Comscore Tracker

3 Destinasi Anti Mainstream di Sukoharjo, Cocok untuk 'One Day Trip'

Seru, bisa pergi sendiri atau teman!

Tentu melakukan One Day Trip mempunyai sensasi yang tersendiri. Bagaimana traveler dituntut bisa pergi ke beberapa tempat dalam waktu yang terbatas, tapi tidak menghilangkan esensi dari liburan itu sendiri, membuat pikiran menjadi lebih segar kembali. Oleh karena itu, destinasi-destinasi yang dikunjungi sebaiknya destinasi baru yang tidak terlalu ramai dikunjungi oleh para turis.

Salah satu tempat pilihan yang bisa kamu kunjungi adalah Sukoharjo, kawasan yang tidak jauh dari Kota Solo, sehingga bisa dijangkau dengan mudah dan pergi ke beberapa destinasi dalam waktu satu hari. Simak tiga destinasi antimainstream di Sukoharjo yang bisa kamu kunjungi dalam satu hari saja untuk One Day Trip yang menyenangkan.

1. Gunung Sepikul

Meskipun bernama gunung, namun untuk mencapai destinasi ini tidaklah sulit. Gak perlu mendaki gunung-gunung yang membutuhkan waktu pendakian hingga 6 jam.

Untuk sampai di puncak Gunung Sepikul sendiri hanya membutuhkan waktu sekitar 10 hingga 20 menit, lantaran gunung ini adalah gunung purba yang hanya tersisa tebing-tebing bebatuan karangnya yang indah.

Menurut legenda dari masyarakat, konon bebatuan di kawasan Gunung Sepikul ini adalah sumber batu yang dibawa oleh jin yang diperintahkan oleh Bandung Bondowoso yang diminta oleh Roro Jonggrang membangun candi dalam waktu semalam.

Keunikan dan keindahan dari Gunung Sepikul sendiri dari bentang alam yang ditawarkan memanjakan mata dengan waktu tempuh yang singkat dan tidak membutuhkan tenaga ekstra untuk mencapai puncaknya.

Gunung Sepikul

Alamat: Kerten, Tiyaran, Bulu, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah 57563
Jam Buka: 05.00-18.00 WIB
Tiket Masuk: Free
Parkir: Rp2000

2. Telaga Claket

Baca Juga: Mengintip The Blooms Garden, Destinasi Wisata yang Lagi Hits di Bali

Usai dari Gunung Sepikul, kamu bisa melanjutkan perjalanan ke Telaga Claket yang terletak di perbatasan antara Sukoharjo dan Wonogiri. Telaga Claket bisa ditempuh dengan kendaraan bermotor dalam waktu sekitar 30 menit.

Telaga Claket menawarkan pesona danau hijau dengan latar perbukitan kecil hijau yang memanjakan mata, akan membuat setiap pengunjung yang datang merasa lebih tenang dan nyaman.

Ada salah satu spot Instagramable di Telaga Claket yang berbentuk seperti jembatan yang menjorok ke tengah telaga sehingga kamu bisa berfoto dengan lanskap telaga dan bukit-bukit yang mengelilinginya.

Kamu juga bisa menyewa perahu untuk ke tengah telaga atau sekadar menyusuri tepi-tepi telaga dengan berjalan kaki dan bila masih mempunyai tenaga lebih bisa mendaki ke atas bukit indah yang ada di seberang telaga.

Di tepian Telaga Claket juga terdapat joglo, atau pondokan-pondokan kecil yang bisa digunakan untuk beristirahat sembari memesan makanan dan minuman yang dijual di sekitar Telaga Claket

Telaga Claket

Alamat: Jalan laket, Ngawen, Keblokan, Sendangijo, Kec. Selogiri, Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah
Jam Buka: 06.00-18.00 WIB
Tiket Masuk: Rp20.000
Parkir: Rp 2000

3. Dam Colo

Dam Colo atau Bendung Colo sebenarnya bukan tempat wisata, melainkan bendungan penampung air dari Waduk Jatiluhur bila sewaktu-waktu akan meluap.

Bendung Colo sendiri dibangun sejak zaman pemerintahan Presiden Soeharto, jadi dari usia bendungannya sendiri sudah sangat lama, tapi masih bisa bertahan dengan kokoh hingga sekarang ini.

Salah satu daya tarik dari Bendung Colo adalah adanya balok kotak-kotak di tengah sungainya yang ditata sangat simetris dan rapi, sehingga terlihat Instagramable untuk anak-anak kekinian.

Namun untuk turun berfoto diantara balok-balok tersebut kamu harus ekstra hati-hati, karena terlebih dahulu harus menuruni dinding curam dengan sudut sekitar 45 derajat yang cukup ekstrem.

Bila sudah berhasil menuruni ke area sungai, foto yang bisa kamu tangkap menggunakan kameramu pun akan terlihat sangat cantik dan Instagramable.

Dam Colo

Alamat: Jemb. Bendung Colo, Jetis, Pengkol, Kec. Nguter, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah
Jam Buka: 24 Jam
Tiket Masuk: Free
Parkir: Free

Nah, itu tadi destinasi wisata di Sukoharjo yang bisa dikunjungi dalam satu hari. Salah satu tips bila kamu ingin melakukan One Day Trip, tidak perlu terobsesi bisa mendatangi banyak tempat tetapi kamu malah kehilangan momen untuk menikmati traveling dengan waktu yang terbatas.

Baca Juga: One Day Trip ke Seoul, Siapa Takut?

Gigih Prayitno Photo Community Writer Gigih Prayitno

Freelance Writer| Blogger | Editor | Copy Writter | Email : gigiih89@gmail.com

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Erwanto

Just For You