Comscore Tracker

Legendaris! 7 Fakta Menarik Macy's Thanksgiving Parade di New York

Parade Macy's Thanksgiving hanya batal 3x sejak tahun 1924

Masyarakat di negeri Paman Sam baru saja merayakan hari Thanksgiving yang jatuh pada tanggal 26 November kemarin. Perayaan Thanksgiving secara tidak langsung menandai permulaan holiday season khususnya di kota New York.

Selain menikmati hidangan kalkun panggang dan pumpkin pie, perayaan Thanksgiving juga identik dengan parade yang diselenggarakan setiap tahun oleh Macy's yang merupakan pusat perbelanjaan terbesar di Amerika Serikat.

Parade Macy's Thanksgiving ini diselenggarakan setiap tahun di hari Thanksgiving di kota New York dan disiarkan oleh stasiun TV. Parade ini begitu spesial karena selain menghadirkan artis dan aktor terkenal, kita juga dapat melihat kreativitas pekerja seni dalam mendekor kereta untuk parade dan juga mendesain balon hias dengan tema yang lucu.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai parade Macy's Thanksgiving yang begitu legendaris? Mari kita simak ulasannya.

1. Awalnya disebut Macy's Christmas Parade

Legendaris! 7 Fakta Menarik Macy's Thanksgiving Parade di New Yorkmacysparadepress.com

Melansir dari laman CNN, parade ini awalnya merupakan parade natal yang diselenggarakan oleh karyawan Macy's untuk merayakan perluasan toko mereka. Nama festival ini kemudian diganti menjadi Thanksgiving Day Parade di tahun 1927.

Laman CNN juga menyebutkan bahwa Macy's bukanlah parade Thanksgiving pertama di Amerika. Parade pertama diselenggarakan oleh Gimbel Brothers yang juga merupakan pusat perbelanjaan di kota Philadelphia dengan sebutan Gimbels Thanksgiving Day Parade tahun 1920. Nama parade kemudian berubah menjadi 6abc Dunkin' Donuts Thanksgiving Day Parade. 

2. Parade pertama dilaksanakan di tanggal 27 November 1924

Legendaris! 7 Fakta Menarik Macy's Thanksgiving Parade di New Yorkmacysparadepress.com

Macy's melangsungkan parade di kota New York untuk pertama kalinya tanggal 27 November 1924. Parade dimulai dari persimpangan 145th street dengan Convent Avenue hingga Herald Square di jalan 34th Street, tempat pusat perbelanjaan Macy's berada. 

3. Parade baru tayang di layar TV tahun 1946

Legendaris! 7 Fakta Menarik Macy's Thanksgiving Parade di New Yorkmacysparadepress.com

Kala itu parade Macy's Thanksgiving hanya dapat dinikmati oleh penduduk yang tinggal di kota New York. Mereka yang tinggal di luar New York hanya dapat mendengar dan membayangkan visualisasi parade lewat siaran radio.

CNN menyebutkan bahwa siaran langsung parade pertama kalinya muncul di tahun 1946 tetapi hanya untuk area New York saja. Di tahun berikutnya stasiun TV NBC menayangkan parade ini secara nasional.

4. Mengikutsertakan binatang dari kebun binatang Central Park 

Legendaris! 7 Fakta Menarik Macy's Thanksgiving Parade di New Yorkmacysparadepress.com

Awalnya di parade ini, Macy's mengikutsertakan hewan dari kebun binatang Central Park. Hanya saja karena rute yang panjang, konon hewan-hewan ini sempat mengaum sehingga membuat pengunjung yang masih anak-anak merasa takut. Akhirnya Macy's tidak lagi menggunakan hewan di parade tahunan mereka. 

Baca Juga: 8 Cerita di Balik Makanan Thanksgiving, dari Ayam Kalkun sampai Wine

5. Atraksi balon hias menjadi ikon Macy's 

Legendaris! 7 Fakta Menarik Macy's Thanksgiving Parade di New YorkInstagram.com/voyanyc

Untuk mengganti atraksi hewan di dalam parade, Macy's menggunakan balon hias dengan karakter lucu seperti Clifford, Snoopy, dan Sponge Bob. Atraksi balon hias ini menjadi terkenal apalagi setelah debut dari balon Felix the Cat yang merupakan rancangan Sarg di tahun 1927. 

5. Parade diakhiri dengan kehadiran Santa Klaus

Legendaris! 7 Fakta Menarik Macy's Thanksgiving Parade di New Yorkmacysparadepress.com

Macy's parade selalu diakhiri dengan Santa Klaus yang naik kereta santa dan kemudian Santa masuk ke toko Macy's yang terletak di Herald Square di jalan 34th street.

Dilansir dari Daily Mail, Edmund Gwenn yang berperan sebagai Kris Kringle di film Miracle of 34th Street, mengenakan kostum Santa Klaus di parade Macy's Thanksgiving tahun 1946.

6. Setidaknya 8000 orang dibutuhkan untuk menyiapkan Parade Macy's Thanksgiving

Legendaris! 7 Fakta Menarik Macy's Thanksgiving Parade di New YorkInstagram.com/macysparade2020

Laman Daily Mail menyebutkan bahwa setiap tahunnya paling tidak ada 8000 orang yang berpatisipasi di acara parade Macy's Thanksgiving. Dari 8000 orang tersebut, 200 orang menyiapkan kostum untuk 2000 orang yang membawa balon dan 4000 sukarelawan, 400 anak-anak, 900 badut, dan 300 orang yang mengawal balon hias.

7. Macy's hanya pernah membatalkan parade sebanyak 3 kali semenjak tahun 1924

Legendaris! 7 Fakta Menarik Macy's Thanksgiving Parade di New YorkInstagram.com/cncoporelmundo

Mengutip dari laman DailyMail, Macy's hanya pernah membatalkan parade mereka sebanyak 3 kali dan itu disebabkan perang dunia kedua. Bahkan di tahun 2020 ini, Macy's tetap melangsungkan parade dengan rute yang lebih pendek dan hanya dapat disaksikan lewat siaran TV.

Itulah 7 fakta menarik tentang parade Macy's Thanksgiving yang sudah berlangsung selama 96 tahun. Parade ini disaksikan oleh penduduk Amerika dan penonton dari berbagai belahan dunia.

Meskipun tahun ini masyarakat tidak bisa melihat secara langsung dikarenakan pandemik virus Corona, tetapi Macy's tetap melangsungkannya dan masyarakat dapat menyaksikan lewat stasiun TV.

 

Baca Juga: Selain Amerika, 7 Negara Ini Juga Ada Festival Thanksgiving yang Unik

MW S Photo Verified Writer MW S

"Less is More" Ludwig Mies Van der Rohe. I post pictures of travel destinations and random things on Instagram @m.w.s.34

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya