik menjadi secangkir kopi yang nikmat dan segar.

Destinasi wisata selanjutnya ialah camping ground, Curug Awi, petik buah strawberry, dan tracking desa. Ada juga cafe and resto, kedai, gazebo, hingga spot foto.

2. Desa wisata Saung Ciburial, Garut 

Traveler Wajib Tahu, 5 Desa Wisata Terbaik di Jawa Barat 2021Desa wisata Saung Ciburial, Garut (instagram.com/pesonasaungciburial)

Desa wisata Saung Ciburial terletak di Desa Sukalaksana, Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut. Destinasi wisata di desa ini ialah mengusung konsep edukasi. Wisatawan akan disuguhkan dengan kearifan lokal khas Desa Saung Ciburial.

Wisata di Desa Saung Ciburial antara lain, Ngagogo yaitu wisata budaya menangkap ikan menggunakan tangan kosong, Pandai Besi, di mana Anda bisa menyaksikan pembuatan besi dengan cara tradisional. Di desa ini Anda juga bisa belajar membatik serta melukis dengan media Cecempeh, bermain paintball, fun games edukatif, dengan tarif mulai dari Rp25 ribu hingga Rp135 ribu.

Destinasi wisata selanjutnya ialah Kaulinan Barudak Lembur, sebuah pertunjukan permainan anak-anak khas Sunda zaman dahulu, belajar Pencak Silat Gajah Putih Mega Paksi Pusaka, pertunjukan atraksi ketangkasan Domba Garut, tracking desa dan belajar bertani seperti menanam, mengelola lahan hingga memanen.

3. Desa wisata Selasari, Pangandaran 

Traveler Wajib Tahu, 5 Desa Wisata Terbaik di Jawa Barat 2021Desa wisata Selasari, Pangandaran (instagram.com/desawisata.selasari)

Sebuah desa dengan ketinggian 200-500 mdpl yang berada di Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran. Desa Selasari, merupakan salah satu desa wisata di Jawa Barat yang memiliki destinasi wisata yang beraneka ragam.

Wisata di Desa Selasari diantaranya adalah wisata alam seperti Goa Sutra Reregan, sebuah goa dengan lebar sekitar 12,66 meter dan tinggi 7,23 meter. Tiket masuknya ialah Rp25 ribu. Goa selanjutnya ialah Goa Lanang, di goa ini Anda tidak hanya dapat melihat keindahan goa, namun Anda juga bisa beraktifitas seperti river tubing, caving, outbound, dan camping ground, dengan tarif Rp150 ribu. Wisata alam lainnya ialah Santirah River Tubing dan Bukit Pepedan.

Bagi Anda yang menyukai kesenian dan budaya, Anda bisa menyaksikan pertunjukan seni Lebon, sebuah kesenian khas Desa Selasari, dan pertunjukan ronggeng gunung. Desa Selasari juga memiliki wisata edukasi yaitu budidaya lebah madu. Serta terdapat juga beberapa wisata kuliner seperti pakis crispy, kopi robusta tjap bueuk, madu jaga rasa dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 10 Desa Wisata Sabet Juara di BCA Desa Wisata Awards 2021

4. Desa wisata Cisande, Sukabumi 

Traveler Wajib Tahu, 5 Desa Wisata Terbaik di Jawa Barat 2021Desa wisata Cisande, Sukabumi (instagram.com/agrowisatacisande)

Desa wisata Cisande terletak di Kecamatan Cicantayan, Kabupaten Sukabumi. Wisata di desa ini berkonsep edukasi yang memanfaatkan Sumber Daya Manusia. Destinasi wisata di Kampung Raden ini di antaranya ialah river tubing, di mana Anda bisa bermain arum jeram Sungai Cimahi dengan arus deras yang sangat menantang. Untuk tarifnya ialah Rp120 ribu.

Wisata selanjutnya ialah tracking ke Bukit Cemara, flying fox dengan ketinggian 150 meter, fun game, camp sawah, dan bercocok tanam. Tarif untuk wisata-wisata tersebut mulai dari Rp10 ribu hingga Rp120 ribu. Anda juga bisa berwisata kuliner di Desa Cisande ini.

5. Desa wisata Gegesik Kulon, Cirebon 

Traveler Wajib Tahu, 5 Desa Wisata Terbaik di Jawa Barat 2021Desa wisata Gegesik Kulon, Cirebon (instagram.com/desawisata_gegesikkulon)

Desa wisata yang terakhir ialah Desa Gegesik Kulon di Kecamatan Gegesik, Kabupaten Cirebon. Wisata di desa ini lebih mengusung tema budaya. Destinasi di Desa Gegesik Kulon diantaranya ialah Seni Tatah Sungging Wayang Kulit Gagrak Cirebon yaitu pelatihan membuat wayang kulit oleh Ki Sawiyah, seorang pengrajin wayang kulit yang legendaris asal Cirebon. Selain wayang kulit, Anda juga bisa belajar seni ukir kayu di Desa Gegesik Kulon.

Di desa ini Anda juga bisa mencoba paket pelatihan Tari Topeng selama 1 bulan dan pelatihan bermain kendang selama 4 bulan. Selain itu juga terdapat jasa menunggang kuda keliling alun-alun dengan tarif yang cukup terjangkau yakni Rp20 ribu.

Selanjutnya ialah wisata kuliner. Desa Gegesik Kulon menyajikan kuliner-kuliner unik seperti Jajanan Geplak, Jajanan Opak, dan Manuk Brekek. Harganya pun cukup terjangkau yakni dari Rp15 ribu hingga Rp25 ribu.

Itulah lima desa wisata terbaik di Jawa Barat versi ADWI 2021. Dari desa-desa tersebut, semua memiliki kearifannya masing-masing. Dari wisata alam, budaya, edukasi, hingga kuliner bisa Anda temukan di sana. Buat yang hobi traveling jangan lupa berkunjung, ya!

Yuli dnc Photo Writer Yuli dnc

Man Jadda Wajada

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Chalimatus Sa'diyah

Berita Terkini Lainnya