Comscore Tracker

5 Wisata Air Terjun Tersembunyi di Bali, Pesonanya Memikat Hati

Keasriannya membuat jatuh hati

Mengunjungi Bali, kurang lengkap rasanya jika tidak singgah menikmati keindahan air terjun tersembunyi di Bali. Panoramanya yang tak kalah indah dengan pantai Bali membuat siapapun akan terhipnotis dan jatuh hati akan keindahannya.

Berikut daftar air terjun di Bali yang lokasinya tersembunyi namun penuh pesona keindahan.

1. Air Terjun Sekumpul

5 Wisata Air Terjun Tersembunyi di Bali, Pesonanya Memikat Hatiwanderersandwarriors.com

Berjarak kurang lebih 76 km dari kota Denpasar tepatnya terletak di desa Sekumpul, kecamatan Sawan, kabupaten Buleleng Bali, air terjun Sekumpul adalah air terjun tersembunyi di Bali Utara yang pesonanya terkenal sampai ke mancanegara. Karena letaknya yang tersembunyi, dibutuhkan tenaga yang extra untuk sampai ke lokasi.

Sesuai dengan namanya "sekumpul" yang berarti "berkumpul",  di sini pengunjung akan melihat sekumpulan air terjun dengan jumlahnya mencapai tujuh air terjun. Dikelilingi pohon yang rimbun, suara deburan air terjun yang jatuh dari ketinggian 100 meter, berpadu dengan kicauan burung mampu mengusir penatnya pikiran.

Karena letaknya berada di daerah pegunungan, udara air terjun Sekumpul begitu sangat sejuk, alamnya juga sangat masih asri, dan terjaga dengan baik. Siapapun yang berkunjung akan terpikat dengan suguhan keindahan air terjun Sekumpul.

Eloknya panorama alam air terjun Sekumpul juga menjadi obat paling ampuh mengusir rasa jenuh dari aktivitas yang padat

2. Air Terjun Nung Nung

5 Wisata Air Terjun Tersembunyi di Bali, Pesonanya Memikat Hatithecrowdedplanet.com

Letaknya yang tersembunyi di desa Plaga, Kecamatan Petang, tepatnya di ujung utara Kabupaten Badung, Bali, wisata air terjun Nungnung menyuguhkan pemandangan alam yang eksotis. Panorama yang disuguhkan wisata air terjun Nungnung ini mampu mengalihkan perhatian para wisatawan.

Alamnya sangat asri, pohon, dan tumbuhan hijau tumbuh rimbun mengelilingi air terjun Nungnung, deburan air yang deras, dan jernih mengalir dari ketinggian 50 meter membuat hati terpikat akan keelokannya. Indahnya kabut tebal dari hantaman air terjun dengan bebatuan menambah keeksotikan wisata air terjun Nungnung.

Meskipun letaknya yang tersembunyi, fasilitas yang disediakan cukup lengkap seperti tersedianya area parkir yang luas, beberapa gazebo, dan toilet.

Di sekitar lokasi air terjun juga terdapat warung makan khas Bali yang sediakan untuk pengunjung sehingga pengunjung tidak perlu khawatir jika akan mengunjungi wisata air terjun Nungnung.

Baca Juga: 5 Wisata Air Terjun Indah di Lombok, Panorama Alamnya Bikin Betah

3. Air Terjun Kanto Lampo

5 Wisata Air Terjun Tersembunyi di Bali, Pesonanya Memikat Hatimarariversafarilodge.com

Berbeda dengan air terjun pada umumnya yang berada di wilayah pegunungan atau dataran tinggi, wisata air terjun Kanto Lampo di Banjar Kelod Kangin, desa Beng, kecamatan Gianyar, Bali ini justru berada di wilayah dataran rendah dan bersuhu panas ketika siang hari.

Memiliki tekstur batuan yang berundak-undak dengan debit air yang deras menjadi daya tarik pengunjung untuk berkunjung. Aliran air terjun ini berasal dari dalam tanah dan dari luapan irigasi. Siapapun akan ketagihan ketika merasakan sensasi segarnya mandi di bawah guyuran air terjun Kanto Lampo.

Air yang mengalir dari atas sangat jernih dan segar sehingga penduduk setempat menggunakan air yang berasal dari Air Terjun Kanto Lampo ini sebagai air minum. Sambil menikmati segarnya guyuran air, pengunjung biasanya berswafoto dengan latar air terjun yang mengalir deras sehingga menghasilkan hasil gambar yang begitu artistik.

4. Air Terjun Aling - Aling

5 Wisata Air Terjun Tersembunyi di Bali, Pesonanya Memikat Hatiinstagram.com/saviortraveljogja

Siapa yang tidak terpikat dengan pesona keindahan air terjun Aling - aling? Letaknya yang berada di tengah hutan dan tersembunyi, dikelilingi oleh rerimbunan pohon dan tebing - tebing yang tinggi, debit air yang deras jatuh pada ketinggian 35 kilometer, serta warna biru tosca air terjun ini sungguh simponi alam yang sangat mengagumkan.

Air terjun yang berlokasi di desa Sambangan, kecamatan Sukasada, Buleleng, Bali ini masih sangat perawan jadi kamu akan merasakan sensasi memiliki air terjun pribadi. Suasana sejuk dan segarnya sangat cocok untuk melepas penat dan jenuhnya dari aktivitas yang padat.

Di sini pengunjung juga dapat menikmati segarnya air terjun Aling - aling dengan berenang atau mandi di bawah guyuran air terjun.

Untuk mencapai lokasi, memang dibutuhkan tenaga yang ekstra dan kehati - hatian, tetapi pengunjung tidak akan merasakan lelah karena panorama alam pegunungan yang asri akan menemani perjalanan setapak para pengunjung.

5. Air Terjun Yeh Ho

5 Wisata Air Terjun Tersembunyi di Bali, Pesonanya Memikat HatiYouTube.com/Hoosier Tim's Travel Videos

Ingin menikmati keindahan alam yang memukau dan merasakan sensasi milik air terjun pribadi? Kamu bisa mengunjungi air terjun tersembunyi Yeh Hoo yang berada di Jalan Gunungsari Umakayu, Jatiluwih, Tabanan, Bali. Keberadaan wisata air terjun ini masih tergolong baru dan belum terkenal sehingga kealamian dan keasrian alamnya sangat terjaga. 

Hanya memiliki ketinggian 8 meter, penduduk lokal menyebut air terjun Yeh Hoo adalah air terjun mini. Letaknya yang berada di atas ketinggian 700 mdpl dan berdekatan dengan gunung Batukaru, suasana sejuk dan segarnya hawa pegunungan di air terjun Yeh Hoo siap menyelimuti pengunjung yang datang.

Tidak lengkap rasanya jika sudah sampai di lokasi air terjun Yeh Hoo tidak membasahi diri dengan kesegaran air dari Air Terjun Yeh Hoo. Air yang dingin dan sangat jernih, debit airnya yang cukup deras, serta adanya kolam yang dangkal tepat di bawah air terjun membuat siapapun akan tergoda ingin berenang.

Suasa alamnya begitu syahdu karena dikelilingi pohon dan tumbuhan yang rimbun, serta suara kicauan burung yang menyatu dengan alam membuat siapa pun akan betah berlama - lama di sini menikmati keindahan panorama alam yang disuguhkan air terjun Yeh Ho. Suasana yang tenang jauh dari kebisingan, air terjun Yeh Hoo juga cocok untuk dijadikan tempat untuk olah raga yoga.

Itu dia ke lima air terjun di Bali yang tersembunyi. Jangan lupa jika kamu berkunjung ke sana harus tetap bisa menjaga keasriannya ya.

Baca Juga: 5 Rekomendasi Kedai Nasi Pedas di Bali yang Bikin Nendang di Lidah

Cocochip Safitri Photo Community Writer Cocochip Safitri

Just out the think

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Just For You