Comscore Tracker

5 Hal Ini Akan Langsung Kamu Alami Saat Pertama Kali Datang ke Rusia

#Rusiana Pastinya menjadi pengalaman tak terlupakan

Rusia masuk dalam jajaran negara paling luas sedunia. Negara yang berdekatan dengan kawasan kutub utara ini dulunya dipimpin oleh keluarga Tsar, sebelum akhirnya terjadi revolusi pembenyukan Uni Soviet dan terpecah kebeberapa bagian negara. Pecahan itu di antaranya ada Kazakhstan, Turkmenistan, dan Uzbekistan.

Nah, selain fakta-fakta tersebut masih ada lagi nih yang bakal membuatmu takjub sekaligus tercengang saat pertama kali datang ke negara Beruang Merah ini. Apa saja? Simak yuk!

1. Dinginnya cuaca ekstrem Rusia memaksamu mengenakan pakaian super tebal

5 Hal Ini Akan Langsung Kamu Alami Saat Pertama Kali Datang ke RusiaBloomberg.com

Musim dingin di Rusia termasuk yang paling panjang dan mencekam lho. Untuk suhu terhangatnya saja masih minus empat belas derajat celcius, bayangkan bagaimana jika musim dingin sudah mencapai puncaknya. Karena itulah kamu harus selalu siap sedia dengan pakaian yang kamu kenakan. Mulai dari mantel, penutup kepala, sarung tangan, sepatu, dan lain sebagainya.

Semua harus lengkap. Saking dinginnya, demi keselamatan dan kenyamanan drimu sendiri, gak jarang kamu sampai harus memakai pakaian tebal rangkap lima lho. Iya, benar! Apalagi buat masyarakat tropis seperti kamu! Pastinya nyusahin banget deh!

2. Tersesat karena informasi jalur metro yang ditulis dalam abjad Cyrilic

5 Hal Ini Akan Langsung Kamu Alami Saat Pertama Kali Datang ke Rusiarbcant.us

Kalau bepergian dari satu tempat ke tempat lainnya, moda transportasi yang paling umum digunakan adalah metro. Selain murah meriah dan tiba tepat waktu, kereta bawah tanah super cepat ini mampu membawamu kemana saja tanpa resiko terjebak macet!

Memang menyenangkan dan amat sangat berguna, apalagi kondisi stasiun yang terawat dan penuh nilai artistik khas gaya Rusia. Tapi celakanya, bila kamu tidak bisa membaca abjad Cyrilic yang digunakan oleh sebagian besar stasiun, bisa dipastikan kamu bakal tersesat nih.

Papan petunjuk jalur metro memang ditulis dalam bahasa nasional Rusia dan tentu berbeda dengan bentuk huruf alfabet yang kamu kenal. So, kalau udah terlanjur kejadiannya begini , kamu cuma punya dua jalan keluar: lihat informasi website resmi atau tanya-tanya sama orang Rusia yang kebetulan fasih berbahasa Inggris.

3. Warga lokal yang ‘pelit’ senyum membuatmu merasa gak diterima

5 Hal Ini Akan Langsung Kamu Alami Saat Pertama Kali Datang ke Rusialifehacks.io

Bukan berarti mereka gak ramah dan bersahabat sama kamu ya! Orang Rusia memang terkenal dingin dan cuek banget, maklumlah warga internasional yang hidup di negara sekuler. Tapi, ternyata ini bukan dipengaruhi arus modernisasi atau gaya hidup arah kebarat-baratan lho!

Bisa dibilang, pelit senyum sudah menjadi kebiasaan orang–orang Rusia yang berakar dari nilai budaya lokal sejak lama. Mereka beranggapan bahwa senyum hanya pantas diberikan kepada teman, keluarga, atau kerabat dekat. Mereka nyaris gak pernah tersenyum sama orang asing. Kalaupun iya, paling cuma sekedar senyum kaku tanpa makna apa-apa .

Jadi, jangan heran ya bila kamu menemukan dirimu seolah-olah gak diterima di tengah kerumunan orang Rusia. Meskipun gak semuanya, tapi pada umumnya karakter bawaan mereka ya memang gitu!

4. Para perempuan muda yang tampil stylish dan mobil-mobil mewah bertebaran di mana-mana

5 Hal Ini Akan Langsung Kamu Alami Saat Pertama Kali Datang ke Rusiathe-style-stalker.tumblr.com

Pesona jelita perempuan muda Rusia sudah menyebar ke mana-mana. Dunia mengakui bahwa negara Beruang Merah itu adalah gudangnya perempuan dengan paras cantik natural, perpaduan unik antara wajah masyarakat timur dan barat. Sebab Rusia terletak persis di persimpangan negara-negara Asia Tengah dan Eropa Utara, menjadikan penduduk aslinya memiliki silang gen khusus yang tentu berdampak pada tampilan tubuh mereka. Kulit putih pucat, mata biru menawan, dan bentuk wajah dengan tulang pipi tinggi tampak semakin menonjol di antara gaya berpakaian yang stylish.

Di penjuru kota-kota besar, seperti Moscow misalnya, bakal sering kamu jumpai perempuan muda Rusia yang pergi menyusuri jalan setapak memakai high heels dan tas kulit mahal. Tak terkecuali ketika sedang mampir ke minimarket, apotek, atau taman sekalipun. Apa lagi kalau perginya naik mobil mewah milik sendiri seperti Volda, Gazel, Roll-Royce, dan Porsche. Wih, tambah keren abis pastinya!

5. Kamu bisa menemukan volka dan kentang di setiap restoran yang kamu kunjungi

5 Hal Ini Akan Langsung Kamu Alami Saat Pertama Kali Datang ke Rusiasquarespace.com

Makanan pokok bagi masyarakat Rusia adalah kentang yang tumbuh subur di daerah beriklim sejuk seperti Kaukasus dan Basin. Tanaman komoditi ini begitu populer di sana dan kerap diolah menjadi berbagai macam makanan lezat, sebut saja sup Borsh dan Mushroom Potatoes.

Masyarakat Rusia rutin menanam kentang sejak awal musim panas untuk dipanen lima-enam bulan kemudian menjelang musim dingin. Ini penting dilakukan supaya mereka tidak kekurangan cadangan makanan selama musim dingin yang hebat.

Sedangkan untuk minuman penghangatnya sendiri mereka memilih vodka yang dicampur teh. Vodka kerap ditemui di beberapa toko kecil di jalan-jalan Rusia dan dijual bebas, mengingat besarnya kegunaan minuman ini sebagai pengusir hawa dingin.

Jadi, sudah menjadi pemandangan umum bila kamu melihat betapa banyaknya warga lokal yang duduk di bangku-bangku outdoor sembari menenggak vodka dan ngemil olahan kentang, nyaris sepanjang waktu, selama musim dingin.

Gimana? Sudah punya list buat berkunjung ke negara unik yang satu ini?

Hermanda Photo Community Writer Hermanda

creative person for creative writing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Arifina Aswati

Just For You