Comscore Tracker

5 Kenikmatan Wisata Kuliner di Rumah Makan Lubuak Lagan, Padang

Buat kamu yang suka makanan khas asli Minangkabau

Sumatera Barat memang dikenal dengan kulinernya yang lezat-lezat. Kelezatan makanan itu bisa didapat di sejumlah rumah makan yang ada di Sumatera Barat.

Salah satu rumah makan yang menarik banyak pelanggan di Sumatera Barat adalah rumah makan Lubuak Lagan, yang berada di Kota Padang.

Rumah makan ini menyajikan masakan-masakan khas Minangkabau yang tak selalu ada di rumah makan di Sumatera Barat pada umumnya.

Singkat kata, rumah makan ini memberi kesan kenikmatan yang cukup beda dengan rumah makan lainnya di Sumatera Barat. Berikut ini adalah yang akan kamu dapatkan bila berkunjung ke Kota Padang, dan berwisata kuliner di Lubuak Lagan.

5 Kenikmatan Wisata Kuliner di Rumah Makan Lubuak Lagan, Padangmaps.google.com

1. Belut kering lado ijau yang 'kriuk-kriuk'

5 Kenikmatan Wisata Kuliner di Rumah Makan Lubuak Lagan, PadangIDN Times/Afif Permana

Di Sumatera Barat orang menyebutnya baluik kariang (belut kering). Makanan ini merupakan salah satu kuliner khas yang digemari masyarakat. Rasanya yang gurih dan kriuk-kriuknya menjadi penambah kenikmatan saat menyantapnya. Apa lagi bila dengan bumbu cabe hijau (lado ijau), rasanya selangit!

Namun, tak semua rumah makan masakan Minangkabau yang menyediakannya. Hanya beberapa, dan yang menyediakannya akan mudah diingat. Termasuk rumah makan Lubuak Lagan ini.

2. Ayam pop dari daging ayam kampung

5 Kenikmatan Wisata Kuliner di Rumah Makan Lubuak Lagan, PadangIDN Times/Afif Permana

Ayam pop adalah kuliner favorit dari Minangkabau selain rendang yang sangat dikenal. Namun, rupanya tidak semua rumah makan di Sumatera Barat yang menyajikannya. Padahal rasanya enak dan khas.

Ayam pop merupakan ayam goreng yang tampilannya putih pucat ketika selesai dimasak. Cara memasaknya sedikit beda, yaitu merebusnya dengan racikan bumbu dari kelapa muda dan bawang putih. Umumnya ayam pop disajikan bersama cabe merah giling dengan rasa pedas manisnya yang khas.

Di rumah makan Lubuak Lagan, ayam pop ini semakin terasa nikmat karena bahannya adalah ayam kampung. 

3. Gulai lokan (kerang) yang bikin ketagihan

5 Kenikmatan Wisata Kuliner di Rumah Makan Lubuak Lagan, PadangIDN Times/Afif Permana

Di Sumatera Barat, daging kerang atau lokan merupakan kuliner yang juga disukai. Ada yang menjadikan sate, ada yang menggorengnya dengan cabe merah, ada juga yang menggulainya seperti di rumah makan Lubuak Lagan.

Sama dengan ayam pop dan belut kering, tidak semua rumah makan menyediakannya. Sehingga, menu kuliner ini tergolong spesial.

Baca Juga: 5 Desa Adat di Sumatera Utara yang Sajikan Keunikan Budaya Batak

4. Camilan kue mangkuak badeta khas tradisional Minangkabau

5 Kenikmatan Wisata Kuliner di Rumah Makan Lubuak Lagan, PadangIDN Times/Afif Permana

Cukup terbilang jarang orang mengonsumsi kue mangkuak ini. Bahkan masyarakat di tempat asalnya, Sumatera Barat. Padahal rasanya enak dan bikin mau nambah terus.

Kue ini terbuat dari santan kelapa, tepung beras, gula merah, gula putih dan rempah-rempah. Adonannya ditempatkan di dalam tempurung kelapa yang digunakan sebagai mangkok (mangkuak).

Harganya relatif murah, sekitar Rp1000-1500 per kuenya. Di rumah makan Lubuak Lagan, kamu bisa menikmati kelezatannya setelah makan makanan berat.

5. Berkuliner lebih nikmat dengan suasana alam Lubuak Lagan

5 Kenikmatan Wisata Kuliner di Rumah Makan Lubuak Lagan, PadangIDN Times/Afif Permana

Rumah makan Lubuak Lagan berlokasi di kawasan Lubuak Minturun, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang. Lebih detil, rumah makan ini berada di tepi sungai Lubuk Minturun. Lebih tepatnya bersebelahan dengan jembatan yang di bawahnya mengalir air sungai tersebut.

Tentu saja keberadaan rumah makan Lubuak Lagan di titik itu membuat pengunjungnya merasakan sensasi berkuliner yang sangat alami dan sejuk. Sambil makan, ada suara aliran sungai jernih yang membuat pikiran tenang.

Tak hanya itu, bila melihat ke perairan sungai bebatuan itu, di beberapa titik dapat terlihat dengan jelas banyak ikan air tawar yang hidup di sana. Tentu saja ini pemandangan yang menyenangkan untuk dinikmati sambil menyantap makanan lezat.

Baca Juga: 5 Pilihan Kuliner Mi Enak di Solo dengan Harga Ramah Kantong, Cobain!

Afif Permana Photo Community Writer Afif Permana

Hobi menulis, Menggambar, dan Desain Grafis.Twitter: @afif_permana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

Just For You