Comscore Tracker

5 Fakta Villa Las Estrellas, Satu-Satunya Permukiman di Kutub Selatan

Satu-satunya tempat di Antarktika yang dihuni manusia!

Pernahkah kalian membayangkan bagaimana rasanya hidup di Antarktika? Atau pernahkah kalian bertanya-tanya, apakah di kutub selatan ada sebuah pemukiman penduduk?

Nah, perlu kalian tahu, meski Antartika adalah benua terdingin di dunia, nyatanya di sana masih ada pemukiman penduduk, lho! Yup, pemukiman tersebut dinamakan Villa Las Estrellas. Villa las Estrellas merupakan satu-satunya permukiman yang ditinggali manusia di Antarktika. Ada banyak keunikan dan fakta menarik mengenai permukiman Villa Las Estrellas di Kutub Selatan ini. Biar tidak penasaran, yuk, langsung disimak saja!

1. Merupakan distrik milik negara Chili

5 Fakta Villa Las Estrellas, Satu-Satunya Permukiman di Kutub SelatanVilla Las Estrellas (wikimedia.org)

Villa Las Estrellas merupakan pemukiman milik negara Chili. Pada awalnya, kawasan ini dibangun semata-mata untuk tempat penelitian. Namun, seiring berjalannya waktu, cukup banyak orang yang menjadikan tempat ini sebagai tempat tinggal, termasuk juga anak-anak dan perempuan. Meski memang dengan cuaca yang ekstrem, para penduduk tampaknya menikmati suasana di Villa Las Estrellas.

2. Populasi penduduk hanya sekitar ratusan orang

5 Fakta Villa Las Estrellas, Satu-Satunya Permukiman di Kutub SelatanVilla Las Estrellas (wikimedia.org)

Terletak di kutub selatan dan memiliki suhu yang sangat ekstrem tentu menjadi daya tarik tersendiri bagi sebagian orang. Villa Las Estrellas sebagai satu-satunya pemukiman di Antarktika setidaknya ditinggali oleh lebih dari seratus orang. Namun, jumlah ini hanya berlaku ketika sedang musim panas. Karena apabila telah tiba musim dingin dan suhu udara turun drastis, penduduk terpaksa harus mengungsi ke Chili.

Populasi yang hanya ratusan orang membuat kehidupan di Villa Las Estrellas begitu damai dan jarang terjadi kasus-kasus kriminal. Penduduk sangat menjaga kerukunan dan saling mengenal satu sama lain.

Baca Juga: Primitif dan Menolak Dunia Luar, Ini 5 Suku Paling Terisolasi di Dunia

3. Insfrastruktur di Villa las Estrellas

5 Fakta Villa Las Estrellas, Satu-Satunya Permukiman di Kutub SelatanGereja Villa las Estrellas (wikimedia.org)

Meski terpencil dan hanya dihuni oleh ratusan orang, nyatanya di Villa Las Estrellas masih terdapat banyak tempat umum seperti halnya di perkotaan. Sebut saja seperti sekolah, kantor pos, gereja, toko souvenir, pusat kebugaran, bahkan stasiun radio.

Selain itu, di pemukiman ini kalian juga punya kesempatan menikmati salju atau berseluncur sambil melihat makhluk-makhluk yang ada di kutub selatan, sebut saja seperti Penguin Kaisar bahkan paus pembunuh.

4. Dijadikan tempat wisata dan penelitian

5 Fakta Villa Las Estrellas, Satu-Satunya Permukiman di Kutub SelatanGereja di Villa Las Estrellas (wikimedia.org)

Bukan hal aneh apabila banyak orang yang tak bisa sampai di benua Antarktika. Namun, tak sedikit juga orang-orang di luar sana begitu nekat untuk menjelajah tempat terdingin di dunia itu.

Selain menjadi pemukiman, Villa Las Estrellas seakan sudah menjadi tempat wisata terunik di dunia. Cukup banyak para turis yang mengunjungi tempat ini terutama ketika musim panas. Bukan hanya itu, tempat ini juga dijadikan sebagai tempat penelitian, lho! Entah tentang kehidupan para penduduk atau juga untuk kepentingan sains.

5. Terdapat pemandangan malam yang menakjubkan

5 Fakta Villa Las Estrellas, Satu-Satunya Permukiman di Kutub SelatanPemandangan malam villa las estrellas (wikimedia.org)

Bukan hanya perihal cuaca dan hewan-hewan dari kutub selatan, hal-hal unik dan menakjubkan lainnya juga bisa ditemui di Villa Las Estrellas. Contohnya pemandangan aurora di malam hari. Panorama langit kutub selatan di malam hari memang tak kalah menawan dengan tempat lainnya. Bintang-bintang galaksi Bima Sakti tampak begitu jelas jika dilihat dari tempat ini.

Baca Juga: 5 Fakta Tristan Da Cunha, Tempat Paling Terpencil di Dunia

Deidara Oneechan Photo Verified Writer Deidara Oneechan

Pelajar, penulis amatir, dan novelis

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ernia Karina

Berita Terkini Lainnya