Comscore Tracker

10 Oleh-oleh Khas Kabupaten Siak yang Populer, Bikin Kalap!

Banyak pilihan dan harganya pun terjangkau #LokalIDN

Siak merupakan salah satu kabupaten yang terletak di provinsi Riau dengan pusat pemerintahan ada di Siak Sri Indrapura. Kabupaten ini memiliki beragam destinasi wisata seru yang sayang untuk dilewatkan, mulai dari wisata alam, wisata bersejarah, wisata kuliner, hingga wisata budaya.

Setelah puas menjelajahi kabupaten yang terkenal dengan kemegahan istana Sri Inderapura ini, jangan lupa membeli oleh-oleh khas untuk keluarga di rumah, ya. Penasaran apa saja? Yuk simak ulasannya berikut.

1. Kaos Siak

10 Oleh-oleh Khas Kabupaten Siak yang Populer, Bikin Kalap!instagram.com/lawo_besamo

Kaos khas Siak banyak tersedia di pasar seni. Motifnya pun bermacam-macam, ada tulisan dan gambar tempat wisata di Siak. Ukuran yang tersedia juga bervariasi, mulai dari anak-anak hingga orang dewasa. Harga kaos berkisar Rp50.000 per buah.

2. Kain Tenun Siak

10 Oleh-oleh Khas Kabupaten Siak yang Populer, Bikin Kalap!instagram.com/rumah_tenun_kp_bandar

Kain tenun khas Siak memiliki motif yang eksotis. Cara pembuatannya juga masih menggunakan cara tradisional. Hal tersebut menjadikan kain tenun khas Siak tidak memiliki duplikatnya di daerah lain. Harga kain tenun yang indah ini mulai dari Rp900.000 per lembar.

3. Suvenir Siak

10 Oleh-oleh Khas Kabupaten Siak yang Populer, Bikin Kalap!petunjuk7.com

Suvenir khas Siak kerap dipilih wisatawan sebagai oleh-oleh karena lebih praktis dan harganya lebih murah. Beberapa di antaranya adalah miniatur-miniatur bangunan terkenal di Siak, kaligrafi dari kayu, gantungan kunci, tas yang terbuat dari rajut atau batok kelapa, dan masih banyak lagi yang lainnya. Harganya dibanderol mulai dari Rp25.000.

4. Dodol Buah

10 Oleh-oleh Khas Kabupaten Siak yang Populer, Bikin Kalap!instagram.com/dodol_gisan

Tersedia berbagai macam dodol buah-buahan khas Siak yang bisa kamu bawa pulang sebagai oleh-oleh, seperti dodol pisang, dodol nangka, dodol durian, dodol nanas, dan lain-lain. Rasanya yang manis nan legit menjadikan dodol buah banyak digemari. Harganya dibanderol mulai dari Rp25.000.

5. Madu Kelulut

10 Oleh-oleh Khas Kabupaten Siak yang Populer, Bikin Kalap!instagram.com/ddaun_official

Madu kelulut merupakan madu yang dihasilkan dari lebah yang ukurannya lebih kecil dari lebah pada umumnya. Madu kelulut rasanya sedikit lebih asam dan warnanya jauh lebih cerah dari madu biasa.

Memiliki kualitas terbaik dan manfaat yang bagus untuk tubuh, tak heran jika harga madu kelulut sedikit mahal, yaitu mulai dari Rp200.000.

Baca Juga: 5 Jajanan Unik Kepulauan Riau ini Bakal Melengkapi Wisata Kulinermu

6. Bolu Kemojo

10 Oleh-oleh Khas Kabupaten Siak yang Populer, Bikin Kalap!instagram.com/potret_duri

Bolu kemojo dimasak dengan cara dikukus. Rasanya manis dan aromanya khas dengan tekstur bolu yang lembut layaknya kue basah. Bolu yang tidak pernah absen di acara adat atau resepsi pernikahan ini dijual dengan harga mulai dari Rp25.000 per loyang.

7. Keripik Pisang Cokelat

10 Oleh-oleh Khas Kabupaten Siak yang Populer, Bikin Kalap!instagram.com/cokotochips

Diakui memang cara membuat keripik pisang bertabur cokelat ini lebih rumit dari olahan pisang lainnya. Meskipun begitu cita rasa manis dan gurihnya membuat siapa saja ketagihan ingin mencicipinya terus. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp15.000.

8. Keripik Cabai

10 Oleh-oleh Khas Kabupaten Siak yang Populer, Bikin Kalap!instagram.com/candujajan

Keripik ini wajib dicoba oleh para pencinta makanan pedas. Bahan-bahan yang kamu perlukan untuk membuat keripik cabai terdiri dari tepung, cabai, santan, dan bumbu rempah-rempah. Rasanya gurih dan teksturnya renyah, harga keripik cabai dibanderol sekitar Rp25.000.

9. Kue Royco

10 Oleh-oleh Khas Kabupaten Siak yang Populer, Bikin Kalap!instagram.com/kuekering_diego

Berbentuk panjang dengan cita rasa gurih dan tekstur renyahnya membuat stik royco begitu digemari. Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat stik royco pun mudah dicari, seperti tepung terigu, ragi untuk roti, telur, mentega, dan air hangat. Harganya berkisar Rp15.000.

10. Tape Ketan

10 Oleh-oleh Khas Kabupaten Siak yang Populer, Bikin Kalap!instagram.com/lina_wijayaa

Tape ketan harus melalui proses fermentasi agar menghasilkan rasa yang lezat. Cita rasa manis asam dengan tekstur yang lembut menjadikan tape ketan sebagai primadona dikalangan wisatawan. Harganya mulai dari Rp3.000 per buah.

Nah, itulah oleh-oleh khas kabupaten Siak yang populer dan wajib dibeli. Sesuaikan dengan budget yang kamu miliki ketika akan berbelanja ya.

Baca Juga: 5 Referensi Tempat Makan Seafood di Medan, Dijamin Nagih!

Sinta Listiyana Photo Verified Writer Sinta Listiyana

Terimakasih telah membaca tulisan saya :)

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum

Berita Terkini Lainnya