Comscore Tracker

8 Hal yang Bikin Kamu Betah Berlama-lama di Perpustakaan Nasional RI

Ada musem dan layanan teater mini juga, lho!

Diresmikan oleh Presiden Joko Widodo sejak 14 September 2017 lalu, Perpustakaan Nasional RI tak pernah sepi pengunjung. Memiliki tinggi mencapai 126,63 meter dengan 24 lantai gedung layanan, Perpustakaan Nasional RI ini menjadi perpustakaan tertinggi di dunia, lho.

Menariknya lagi, jika dilihat dari katalog online, perpustakaan kebanggaan Indonesia ini telah menyimpan ribuan judul buku yang pastinya bermanfaat bagi keperluan pelajar, mahasiswa, maupun masyarakat umum. 

Selain koleksi bukunya yang sangat lengkap, Perpustakaan Nasional RI juga memanjakan pengunjung dengan beberapa fasilitas keren. Berikut delapan hal menarik yang bikin kamu betah berlama-lama berada di Perpustakaan Nasional RI. 

1. Museum Perpustakaan Nasional 

8 Hal yang Bikin Kamu Betah Berlama-lama di Perpustakaan Nasional RIMuseum Perpustakaan Nasional RI (dok. Pribadi/Raina Zaakiyah)

Untuk tiba di gedung pelayanan Perpustakaan Nasional RI, kamu harus melewati sebuah gedung cagar budaya yang difungsikan seperti sebuah museum. Pada gedung ini terdapat empat ruangan yang saling berhadapan, yaitu ruang perpustakaan, ruang aksara, ruang media, dan ruang peristiwa membaca. 

Pada masing-masing ruangan disediakan layanan virtual yang menampilkan audio dan visual yang berisi informasi menarik tentang ruangan itu sendiri. Keren banget, kan? Sebab selain membaca, kamu juga bisa berwisata edukasi. 

2. Terdapat ribuan koleksi buku bacaan 

8 Hal yang Bikin Kamu Betah Berlama-lama di Perpustakaan Nasional RIkoleksi buku bacaan di Perpustakaan Nasional RI (dok. Pribadi/Raina Zaakiyah)

Menyimpan ribuan koleksi buku bacaan, membuat perpustakaan yang letaknya berhadapan langsung dengan Monumen Nasional (Monas) ini menjadi tempat favorit bagi para pelajar dan mahasiswa. Referensi buku yang lengkap memudahkan mereka untuk mengerjakan tugas. 

Selain menyediakan koleksi buku dari berbagai disiplin ilmu, Perpustakaan Nasional RI juga menyediakan buku bacaan seperti novel dan komik untuk anak-anak yang tersedia di lantai 7. Mantap banget!

3. Fasilitas WiFi gratis dan tempat charger di setiap sudut ruangan  

8 Hal yang Bikin Kamu Betah Berlama-lama di Perpustakaan Nasional RIruang baca di perpustakaan Nasional RI (dok. Pribadi/Raina Zaakiyah)

Fasilitas WiFi dengan kecepatan tinggi semakin membuat kamu betah berlama-lama berada di perpustakaan tertinggi di dunia ini. Eits, gak hanya itu saja, Perpustakaan Nasional RI juga memanjakan pengunjungnya dengan menyediakan tempat charger di setiap sudut, lho. Cocok banget buat kamu yang lagi sibuk mengerjakan skripsi, nih!

Didukung dengan ruang baca yang nyaman dan estetik, bikin kamu semakin fokus untuk membaca ataupun mengerjakan tugas. Suasananya juga adem banget karena dilengkapi pendingin ruangan.

4. Layanan teater mini

8 Hal yang Bikin Kamu Betah Berlama-lama di Perpustakaan Nasional RIpengumuman nonton bareng film SOEGIJA di layanan teater mini Perpustakaan Nasional RI (instagram.com/perpusnas.go.id)

Nah, hal lain yang cukup menyita perhatian adalah layanan teater mini. Secara rutin, setiap hari Selasa dan Kamis, Perpustakaan Nasional RI mengajak para pengunjungnya untuk nonton bareng di ruang teater mini yang terletak di lantai 8. 

Sebelum nobar, kamu diminta untuk mendaftarkan diri via WhatsApp terlebih dahulu. Seru banget, kan? Jangan lupa untuk scan QR code PeduliLindungi di pintu masuk Perpustakaan Nasional, ya. 

Baca Juga: 5 Alasan Kamu Harus Mengunjungi Perpustakaan Nasional, Seru Banget!

5. Fasilitas kantin di lantai 4

8 Hal yang Bikin Kamu Betah Berlama-lama di Perpustakaan Nasional RIkantin Perpustakaan Nasional RI (dok. Pribadi/Raina Zaakiyah)

Setelah berlama-lama membaca buku, pasti perut kamu menjadi keroncongan, bukan? Jangan panik, di lantai 4 kamu bisa menemukan layanan fasilitas kantin yang menyediakan berbagai menu makanan dengan harga yang terjangkau. 

Mulai dari ketoprak, ayam geprek, bakso, hingga mi ayam, semua tersedia. Tersedia juga warung mini yang menjual beragam camilan enak.

6. Musala

8 Hal yang Bikin Kamu Betah Berlama-lama di Perpustakaan Nasional RImusala Perpustakaan Nasional RI (dok. Pribadi/Raina Zaakiyah)

Bikin semakin nyaman, Perpustakaan Nasional RI juga dilengkapi dengan fasilitas musala yang terletak di lantai 6. Selain menyediakan ruangan yang cukup luas, musala Perpustakaan Nasional RI ini juga menyediakan mukena untuk pengunjung perempuan. Namun karena masih dalam situasi pandemi, akan lebih baik kalau kamu membawa mukena sendiri, ya. 

7. Pemandangan keren dari lantai 24 

8 Hal yang Bikin Kamu Betah Berlama-lama di Perpustakaan Nasional RIpemandangan dari lantai 24 (dok. pribadi/Raina Zaakiyah)

Kalau kamu berkesempatan berkunjung ke Perpustakaan Nasional RI, jangan lupa untuk mampir ke lantai 24. Dari lantai tertinggi ini, kamu bisa menyaksikan keindahan Monas dan sekitaran kota Jakarta. Jangan lupa pula untuk berswafoto. Dijamin, hasilnya bakalan estetik banget!

Selain dapat menyaksikan keindahan Monas, di lantai 24 ini juga terdapat beberapa pajangan kain dari berbagai daerah, lho. Bikin pengetahun kamu semakin luas.

8. Fasilitas lain 

8 Hal yang Bikin Kamu Betah Berlama-lama di Perpustakaan Nasional RIlayanan di Perpustakaan Nasional RI (dok. Pribadi/Raina Zaakiyah)

Masih banyak fasilitas menarik lainnya, seperti layanan koleksi anak, lansia dan disabilitas di Perpustakaan Nasional RI. Tepat di sebelah kantin yang terletak di lantai 4, juga terdapat sebuah ruangan khusus yang sering dijadikan sebagai lokasi pameran menarik. 

Gimana, keren banget, kan? Ditambah dengan pelayanan petugasnya yang ramah, bikin kamu semakin betah berlama-lama berada di perpustakaan tertinggi di dunia ini. 

Baca Juga: 9 Inspirasi Desain Ruang Baca di Rumah, bak Perpustakaan Mini!

Raina Zaakiyah Photo Verified Writer Raina Zaakiyah

Don't expect. Just do ur best :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ines Sela Melia

Berita Terkini Lainnya