Comscore Tracker

Liburan ke Rusia, Jangan Lewatkan 5 Tradisi Unik Ini ya!

#WorldCup2018 Cuma bisa dilakukan di Rusia lho

Setiap negara pasti punya kebiasaan unik dalam masyarakat masing-masing. Begitu pula di Rusia. Ada beberapa kebiasaan yang sudah menjadi tradisi di negeri tersebut, yang mungkin tampak sangat unik bagi warga dari negara lain.

Berikut lima tradisi unik di Rusia yang perlu kamu coba saat berlibur ke Negara Beruang Merah itu.

1. Minum Zavarka dari Samovar

Liburan ke Rusia, Jangan Lewatkan 5 Tradisi Unik Ini ya!sportourism.id

Ada sebuah ketel logam khas Rusia bernama samovar yang selalu pasti hadir dalam setiap acara minum teh di negara tersebut. Sari daun teh hitam yang disebut zavarka akan diseduh di dalam ketel itu. Setelah mendidih, isinya dituang sedikit ke cangkir, dan ditambah dengan air panas. Biasanya juga tersedia biskuit dan roti, karena menyajikan teh tanpa disertai apapun dianggap tidak sopan di Rusia.

2. Minum Jus Getah Birch

Liburan ke Rusia, Jangan Lewatkan 5 Tradisi Unik Ini ya!kinkong.ru

Birch adalah sebuah pohon di Rusia, yang bisa menghasilkan getah sebagai jus. Jus getah birch adalah salah satu minuman tradisional paling populer di sana. Untuk mendapatkannya, dengan cara membuat lubang kecil di batang pohon sedalam 2 cm.

Lalu, masukkan sedotan dan letakkan gelas di bawahnya. Orang Rusia sendiri meyakini jus ini bisa menyehatkan jantung, melawan infeksi dan menyehatkan gigi.

3. Makan Borscht dengan Salo

Liburan ke Rusia, Jangan Lewatkan 5 Tradisi Unik Ini ya!eatalready.com

Sup sepertinya sudah jadi salah satu menu wajib dalam setiap makan siang orang Rusia. Salah satunya, borscht, tampak menyerupai salad yang dimasak dan disajikan dalam kuah kaldu. Biasanya sup ini akan disantap sebagai makanan pembuka, dengan salo atau roti dari lemak babi yang diawetkan; meski tak sedikit pula yang hanya makan sup saja. Makanya, tak salah jika orang Rusia tak bisa hidup tanpa sup.

4. Membersihkan diri di Banya

Liburan ke Rusia, Jangan Lewatkan 5 Tradisi Unik Ini ya!telegraph.co.uk

Pada berbagai wilayah di Rusia, ada tradisi di pemandian uap, atau banya, yang disebut 'membuang kurus'. Seseorang akan mengusapkan air ke badannya menggunakan telapan tangan, dan berkata, "Pergilah kurus, di sini bukan tempatmu." Tubuh yang gemuk dinilai sebagai simbol kesehatan sejak zaman Rusia kuno. Sedang mandi uap sendiri, bahkan digelar dalam sebuah festival dan dipertandingkan di sana.

5. Upacara Nevesty Vykup

Liburan ke Rusia, Jangan Lewatkan 5 Tradisi Unik Ini ya!xvatit.com

Tradisi ini ada dalam prosesi lamaran. Calon mempelai pria biasanya harus melakukan hal-hal konyol sebelum dipertemukan dengan calon istrinya. Mereka akan disuruh menari, bahkan mungkin diangkat di atas piring oleh teman-teman dan keluarga calon mempelai wanita. Namun, tentu saja kamu tak perlu sampai menikah dengan warga Rusia untuk bisa mengikuti tradisi unik yang disebut nevesty vykup ini.

Adela Eka Putra Marza Photo Community Writer Adela Eka Putra Marza

'Anak pesisir' dari tepi laut Pesisir Selatan, Sumatera Barat yang punya ketertarikan besar terhadap pariwisata dan budaya. Ia menikmatinya dalam setiap perjalanan, dan menuangkannya dalam tulisan.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You