Comscore Tracker

7 Fakta yang Bikin Gumuk Pasir di Jogja Wajib Kamu Kunjungi

Mulai dari eduwisata sampai olahraga sandboarding

Selain dikenal sebagai kota budaya dan kota pelajar, Yogyakarta juga pantas untuk dijuluki sebagai daerah dengan beragam spot wisata yang unik. Ada banyak sensasi yang bisa dinikmati kalau kita berkunjung ke daerah yang diramaikan dengan para mahasiswa perantau dari berbagai wilayah Indonesia tersebut.

Banyak traveller yang memilih Yogyakarta sebagai destinasi. Pasalnya, daerah yang dipimpin oleh Sultan Hamengkubuwono X sebagai gubernur ini punya banyak tempat-tempat menarik yang patut dikunjungi. Salah satunya adalah Gumuk Pasir Parangkusumo.

1. Dijuluki Gurun Pasir mini di Yogyakarta

7 Fakta yang Bikin Gumuk Pasir di Jogja Wajib Kamu KunjungiDakatour.com

Sesuai dengan namanya, Gumuk pasir sendiri merupakan gundukan pasir. Tapi, bukan sekadar gundukan, melainkan gundukan pasir dengan jumlah volume yang banyak. Tidak berlebihan juga apabila Gumuk Pasir Parangkusumo sekilas terlihat layaknya lanskap gurun pasir. Bahkan, disebut-sebut seperti Gurun Sahara mini, lho!

2. Lokasinya berada di antara dua pantai

7 Fakta yang Bikin Gumuk Pasir di Jogja Wajib Kamu Kunjungihttps://instagram.com/nuranisa.h

Nah, kalau kamu kebetulan berkunjung ke pantai Parangtritis, nggak ada salahnya bahkan sangat dianjurkan buat melipir sedikit buat menikmati pemandangan Gumuk Pasir Parangkusumo. Pasalnya, lokasinya cukup dekat dari pesisir pantai di selatan Yogyakarta tersebut. Terlebih, posisinya diapit oleh dua pantai sekaligus yakni Pantai Parangtritis dan Pantai Depok. Jadi, sekali dayung dua tiga pulau terlampaui, bukan?

3. Salah satu perwakilan dari dua di dunia

7 Fakta yang Bikin Gumuk Pasir di Jogja Wajib Kamu Kunjungihttps://instagram.com/miaannur

Uniknya lagi nih, gundukan pasir pasir seperti ini konon hanya ada dua di dunia. Gumuk Pasir satunya ada di Meksiko. Karena itu, ada kebanggaan tersendiri ketika salah satu dari dua atraksi wisata tersebut juga membentang di salah satu daerah di Indonesia kita tercinta ini.

Baca Juga: Ke Jogja? Ini 13 Rekomendasi Buah Tangan yang Ekonomis dan Khas

4. Karya seni alami buatan alam

7 Fakta yang Bikin Gumuk Pasir di Jogja Wajib Kamu Kunjungihttps://instagram.com/putrisukmanp

Terbentuknya gundukan pasir raksasa yang membentang ini bukanlah proyek buatan, melainkan terbentuk dengan sendirinya. Gumuk Pasir Parangkusumo merupakan karya seni yang dibuat secara alami oleh proses alam. Material yang asalnya dari abu vulkanik disebut-sebut sebagai sumber utama terbentuknya lautan pasir tersebut.

5. Termasuk dalam kawasan Eduwisata

7 Fakta yang Bikin Gumuk Pasir di Jogja Wajib Kamu Kunjungihttps://instagram.com/siskaphitaloka

Proses berkumpulnya material pasir di sana terjadi secara perlahan-lahan, namun terus-menerus bertahun-tahun lamanya. Keberadaan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu di bagian utara Yogyakarta bersama dua sungai yakni Kali Opak dan Kali Progo turut andil pembentukannya.

Faktor vegetasi, kecepatan dan arah angin semakin menjadikan Gumuk Pasir terbentuk dengan proses alam yang kompleks. Material vulkanik gunung merapi tadi terbawa angin, aliran sungai, serta ombak ganas laut bagian selatan ke titik lokasi berkumpulnya pasir. Pantas apabila fenomena ini menjadi kawasan eduwisata yang seru buat dijajal.

6. Mempelajari lebih detail secara langsung

7 Fakta yang Bikin Gumuk Pasir di Jogja Wajib Kamu Kunjungipgsp.go.id

Menjadi salah satu destinasi eduwisata di Yogyakarta, Gumuk Pasir sendiri punya sarana buat para pengunjung yang ingin mengetahui lebih detail tentang fenomena alam yang unik ini. Adalah Laboratorium Geospasial Pesisir yang berdiri tidak dari lokasinya. Di bangunan yang diresmikan tahun 2006 ini, kita bisa memperoleh informasi lebih detail tentang bagaimana proses terbentuknya Gumuk Pasir Parangkusumo.

Perlu diketahui, Laboratorium tersebut diinisiasi oleh Badan Informasi Geospasial (BIG), bekerjasama dengan Fakultas Geografi UGM dan Pemerintah Daerah (Pemda) Bantul. Sebenarnya tugas utamanya adalah melakukan riset terkait segala sesuatu tentang aktivitas pesisir di sekitar sana, termasuk juga Gumuk Pasir Parangkusumo.

7. Spot utama bermain sandboarding

7 Fakta yang Bikin Gumuk Pasir di Jogja Wajib Kamu Kunjungihttps://instagram.com/sandboardingindonesia

Tidak berhenti di situ, belakangan ini, Gumuk Pasir Parangkusumo makin hits sebagai spot bermain selancar di atas lautan pasir, atau lebih dikenal dengan sebutan sandboarding. Kontur gundukan pasir yang tingginya bervariasi—di bebarapa titik—hingga beberapa meter, cocok dijadikan objek yang seru.

Jangan kaget apabila berkunjung ke sana, kalian bakal melihat view yang fotogenik dan keseruan orang-orang yang tengah asik bermain-main dengan papan seluncurnya saat sore hari hingga terbenanmnya matahari.

Baca Juga: 6 Hal yang Bikin Jogja Layak Dapat Gelar Destinasi Wisata Favorit

Harry Azhari Photo Community Writer Harry Azhari

darihari.wordpress.com | Manusia bergolongan darah AB yang garis tangannya berbentuk ABSTRAK minimalis kontemporer.

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Siantita Novaya

JADWAL SALAT & IMSAK

23
MEI
2019
18 Ramadan 1440 H
Imsak

04.26

Subuh

04.36

Zuhur

11.53

Asar

15.14

Magrib

17.47

Isya

19.00

#MILLENNIALSMEMILIH

Versi: 23 May 2019 15:45:03

Progress: 767.930 dari 813.350 TPS (94.41569%)

Just For You