Comscore Tracker

5 Fakta Menarik Malta, Negara Kecil di Mediterania yang Penuh Pesona

Luas wilayahnya hanya separuh dari Jakarta

Bagi masyarakat Indonesia, Malta memang belum cukup populer sebagai destinasi wisata yang sangat menarik untuk dikunjungi.

Malta sendiri adalah sebuah negara kepulauan yang letaknya 80 kilometer di sebelah selatan Italia dan 284 kilometer dari Tunisia atau persis di tengah laut Mediterania.

Luasnya yang hanya 316 km persegi dengan jumlah penduduk sekitar 430.000 jiwa menjadikan Malta masuk ke dalam daftar negara terkecil di dunia. Memiliki ibu kota yang terletak di Valletta, negara Malta memiliki banyak fakta menarik seperti berikut ini yang dijamin akan membuatmu tidak sabar ingin segera mengunjunginya.

1. Memiliki ibu kota terkecil di Eropa

5 Fakta Menarik Malta, Negara Kecil di Mediterania yang Penuh Pesonathegloss.ie

Ibukota negara Malta yaitu Valletta, ternyata tidak hanya menjadi kota budaya di Eropa, tetapi juga menjadi ibu kota terkecil di benua yang sama. Kota Valletta memiliki luas wilayah hanya sekitar 0,8 km saja.

Jika kamu memerlukan waktu selama berhari-hari untuk mengelilingi ibu kota negara lain di Eropa, di negara Malta kamu hanya perlu berjalan kaki selama kurang lebih satu jam dengan berjalan kaki untuk mengelilingi kota Valletta.

Di kota Valletta banyak ditemukan berbagai macam bangunan megah dan spektakuler yang bisa membuat siapapun akan berdecak kagum karena keindahan arsitektur yang dimilikinya.

2. Memiliki candi yang usianya lebih tua dari Stonehenge dan piramida di Mesir

5 Fakta Menarik Malta, Negara Kecil di Mediterania yang Penuh PesonaMazuregoldensands.com

Di negara Malta banyak sekali ditemukan kuil maupun candi yang memiliki arsitektur unik dan dianggap sebagai yang tertua di dunia. Bahkan umurnya diperkirakan lebih tua dari Stonehenge dan piramida Giza yang ada di Mesir. Baik kuil maupun candi tersebut sudah diakui oleh UNESCO sebagai warisan zaman Megalitikum. 

Kuil dan candi di Malta yang terkenal adalah Ġgantija, Ħaġar Qim dan lain-lain.

Tidak cukup sampai di situ, ternyata masih ada lagi situs yang bahkan sampai saat ini belum bisa dibuka untuk umum, seperti kompleks Tas-Silġ, kuil Kordin, Ta ’Marżiena, Borġ l-Imramma, lingkaran batu Xagħra, dan kuil Santa Verna.

Baca Juga: 5 Makanan Klasik Khas Malta dengan Cita Rasa yang Unik Banget

3. Memiliki kebudayaan yang dipengaruhi oleh banyak negara

5 Fakta Menarik Malta, Negara Kecil di Mediterania yang Penuh Pesonaazuregoldensands.com

Tidak heran jika Malta memiliki pengaruh kebudayaan dari banyak negara karena memang lokasi negara tersebut berada di antara benua Eropa, Afrika dan Timur Tengah. Terlebih lagi sebelumnya Malta tercatat pernah dikuasai oleh negara Inggris, Italia, dan Arab.

Jika dilihat dari segi bahasa, penggunaan bahasa Malta terdengar seperti bahasa Arab dan Italia.

Selain penggunaan bahasa Malta dalam kegiatan sehari-hari, penduduk Malta juga menggunakan bahasa Inggris dengan aksen British yang cukup kental.

Sementara itu dalam hal kuliner, negara Malta memiliki beragam makanan khas yang banyak dipengaruhi oleh Italia. 

4. Memiliki banyak pantai yang sangat indah

5 Fakta Menarik Malta, Negara Kecil di Mediterania yang Penuh Pesonaluxsphere.co

Keindahan wisata bahari yang dimiliki oleh negara Malta tidak perlu diragukan lagi. Selain tempat wisata budaya, tempat wisata pantai juga selalu berhasil menarik perhatian para wisatawan.

Garis pantai, laut, ombak, hamparan pasir dan matahari di Malta adalah serangkaian keindahan dari Mediterania yang menakjubkan. Beberapa pantai terkenal yang bisa dikunjungi adalah pantai Ramla Bay, Għadira Bay, Ghajn Tuffieha Bay, dan masih banyak lagi yang lainnya. 

5. Banyak tempat yang dijadikan lokasi syuting film-film terkenal

5 Fakta Menarik Malta, Negara Kecil di Mediterania yang Penuh Pesonaeatwelltraveleverywhere.com

Dengan semua kekayaan budaya dan keindahan alamnya, rasanya tidak mengherankan apabila negara Malta sering kali dilirik oleh para pembuat film untuk dijadikan sebagai lokasi syutingnya.

Sebagai contoh, film berjudul Gladiator dan Troy memilih untuk menyajikan keindahan dan pesona klasik yang dimiliki oleh negara Malta. Kemudian ada film Pirates of the Caribbean yang mengambil latar Malta sebagai pantai Karibia. Lalu film Game of Thrones mengambil beberapa adegan di sekitar ibukota Valletta yang tampak sangat fotogenik.

Sementara itu film-film lain yang juga mengambil lokasi syuting di negara Malta adalah World War Z, Asterix dan Obelix, the Da Vinci Code, Troy, Pinnochio dan Popeye.

Nah, itulah lima fakta menarik dari negara Malta yang akan membuatmu ingin segera menginjakkan kaki ke sana. Jadi, kapan kamu akan ke Malta nih, guys

Baca Juga: 10 Pesona Madonna della Corona, Gereja di Sisi Tebing Italia

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :) | IG: @sintalistiyana

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya