Comscore Tracker

Yuk, Mengulik Cerita Unik dari 6 Istana Kepresidenan di Tanah Air Ini

#PANJATPOIN Ceritanya apa saja ya?

Mendengar kata 'istana', benakmu mungkin langsung membayangkan suasana kerajaan. Padahal, istana tidak melulu tentang raja dan ratu.

Meskipun bentuk negara Indonesia bukanlah kerajaan, melainkan republik dan presiden sebagai kepala negara, bukan berarti Indonesia tidak memiliki istana. Bahkan Indonesia memiliki 6 bangunan istana yang masih aktif digunakan hingga sekarang.

Buat kamu yang belum tahu, inilah cerita unik dari bangunan istana kepresidenan di Tanah Air. Simak bersama, yuk!

1. Istana Merdeka, Jakarta

Yuk, Mengulik Cerita Unik dari 6 Istana Kepresidenan di Tanah Air Iniinstagram.com/dokter_pew

Yang pertama dan tentu gak asing di telingamu adalah Istana Merdeka yang terletak di Jalan Medan Merdeka Utara No.3 Jakarta Pusat. Siapa sangka, istana yang setiap tahunnya mendapat kehormatan sebagai lokasi peringatan hari proklamasi kemerdekaan Indonesia ini dulunya bernama Istana Gambir.

Namanya kemudian berubah menjadi Istana Merdeka ketika Indonesia resmi merdeka. Pekik 'Merdeka' membahana di halaman Istana Gambir. Sehingga sejak saat itulah Presiden Soekarno mengubah namanya menjadi Istana Merdeka.

2. Istana Negara, Jakarta

Yuk, Mengulik Cerita Unik dari 6 Istana Kepresidenan di Tanah Air Iniinstagram.com/fahmihorn

Istana berikutnya yaitu Istana Negara yang letaknya masih satu komplek dengan Istana Merdeka, tepatnya di Jalan Veteran No.17 Jakarta Pusat. Istana Negara mengusung gaya arsitektur Yunani yang tampak dari pilar-pilar besar pada bagian depan bangunan.

Menilik sejarahnya, Istana Negara dulunya merupakan kediaman pribadi seorang pengusaha Belanda yang kaya raya. Di tahun 1816, bangunan tersebut sempat menjadi tempat tinggal Gubernur Jenderal, pemimpin tertinggi pada masa pemerintahan Belanda. Ketika itu, Istana Negara masih disebut sebagai Puri Gubernur Jenderal.

3. Istana Bogor, Bogor

Yuk, Mengulik Cerita Unik dari 6 Istana Kepresidenan di Tanah Air Iniinstagram.com/travelphotologue

Beralih ke provinsi Jawa Barat, ada istana presiden yang juga sangat familier. Apalagi kalau bukan Istana Bogor yang berlokasi tepat di jantung Kota Bogor. Kamu bisa dengan mudah mencapai halaman depan Istana Bogor dengan berjalan kaki sejauh 900 meter dari Stasiun Bogor.

Memiliki nama Belanda "Istana Buitenzorg" atau "San Souci" yang berarti bebas dari masalah, istana tersebut dibangun pada tahun 1744. Di dalamnya, tumbuh ratusan pohon besar yang rindang.

Supaya istana makin ramai, pemerintah Belanda pada masa itu mendatangkan enam pasang rusa totol dari India. Kini, rusa-rusa totol tersebut telah berkembang biak dan menghiasi halaman utama Istana Bogor.

Baca Juga: 7 Fakta Menarik Istana Buckingham, Kediaman Para Ratu Inggris 

4. Istana Cipanas, Cianjur

Yuk, Mengulik Cerita Unik dari 6 Istana Kepresidenan di Tanah Air Iniinstagram.com/mohammadkohar

Masih berada di provinsi Jawa Barat, kamu bisa temukan istana presiden berikutnya tepatnya di Kabupaten Cianjur, yaitu Istana Cipanas. Masih asing mendengarnya? Padahal, Istana Cipanas tersebut menjadi istana tertua dan terluas di Indonesia, lho.

Tepatnya tahun 1742, Gubernur Jenderal Belanda pada masa itu mulai membangun komplek istana. Pembangunannya sendiri dilatarbelakangi oleh ditemukannya sumber air panas yang keluar tanpa henti dari dalam tanah oleh penduduk setempat di tahun 1740. Makanya, istana tersebut dinamakan Istana Cipanas yang dalam Bahasa Sunda memiliki arti air panas.

Kini, Istana Cipanas lebih sering difungsikan sebagai lokasi peristirahatan kepresidenan.

5. Istana Gedung Agung, Yogyakarta

Yuk, Mengulik Cerita Unik dari 6 Istana Kepresidenan di Tanah Air Iniinstagram.com/susidarto

Selanjutnya adalah Istana Yogyakarta atau sering disebut sebagai Gedung Agung.

Kamu pasti tidak mengira kan kalau di Yogyakarta juga ada istana kepresidenan? Gedung Agung ini menjadi lokasi Presiden Soekarno dan Wakil Presiden Mohammad Hatta mengungsi ketika Belanda tidak mengakui kemerdekaan Republik Indonesia.

Di gedung itulah kedua proklamator tersebut tinggal sampai Belanda bersedia mengakui kemerdekaan Indonesia pada tanggal 28 Desember 1949. Gedung Agung sendiri merupakan julukan yang diberikan masyarakat Yogyakarta yang bermakna gedung yang berwibawa.

6. Istana Tampak Siring, Gianyar

Yuk, Mengulik Cerita Unik dari 6 Istana Kepresidenan di Tanah Air Iniinstagram.com/wayantours

Terakhir, tentu saja Istana Tampak Siring di Gianyar, Bali. Kalau kamu sedang jalan-jalan ke Bali, gak ada ruginya untuk menyempatkan berkunjung ke komplek istana yang menyimpan cerita sejarah tersebut.

Istana yang dibangun setelah Indonesia merdeka ini, tepatnya pada tahun 1957, merupakan hasil prakarsa Presiden Soekarno yang menginginkan tempat yang sejuk sebagai lokasi peristirahatan kepala negara dan keluarganya, serta para tamu-tamu negara. Di desa Tampak Siring-lah kemudian bangunan itu didirikan.

Konon, nama Tampak Siring diambil dari kisah seorang raja jahat yang melarikan diri ke hutan dengan memiringkan kakinya supaya tidak meninggalkan jejak. Kawasan hutan tersebut kemudian dijuluki Tampak Siring yang berarti telapak miring.

Nah, itulah tadi enam istana kepresidenan di Indonesia dengan cerita-cerita unik dibaliknya. Semoga bisa semakin menambah wawasanmu dengan tempat-tempat bersejarah di Tanah Air, ya!

Baca Juga: 5 Istana Megah di Pulau Sumatera Ini Cocok Lengkapi Wisata Sejarahmu!

Intan Deviana Photo Verified Writer Intan Deviana

Suka jalan-jalan, suka foto-foto, suka nulis :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya