Comscore Tracker

6 Bocoran Biaya Hidup per Bulan untuk Tinggal di New York City

Salah satu kota termahal, berapa ya biaya hidupnya?

Bayangkan kamu sedang membangun rencana untuk pindah ke New York City—rumah dari Patung Liberty, Times Square, dan Central Park. Tak hanya indah dan menakjubkan, New York City juga merupakan salah satu kota dengan biaya hidup termahal selain Hong Kong, Zurich, dan bahkan Jakarta.

Tapi seberapa mahal biaya hidup di New York City? Sebagai permulaan, mari kita lihat kota-kota lain di New York State—mereka cukup terjangkau dengan biaya hidup rata-rata yang hampir sama dengan sebagian besar kota di AS.

Untuk mengetahui apakah kamu mampu untuk tinggal di Empire State, kamu harus membandingkan biaya hidup di kota kamu tinggal saat ini dengan kota impianmu di New York State. Memangnya, berapa biaya yang diperlukan untuk tinggal di New York City?

1. Biaya beli dan sewa rumah

6 Bocoran Biaya Hidup per Bulan untuk Tinggal di New York Citypotret apartemen 1 juta dolar AS di New York City (dok. YouTube/Erik Conover)

Oke, mari kita mulai dengan biaya perumahan. Pada bulan Juli 2020, harga rumah rata-rata di New York adalah 527 ribu dolar AS (sekitar Rp7,6 miliar)—sekitar 51 persen lebih tinggi dari rata-rata nasional AS yaitu 349 ribu dolar AS (sekitar Rp5,1 miliar).

Sementara itu, rata-rata sewa bulanan untuk apartemen dua kamar tidur hampir 29 persen lebih tinggi daripada rata-rata nasional sebesar 1.200 dolar AS (Rp18 juta) per bulannya.

Dengan harga seperti itu, kamu mungkin akan berpikir dua kali untuk memulai karier akting di Broadway. Tapi ingat, New York State lebih besar dari Manhattan, di mana faktor biaya perumahan total 430 persen lebih tinggi dari rata-rata nasional! Nah, biaya kos-kosanmu per bulan sekarang berapa?

2. Biaya transportasi

6 Bocoran Biaya Hidup per Bulan untuk Tinggal di New York Citypotret Kota New York (unsplash.com/@wellsbaum)

Sebagai salah satu fitur paling terkenal di New York, sistem transportasi umum New York adalah salah satu yang terlengkap di dunia. Belum lagi, sistem ini beroperasi 24/7, yang membantu kota ini mendapatkan julukannya sebagai “Kota yang Tidak Pernah Tidur.”

Sistem transportasi yang luar biasa adalah kekuatan pendorong di balik status mengesankan New York sebagai satu-satunya kota di AS yang memiliki mayoritas rumah tangga tanpa kendaraan pribadi.

Sebagian besar penduduk New York bepergian ke tempat kerja dengan transportasi umum, bersepeda, atau berjalan kaki.

Rata-rata satu penduduk NYC menghabiskan 4.332 dolar AS (Rp63 juta) untuk biaya transportasi setiap tahun. Sementara keluarga dengan empat orang dengan dua anak menghabiskan 11.773 dolar AS (sekitar Rp169 juta). Kamu dapat memotong biaya ini dengan menggunakan transportasi umum sebagai metode utama untuk berkeliling.

Tiket MetroCard tak terbatas yang berlaku selama 30 hari bisa kamu beli seharga 127 dolar AS (sekitar Rp1,9 juta), yang berarti 1.524 dolar AS (sekitar Rp22 juta) per tahun untuk akses tak terbatas ke kereta bawah tanah dan bus lokal.

Singkatnya, jika kamu pindah ke NYC, bersiaplah untuk meluangkan waktu mempelajari cara menavigasi sistem transportasi umum kota yang besar jika ingin menghemat banyak.

3. Biaya makan

6 Bocoran Biaya Hidup per Bulan untuk Tinggal di New York CityPotret kota New York (unsplash.com/@alecimages)

Dari pizza hingga hot dog hingga hidden gem berupa pilihan masakan tradisional, New York punya semuanya. Jika kamu berencana untuk makan di luar, kamu harus memperhitungkan biaya tersebut dalam anggaran.

Makan tiga macam untuk dua orang di restoran kelas menengah akan dikenakan biaya minimal 100 dolar AS (sekitar Rp1,4 juta).

Namun, banyak gerobak dan kios makanan di mana-mana yang menghiasi jalan-jalan New York yang kemungkinan akan menjadi tempat pemberhentian makanan yang lebih umum untukmu. Kombo hotdog, soda, dan keripik kentang seharga 5 dolar AS (sekitar Rp72 ribu) yang terkenal mungkin bukan makanan paling sehat, tapi cukup enak dan murah.

Jika ingin menekan biaya dan memasak makananmu sendiri, kamu bisa menekan pengeluaran jadi 300 dolar AS (sekitar Rp4,4 juta) per bulan atau 3.690 dolar AS (sekitar Rp53 juta) per tahun untuk bahan makanan.

Baca Juga: 13 Potret Apartemen Seharga 1 Juta Dolar AS di New York City

4. Biaya perawatan kesehatan

6 Bocoran Biaya Hidup per Bulan untuk Tinggal di New York CityIlustrasi pelayanan kesehatan di New York City (unsplash.com/@hush52)

Perawatan kesehatan adalah pengeluaran penting yang harus kamu masukkan dalam anggaran bergerak.

Di New York City, rata-rata warga membayar 3 ribu dolar AS (sekitar Rp44 juta) per tahun untuk polis asuransi kesehatan. New York City memiliki beberapa klinik kesehatan yang bisa memberikan perawatan kesehatan gratis atau murah. Selain itu, kamu juga dapat menemukan informasi tentang pendaftaran dan pilihan asuransi kesehatan di halaman web Departemen Kesehatan milik kota.

5. Biaya utilitas (gas, listrik, internet, dll)

6 Bocoran Biaya Hidup per Bulan untuk Tinggal di New York CityIlustrasi memasak (unsplash.com/@tysonbrand)

Biaya utilitas rata-rata di New York City berjumlah 273 dolar AS (Rp4 juta) per bulan. Tarif ini mencakup utilitas dasar, termasuk air, listrik, dan gas. Biasanya tarif utilitas mungkin berbeda tergantung preferensi pribadi, apartemen, dan perjanjian sewa karena setiap apartemen mungkin menyediakan fasilitas yang tidak sama.

Rata-rata penduduk AS membayar 94 dolar AS (Rp1,4 juta) per bulan untuk layanan telepon seluler mereka dan sekitar 45 dolar AS (Rp650 ribu) untuk layanan internet.

6. Biaya lain-lain yang tidak termasuk biaya di atas

6 Bocoran Biaya Hidup per Bulan untuk Tinggal di New York CityIlustrasi penghitungan biaya (unsplash.com/@dandimmock)

Anggaran untuk kepindahan ke New York City harus sudah diperhitungkan matang-matang, artinya kamu harus memperhitungkan pengeluaran yang biasanya terlupakan di sebagian besar anggaran.

Jika kamu sudah pindah ke New York City, akan ada beberapa pengeluaran tambahan yang kadang masih terlupakan:

  • Pajak Penjualan: Tarif pajak penjualan kota dan negara bagian gabungan di New York City adalah 8,5 persen, tetapi dapat bervariasi tergantung pada apa yang kamu beli dan biayanya.
  • Pajak Penghasilan: Negara Bagian New York memungut tarif pajak penghasilan pada skala geser. Bergantung pada penghasilanmu, kamu bisa membayar mulai dari 4 persen hingga 10,90 persen dalam pajak penghasilan. Selain itu, kamu harus membayar pajak penghasilan yang dikenakan pemerintah kota yang berkisar antara 3,078 persen hingga 3,876 persen, tergantung pada penghasilanmu.
  • Biaya Parkir: Biaya rata-rata parkir bulanan di New York adalah 570 dolar AS per bulan atau 6.840 dolar AS per tahun. Ditambah kamu juga harus bayar pajak tambahan 8 persen untuk parkir, garasi, atau penyimpanan mobil di Manhattan.

Saat menganggarkan untuk hidup nyaman di kota baru, penting untuk menggunakan aturan standar tiga. Aturan ini hanya menyatakan bahwa untuk hidup nyaman dan membayar sewa, seseorang harus mendapatkan setidaknya tiga kali lipat sewa bulanan sebelum pajak.

Misalnya, biaya rata-rata apartemen satu kamar di Manhattan adalah 3.414 dolar AS. Untuk hidup nyaman, kamu harus mendapatkan setidaknya 10.242 dolar AS per bulan sebelum pajak. Agak ngenes, sih. Tapi kalau kamu memilih untuk tinggal di wilayah Bronx yang lebih terjangkau, kamu harus mendapatkan tiga kali lipat dari tarif sewa bulanan 1.716 dolar AS sebelum pajak, yang berjumlah 5.148 dolar AS.

Penting untuk dicatat bahwa beberapa perusahaan manajemen properti New York City juga mengharuskan calon penyewa untuk mendapatkan pendapatan setidaknya 40 kali sewa bulanan. Pastikan untuk memeriksa persyaratan gaji penyewa sebelum mengajukan aplikasi sewa. Tertarik untuk tinggal di New York?

Baca Juga: 5 Toko Cookies Lezat di New York, Surga Penggemar Kue! 

Robot Si Timmy Photo Verified Writer Robot Si Timmy

Moonlight bae.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Budi A.

Berita Terkini Lainnya